Om Bob Sadino dan Celana Pendeknya

oleh venny
10:00 AM on Jan 20, 2015

Bob Sadino, pengusaha sukses yang tutup usia kemarin, Senin (19/1/2015) di usia 75 tahun itu meninggalkan banyak kenangan. Salah satu yang tak bisa dilupakan dari sosok bernama asli Bambang Mustari Sadino itu adalah pakaian “kebesarannya” yaitu celana jeans pendek dan kemeja lengan pendek dengan kancing atas terbuka.

Di berbagai kesempatan, lelaki yang lahir pada tanggal 9 Maret 1933 senantiasa memakai pakaian khasnya tersebut. Bahkan seperti dilansir oleh Kompas, Bob menuturkan pada tahun 1980-an kala Presiden Soeharto berkunjung ke kebunnya yang kini menjadi rumahnya, ia menerima Presiden dengan mengenakan celana pendeknya.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

bob sadino memberikan ceramah ilmiah,  23 November 1985. dok. Kompas
bob sadino memberikan ceramah ilmiah, 23 November 1985. dok. Kompas

Baginya, pakaian merupakan kepribadian. ”Bagi saya, pakaian adalah kepribadian. Soal tudingan bahwa celana pendek simbol tidak menghargai orang lain, itu sekali lagi hanyalah mindset orang kebanyakan. Saya pernah diusir dari Gedung DPR karena semata mengenakan celana pendek. Saya dituntut memakai celana panjang kalau mau masuk ke gedung rakyat itu. Oke, saya mau bertanya. Lebih baik mana, celana pendek tapi dibeli dengan uang sendiri atau celana panjang tetapi dibayar dengan uang rakyat? Ha-ha-ha,” kata Bob kala itu.

Pengusaha senior dan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Mohammad Suleman Hidayat mungungkapkan kenangannya pada sosok Bob Sadino, baginya pemilik usaha Kemchick itu adalah orang yang sangat kharismatik dengan penampilan yang sederhana. Hidayat menambahkan, bahkan tak ada yang bisa melarang Bob bercelana pendek di acara-acara tertentu, sekalipun para tokoh dan pejabat yang seringkali akhirnya mengalah dan membiarkan Bob bercelana pendek “Sering diminta ganti celana panjang, tapi dia tidak mau,” Ini salah satu fenomena pengusaha sukses di Indonesia.”

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA