4 Obat Mujarab untuk Permasalahan Hidup Manusia

oleh Sofia Fitriani
10:00 AM on Aug 27, 2015

Sebagai seorang manusia, tentu hidup kita tak akan pernah mungkin jauh dari permasalahan. Sejatinya masalah itu adalah sebuah cobaan atau ujian yang Allah alamatkan pada kita, hambaNya, untuk menguji sebesar apakah keimanan kita kepadaNya, sekaligus proses kenaikan derajat kita di hadapan Allah SWT. Maka, seperti anak-anak sekolah yang menghadapi ujian kenaikan atau kelulusan sekolah, jika mampu melewati ujian tersebut, maka mereka berhak untuk menaiki jenjang selanjutnya. Pun dengan ujian kehidupan ini, jika kita mampu melewatinya, maka kita akan bisa naik ke derajat yang lebih tinggi di hadapan Allah SWT.

Nah, berikut ini adalah berbagai permasalahan yang seringkali menimpa kita, beserta beberapa obat atau terapi yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya. Apa sajakah itu?

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

1. Sakit-sakitan

Sering sakit atau mengalami kondisi tubuh yang kurang fit untuk jangka waktu lama, apalagi saat aktivitas dituntut sangat padat, tentu akan membuat kita merasakan ketidaknyamanan. Seharusnya kita mampu melakukan banyak hal,  namun nyatanya kita tak mampu melakukan apapun saat kondisi tubuh seringkali drop atau lemah.

Obat mujarab saat sakit adalah puasa
Obat mujarab saat sakit adalah puasa [ImageSource]
Nah, kondisi tubuh yang sering sakit atau drop, bisa dikarenakan organ-organ dalam tubuh terlalu keras dipaksa bekerja. Hal ini bisa dipicu karena padatnya aktivitas dan kurang istirahat, namun tak jarang juga karena konsumsi makanan kurang sehat serta berlebihan.

Untuk itu, BERPUASA mampu membantu organ-organ tubuh kita, terutama organ-organ pencernaan, untuk sedikit beristirahat atau rilex. Karena pada kondisi berpuasa, organ-organ akan bisa kembali bekerja normal dan tidak terlalu ‘ngoyo’. Berpuasa juga mampu mengontrol diri kita dari mengkonsumsi makanan-makanan tak sehat yang mampu memicu banyak penyakit, dengan saat sahur atau buka juga tidak terlalu makan atau minum yang berlebihan.

2. Emosi Berlebihan

Emosi berlebihan, atau menuruti amarah diri, ternyata bisa sangat memicu peningkatan stress dan tentunya sakit fisik dan hati pada diri kita. Dan jika hal tersebut tak segera kita obati, maka emosi atau amarah yang gampang menyerang kita bisa saja sewaktu-waktu mengendalikan akal kita, dan menuntun kita pada hal-hal yang merugikan. Kita bisa saja jatuh dalam bujukan setan untuk melakukan maksiat atau dosa besar. Na’udzubillaah.

Saat emosi berlebihan, berwudhulah
Saat emosi berlebihan, berwudhulah [ImageSource]
Untuk itu, sebagai terapi atau pengobatannya, kita perlu memperbanyak BERWUDHU dan BERISTIGHFAR. Karena sentuhan air wudhu ternyata dapat menenangkan pikiran dan psikis kita yang sedang kalut oleh emosi atau amarah, dan perasaan-perasaan tidak menenangkan yang lain. Apalagi jika ditambah dengan istighfar, meminta ampun kepada Allah. Maka hati kita akan terasa semakin tenang karena merasa Allah melindungi kita.

3. Hati Tidak Tenang

Ada kalanya saat sedang merasa amat jatuh atau sendiri, kita merasakan ditinggalkan, kesepian, atau tak seorang pun berpihak pada kita. Sejatinya memang tak ada yang abadi dari semua ciptaan Allah, semua akan diminta oleh Allah dari kita pada masanya nanti. Termasuk orang-orang terdekat kita. Nah, pada saat itulah, kita rawan mengalami ketidaktenangan hati yang membuat hidup kita terasa tidak bahagia.

Saat hati tak tenang, Dzikirlah obatnya
Saat hati tak tenang, Dzikirlah obatnya [ImageSource]
Obat atau terapi yang bisa kita lakukan adalah BERDZIKIR atau mengingat Allah selalu. Tak hanya saat ditimpa musibah atau ujian, namun di setiap waktu kita, mengingat Allah selalu membuat kita tenang. Karena kita akan selalu merasa dekat dengan Allah dan kita sadar bahwa Allah selalu ada dekat sekali dengan kita. Maka tak lagi perlu kita merasa sedih, gelisah, atau perasaan-perasaan tidak tenang yang lain.

4. Permasalahan Hidup yang Berat

Setiap orang memiliki permasalahan sendiri-sendiri dalam hidupnya. Dan Allah sebenarnya memberi kita ujian justru kepada apa-apa yang kita senangi atau cintai. Ada yang diuji lewat anak-anak atau pasangan hidupnya, ada yang diuji lewat kedua orangtuanya, ada yang diuji lewat teman atau sahabatnya, dan ada yang diuji lewat harta. Semua itu Allah sesuaikan dengan kemampuan setiap hambaNya.

Sholat Tahajud
Sholat Tahajud [ImageSource]
Dan ujian dari Allah bukanlah karena Allah tak mencintai kita. Justru Allah ingin mengingatkan kita untuk terus dekat denganNya. Karena hakikatnya manusia, saat sedang kesusahan maka siapa lagi yang akan dituju selain Tuhannya? Nah, terapi atau obat dari permasalahan apapun, baik yang kecil sampai berat sekalipun adalah SHALAT TAHAJUD.

Di mana waktu sepertiga malam laksana jalan tol, bebas hambatan, yang mampu membuat doa-doa kita lebih mustajab dikabulkan oleh Allah. Tentunya dengan kondisi kita kusyu’ dan tawakal atas semua keputusan yang akan Allah beri, saat kita memohon kepadanya.

Itulah berbagai permasalahan yang tentu menjadi sebuah hal lumrah dialami setiap manusia dalam kehidupannya. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa hal-hal tersebut jika dibiarkan terus akan menjadi sebuah beban hidup tersendiri dan bisa mendorong kita pada kedurhakaan pada Allah. Sehingga sedini mungkin, kita perlu menerapinya dengan obat-obat terapi yang in shaa Allah ampuh tersebut. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA