5 Olahan Daging Sapi Khas Nusantara yang Membuat Lidah Bergoyang

oleh Rahma Muliani
12:00 PM on Sep 23, 2015

Daging sapi merupakan salah satu bahan makanan yang sering dipakai dalam beberapa masakan di Indonesia. Mulai dari sate, bakso, campuran nasi goreng ataupun soup. Wajar saja, daging sapi ini memang mempunyai citarasa yang gurih dan juga lezat.

Jika di luar negeri daging sapi biasa disajikan dalam bentuk berbagai macam steak, di Indonesia punya cara tersendiri nih dalam mengolah daging dari hewan ternak berkaki 4 ini. Daging sapi itu disulap menjadi sajian yang sangat menggiurkan dan menggoyangkan lidah, seperti beberapa sajian yang ada di bawah ini.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Bakso

Makanan berbahan daging sapi yang paling populer adalah Bakso. Bakso memang salah satu kuliner yang paling sering dicari oleh masyarakat di Indonesia. Selain karena rasanya yang sangat nikmat, harganya pun juga cukup bersahabat.

Bakso, Lebih Nikmat Dimakan Selagi Hangat
Bakso, Lebih Nikmat Dimakan Selagi Hangat [imagesource]
Olahan Bakso, daging sapi akan digiling dan dicampur dengan tepung tapioka. Dalam penyajiannya, kuliner yang satu ini akan disajikan dengan kuah berbumbu, tauge, mie, bihun, dan juga tahu. Saat ini, Bakso terdapat varian isi di dalamnya seperti telur dan keju.

2. Rendang

Selain Bakso, olahan daging khas nusantara yang tak kalah populer adalah Rendang. Bahkan kuliner yang satu ini sudah diakui oleh dunia sebagai makanan terlezat nomor satu di dunia. Hal itu berdasarkan data yang diperoleh dari CNN Internasional.

Rendang, Makanan Terlezat di Dunia
Rendang, Makanan Terlezat di Dunia [imagesource]
Rendang sendiri adalah sajian berbahan dasar daging sapi yang berasal dari Sumatra Barat. Pada sajian bercita rasa pedas ini, daging sapi akan dimasak dengan berbagai bumbu dan juga rempah-rempah. Proses memasaknya pun membutuhkan waktu berjam-jam untuk mendapatkan cita rasa yang sempurna.

3. Dendeng Balado / Dendeng Batokok

Selain dibuat Rendang, Sumatra Barat masih punya cara lain untuk mengolah daging sapi nih. Namanya adalah Dendeng Balado dan Dendeng Batokok. Dendeng sendiri adalah daging sapi yang dipotong setipis mungkin, dibumbui, kemudian dijemur.

Dendeng Balado dan Dendeng Batokok
Dendeng Balado dan Dendeng Batokok [imagesource]
Pada Dendeng Balado, Dendeng yang telah dijemur tadi akan digoreng kemudian dicampur dengan bumbu cabai merah. Sedangkan Dendeng Batokok, dendeng yang telah digoreng kemudian dipukul-pukul dengan batu cobek pada wadah yang sudah terdapat bumbu cabai hijau di dalamnya.

4. Daging Sei

Beralih ke daerah Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Pulau Rote. Masyarakat di sana terbiasa mengolah daging menjadi Sei. Sei sendiri adalah daging sapi yang dipotong-potong memanjang, diberi garam, kemudian digantung sampai daging mengering.

Sei, Sajian Khas NTT
Sei, Sajian Khas NTT [imagesource]
Setelah itu daging akan dibakar dengan kayu khusus, yakni kayu Kosambi. Namun sayang, karena  terbatasnya persediaan kayu Kosambi, pembuatan Sei di daerah asalnya sering terhambat. Selain daging sapi, daging babi juga sering diolah menjadi Sei.

5. Sate Sapi

Siapa bilang hanya daging ayam yang bisa diolah menjadi Sate, daging sapi pun juga bisa diolah menjadi Sate. Biasanya sajian ini dapat kita temui di daerah pulau Jawa. Sate merupakan sajian daging yang dipotong-potong, diberi bumbu, ditusuk-tusuk pada lidi kemudian dibakar pada bara api.

Sate Banjar
Sate Banjar [imagesource]
Sate berbahan daging sapi di Indonesia ada banyak sekali. Setiap daerah, biasanya mempunyai bumbu dan cara mengolah dengan kelezatan yang berbeda-beda. Beberapa contoh Sate yang ada di Indonesia yakni, Sate Padang dari Sumatra Barat, Sate Makasar, Sate Banjar, Sate Buntel dari Solo, serta Sate lilit dari Bali.

Itulah tadi beberapa olahan daging sapi yang menyebar luas di wilayah Indonesia. Soal rasa tak usah diragukan lagi, karena siapapun tidak bisa menolak cita rasa kuliner khas Indonesia ini. Kalau di daerah kamu, daging sapi biasa diolah menjadi masakan apa nih readers?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA