Bulan puasa selain merupakan momen ibadah paling istimewa juga adalah waktu untuk mengembalikan kesehatan tubuh. Kita tentu tahu jika sebagian besar penyakit ditimbulkan oleh makanan. Makin banyak makanan yang kita makan, makin berisiko pula tubuh dipenuhi tumpukan penyakit. Itulah kenapa saat berpuasa, akan jauh lebih baik jika kita menyempatkan diri untuk berolahraga.

Yang jadi masalah, saat perut kosong juga makin membuat kita malas beraktivitas. Rasanya lemas, tubuh nggak lagi punya tenaga dan bawaannya pengen rebahan sambil nonton drama. Eits, tunggu dulu. Ternyata ada lho gerakan ringan yang bisa kamu lakuin sambil nonton drama. Meski gitu, tetap kasih manfaat yang luar biasa.

Plank

Gerakan Plank [sumber gambar]
Gerakan pertama adalah Plank. Olahraga yang sederhana ini bisa kamu lakuin di kamar. Meski ringan, tapi ternyata gerakan ini memiliki banyak manfaat. Ya memang sih, plank saja nggak bisa bikin kamu jadi six pack. Tapi tenang, masih banyak banget manfaat gerakan plank buat tubuh kamu, di antaranya adalah membentuk lebih banyak otot, memperkuat otot perut, memperbaiki postur tubuh, membuat tubuh lebih fleksibel, dan meningkatkan kinerja otot. Padahal seperti gerakan remeh ya, siapa sangka faedahnya banyak?

Side Plank

Gerakan Side Plank [sumber gambar]
Olahraga rumahan selanjutnya adalah Side Plank. Sama seperti gerakan sebelumnya yang bisa kamu lakuin di kamar, Side Plank juga nggak butuh banyak ruang dan tenaga. Olahraga satu ini juga merupakan favorit bagi pengusaha sekaligus politikus Sandiaga Uno. Side Plank bermanfaat untuk memperkuat bagian tubuh, mulai dari bahu sampai membentuk bagian perut.

Walking Lunge

Gerakan Walking Lunge [sumber gambar]
Satu lagi nih gerakan yang super duper gampang dan nggak berat. Walking Lunge bisa kamu lakuin tanpa memerlukan banyak tenaga. Setelah melakukan olahraga ini, rasanya kamu juga nggak bakal terlalu capek, hingga puasa kamu pun tetap aman. Sama seperti Plank, gerakan Walking Lunge juga punya banyak manfaat yaitu, memperbaiki keseimbangan, bikin otot punggung dan perut jadi lebih kuat, membuat pinggul lebih fleksibel, sampai mengistirahatkan otot punggung. Wah, mantep nggak tuh?

Bird Dog

Gerakan Bird Dog [sumber gambar]
Latihan satu ini bermanfaat bagi bagian tengah tubuh hingga bokong. Jika dilakukan secara rutin, tentu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk gerakan satu ini, kamu butuh matras karena lutut akan kurang nyaman jika bertumpu langsung pada lantai. Gerakan ini juga sangat bagus dilakukan buat kamu yang banyak duduk. Karena gerakan ini selain ringan, juga sangat bermanfaat bagi punggung, agar lebih terlatih dan tak mudah cidera.

Push Up

Gerakan Push Up [sumber gambar]
Kalo olahraga satu ini tentu kalian nggak asing lagi kan ya? Sejak dulu, gerakan ini kerap dimanfaatkan untuk membentuk otot. Jika dilakukan secara rutin, latihan ini memang memberikan hasil yang nyata pada bentuk tubuh. Ternyata nggak cuma itu, rajin melakukan Push Up juga meningkatkan kesehatan jantung, bikin tulang kuat, menurunkan berat badan, mencegah cidera bahu, bahkan meningkatkan produksi Testosteron.

BACA JUGA: 5 Cara Olahraga di Bulan Puasa Ini Bisa Membuatmu Sehat dan Enggak Gampang Lemes

Itulah lima gerakan yang cocok dilakukan saat berpuasa. Apalagi di momen #DirumahSaja, jangan jadikan itu alasan buat nggak olahraga ya. Diam di rumah bukan berarti benar-benar diam, karena sangat disayangkan kalau tubuh jadi kurang sehat karena kamu kebanyakan magernya.