Berkah Ramadan sepertinya menjadi sebuah kata yang cocok untuk menggambarkan kisah penyayi Opick di bulan suci ini. Pasalnya, dirinya menjadi salah satu orang beruntung yang dipercayai menjaga peninggalan Nabi Muhammad SAW, berupa sehelai rambut Baginda Rasulullah. Benda yang kabarnya tidak sembarang orang boleh memilikinya dan dalam setahun hanya boleh disentuh sebanyak tiga kali.

Ngomong-ngomong tentang warisan Nabi Muhammad SAW, ternyata dari penelusurun yang dilakukan oleh penulis tidaklah hanya benda tadi saja. Lebih dari itu, ada beberapa lagi yang kini berada di beberapa negara dan ada di museum- museum islam dunia. Seperti apakah itu? Mari kita simak bersama peninggalan-peninggalan Kanjeng Nabi Muhammad SAW di ulasan berikut.

Senjata perang Baginda Rasulullah bernama Zulfikar

Ilustrasi Zulfikar dan Al Mahdi [Sumber Gambar]
Berbicara tentang peninggalan Baginda Rasulullah, tentunya senjata perang beliau bernama Zulfikar menjadi yang banyak diketahui. Berbentuk pedang khas arab, benda tersebut juga bisa dibilang menarik lantaran modelnya tidak sama dengan senjata tajam seperti bisanya. Di mana bentuknya melengkung dan mempunyai ujung terbelah menjadi dua atau bercabang. Selain unik, Zulfikar juga terkenal sebagai senjata terkuat di muka bumi. Saat ini pedang Baginda Rasulullah tersebut berada di Topkapi, Istanbul, Turki.

Pakaian yang pernah dikenakan oleh Nabi Muhammad SAW

Ilustrasi jubang Nabi Muhammad SAW [Sumber Gambar]
Selain pedang, Nabi Muhammad SAW juga memiliki peninggalan berupa pakaian. Berjenis Jubah Gamis, benda tersebut kabaranya saat ini tersimpan rapi di sebuah museum Topkapi, Istanbul, Turki. Dilansir Boombastis dari Okezone.com, Jubah Baginda Rasulullah tersebut kini wujudnya begitu usang berwarna kekuningan pucat dan sudah terurai benangnya karena robek di banyak bagian. Modelnnya sendiri dari pantauan penulis berbentuk sebuah gamis yang berlengan panjang dan sederhana.

Alquran yang dituliskan oleh Zaid Bin Tsabit

Quran Mushaf Utsman [Sumber Gambar]
Peninggalan Nabi Muhammad SAW lainnya yang juga sangat berharga adalah Alquran. Bernama Quran Mushaf Utsman, kitab suci orang muslim ini berisikan kumpulan-kumpulan wahyu yang langsung diterima oleh Baginda Rasulullah. Keistimewaan lain dari Alquran warisan Kanjeng Nabi adalah masih ditulis Zaid Bin Tsabit. Seseorang sahabat yang ketika zaman Nabi Muhammad merupakan orang yang dipercayai pengumpulan dan penulisan naskah Alquran. Berkat peran pentingnya tersebut, dirinya diberikan gelar berupa Jami’ Alquran al-Karim (orang yang menghimpun Alquran).

Cetakan tapak kaki kini ada di salah satu museum Tukri

cetakan Jejak Kaki Rasulullah SAW [Sumber Gambar]
Masih tentang peninggalan Kanjeng Nabi. kabarnya di museum turki yakni Topkapi, Istanbul, Turki juga menyimpan benda sederhana warisan Baginda Rasulullah berupa cetakan tapak kaki. Berbentuk persegi, benda tersebut terlihat mewah lantaran berbalut logam berwarna mengkilat. Kabarnya lantaran menyimpan benda-benda peninggalan Nabi Muhammad SAW, museum Topkapi menjadi destinasi yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Selain cetakan kaki, peninggalan Baginda Rasulullah yang terus tersimpan rapi hingga kini adalah potongan gigi, jenggot, sandal, hingga stempel. Khusus untuk hal terakhir tersebut ada hal unik yakni stempelnya stempel yang bertuliskan “Muhammad Rasul Allah”. Konon benda itu sering digunakan Nabi Muhammad SAW untuk menandai surat beliau yang akan dikirim ke berbagai wilayah atau kerajaan.

BACA JUGA: Meski Tak Berhubungan, Ternyata Ajaran Nabi Muhammad Hadir di Lapangan Hijau

Begitulah tadi sedikit peninggalan Baginda Rasulullah yang hingga kini masih disimpan oleh penanggung jawabnya. Selain benda tadi masih ada lagi warisan Kanjeng Nabi yang tidak lekang oleh waktu, yakni ajaran-ajaran tentang berbuat baik dan hidup dalam kerukunan beragama. Marilah kita jadi pewaris yang terbaik dari peninggalan Nabi Muhammad SAW.