Sakit gigi itu adalah penyakit yang dapat diderita oleh siapa saja dan tanpa memandang usia. Itu semua terjadi karena mulut kita terdapat banyak bakteri yang akan semakin berkembang jika kita makan dan minum. Sehingga bisa menimbulkan sakit gigi jika kita tak segera menggosok gigi.

Jika sudah terlanjur menderita sakit gigi biasanya orang-orang tidak buru-buru pergi ke dokter. Mereka ingin menyembuhkan dengan cara yang praktis dahulu. Misalnya adalah membeli obat sakit gigi paling ampuh yang ada di apotek

1. Antalgin yang bisa menyembuhkan nyeri pada gigi

Obat yang satu ini sudah terkenal di seluruh Indonesia. Hal itu disebabkan karena penawar ini merupakan obat yang paling ampuh untuk meredakan sakit gigi dan juga paling mudah dicari di apotek. Namun sebenarnya untuk mengonsumsi Antalgin ini harus menggunakan petunjuk dokter agar tidak menimbulkan efek samping.

Obat antalgin

Aturan untuk meminum Antalgin adalah tidak diperkenankan diberikan kepada orang yang alergi terhadap obat ini, bayi berusia di bawah 4 bulan, ibu hamil dan juga yang memiliki tekanan darah rendah. Hal ini dikarenakan Antalgin mempunyai efek samping radang pada lambung dan ulu hati serta menyebabkan retensi cairan dan garam.

2. Ibuprofen yang memiliki beragam bentuk

Ibuprofen juga salah satu jenis obat yang juga sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tetapi sebagian besar orang hanya mengetahui fungsinya untuk penurun demam saja. Ternyata obat ini juga bisa meredakan sakit yang ada pada gigi. Ibuprofen banyak digemari karena memiliki berbagai macam bentuk yaitu sirup, kapsul dan juga tablet.

Obat Ibuprofen bentuk sirup dan tablet

Penawar ini ternyata mempunyai efek samping jika tidak cocok bagi pengonsumsinya. Antara lain adalah perut kembung, mual, muntah, serta rasa sakit pada ulu hati dan diare. Sehingga bagi orang yang memiliki riwayat penyakit lambung tidak diperkenankan untuk meminum obat ini.

3. Cataflam untuk sakit gigi dan nyeri sendi

Cataflam dari dulu memang obat untuk meredakan sakit gigi. Karena pada dasarnya Cataflam berguna untuk menghilangkan rasa nyeri. Selain untuk sakit gigi, obat ini berfungsi juga untuk meredakan nyeri sendi dan punggung yang disesuaikan dengan petunjuk dokter.

Obat Cataflam

Obat ini tidak boleh digunakan untuk orang yang menderita penyakit lambung karena dapat menimbulkan efek mual, muntah, diare dan kembung. Selain itu juga tidak direkomendasikan bagi orang hamil dan memiliki kelainan pembekuan darah.

4. Aspirin bisa menyembuhkan gigi yang mengalami pembusukan

Aspirin memiliki khasiat yang sangat bermanfaat. Selain untuk menghilangkan rasa sakit, ternyata bisa membuat gigi menyembuhkan dirinya sendiri walaupun sudah mengalami kerusakan. Misalnya saja gigi membusuk yang sering kali dialami oleh orang dewasa.

Obat Aspirin

Sayangnya obat ini tidak boleh digunakan oleh sembarang orang. Contohnya yang memiliki masalah pada ginjal dan hati. Selain itu anak-anak juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi obat ini. Akan lebih baik jika Aspirin diminum sesuai dengan petunjuk dokter.

5. Ponstan yang juga bisa dibeli di toko kelontong

Ponstan juga merupakan obat favorit yang dibeli ketika orang menderita sakit gigi. Digemari karena mudah dicari tidak hanya di apotek, tetapi juga bisa ditemukan di toko kelontong biasa. Selain itu Ponstan juga termasuk ampuh untuk meredakan sakit pada gigi dan rongga mulut dalam waktu yang singkat.

Obat Ponsta

Tetapi penggunaan obat ini disarankan melalui resep dokter. Karena Ponstan memiliki efek samping yang banyak ketika dikonsumsi oleh orang yang tidak cocok dengan obat tersebut. Misalnya saja mulut kering, gatal pada kulit, pusing dan gangguan pada perut. Jika sudah parah bisa menimbulkan nyeri pada dada, sesak nafas, demam dan badan terasa terbakar.

Agar sakit gigi tidak berkepanjangan, lebih baik menghindari makanan yang manis, dingin dan asam. Setelah itu konsumsilah salah satu obat sakit gigi paling ampuh di apotek untuk mempercepat proses penyembuhan. Jika sakit tak kunjung reda, maka lebih baik konsultasikan kepada dokter.