Di dunia ini banyak sekali menyimpan fenomena unik yang menjadikan kita takjub. Beberapa hari yang lalu ada fenomena awan berbentuk tsunami di langit Kota Makassar. Nah, baru-baru ini ada peristiwa alam tak kalah mengejutkan yaitu ombak berbentuk kotak.

Fenomena yang terjadi di Isle of Rhe, Perancis ini memang cukup indah bila dilihat. Dari keindahannya inilah banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di sana. Lalu banyak juga turis yang penasaran mengapa ombak berbentuk unik itu bisa terjadi. Untuk itu supaya para turis dan Sahabat Boombastis tidak penasaran, simak ulasan berikut ya.

Ini penyebab ombak bisa berbentuk kotak

Sahabat Boombastis tentunya penasaran mengapa ombak di laut tersebut bisa berbentuk kotak. Nah, diwartakan dari hitekno.com, fenomena ini terjadi karena adanya perpotongan antara dua lautan. Dan benar, kenyataannya perairan di sekitar Isle of Rhe ini terletak di dua persimpangan yang sering disebut lautan silang.

Kotak-kotak ini muncul karena dua arus air yang bertemu di bawah laut. Selain itu, ada pertemuan udara yang memiliki tekanan berbeda. Ketika dua proses tadi saling berkenaan, maka menghasilkan sistem gelombang yang muncul pada sudut berlawanan. Pada akhirnya, laut yang awalnya tenang menjadi berbentuk kotak.

Bisa juga karena ada angin lokal yang sedang lewat

Sebenarnya fenomena ini bisa saja terjadi di semua perairan lho Sahabat Boombastis. Sebab, kehadiran ombak kotak ini ternyata juga berasal dari angin lokal yang tak sengaja berhembus di atas lautan. Tapi dengan syarat, angin lokal tersebut haruslah menabrak lautan.

Adanya angin lokal yang bertabrakan dengan angin laut [Sumber Gambar]
Hal serupa dijelaskan pada laman republika.co.id. Bahwasanya ombak kotak ini dapat terjadi lantaran angin lokal yang kuat menabrak gelombang angin dari laut. Angin tersebut bisa berhembus dari arah lainnya dan berpotensi untuk memecah gelombang. Dari sanalah, ombak berbentuk kotak-kotak tersebut bisa muncul dalam jumlah banyak.

Meski cantik, ombak kotak bisa membahayakan bagi siapapun

Bagi kita yang melihatnya, ombak kotak ini cukup indah untuk dipandang. Tapi jangan salah Sahabat Boombastis, ombak dengan bentuk indah tersebut sangat berbahaya bagi siapa saja yang nekat melewatinya lho. Sebab terdapat arus bawah laut yang cukup kuat.

Ilustrasi kecelakaan kapal [Sumber Gambar]
Menurut sportourism.id, di kawasan perairan Perancis tersebut sudah banyak kapal laut yang jadi korban. Ada yang terjebak dalam gelombang air laut hingga tenggelam. Nah, kapal laut saja tidak bisa menandingi kekuatan arus dari ombak tersebut. Apa kabar kita yang hanya manusia? Sehebat apapun kita dalam menyelam, kemungkinan besar akan kalah dengan kekuatan si ombak.

BACA JUGA : Mengenal Rip Current, ‘Nyi Roro Kidul’ yang Sebabkan Manusia Terseret ke Tengah Laut

Pemandangan unik ini memang cukup menarik untuk dilihat. Tapi sayangnya kita tidak diperbolehkan mendekat ataupun berenang bersama ombak cantik itu karena arus yang kuat. Oleh karena itu, kalau Sahabat Boombastis melihat kejadian ini di depan mata, pandanglah dari kejauhan saja ya. Ini dilakukan demi keamanan dan keselamatan diri yang hakiki.