Kecantikan berasal dari dalam. Apa yang kita lihat di luar adalah refleksi dari kesehatan tubuh kita. Jadi kulit yang bersinar adalah pancaran dari pola makan Anda yang sehat dan teratur.

Memelihara kulit Anda dari dalam bisa dilakukan dengan makanan yang mempunyai nutrisi bagi kesehatan kulit. Dengan begitu Anda dapat menikmati kulit lebih bercahaya, sehat dan awet muda. Berikut nutrisi penting bagi kulit yang harus ada dalam makanan Anda.

1. Vitamin A

Vitamin ini salah satu vitamin yang terbaik untuk kesehatan kulit, karena dapat membantu dalam perbaikan dan pemeliharaan kulit. Vitamin A ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan elastisitas kulit.

Vitamin A (c)breakingmuscle
Vitamin A (c)breakingmuscle

Makanan sumber yang kaya vitamin A adalah wortel, ubi jalar, bayam, melon, hati, aprikot kering dan sayuran hijau gelap seperti kale, hijau dandelion atau bayam.

2. Vitamin C

Vitamin C merupakan nutrisi terbesar bagi kulit Anda. Secara efektif vitamin C dapat mengurangi kerusakan kulit akibat radikal bebas yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, asap atau polusi. Radikal bebas dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik hitam (flek).

Vitamin C (c)stanfordcenter
Vitamin C (c)stanfordcenter

Vitamin C berfungsi dalam meningkatkan produksi kolagen. Makanan yang mengandung jumlah tinggi vitamin C yaitu cabai rawit, paprika merah dan hijau, tomat kering, jambu biji, jeruk, jeruk, sayuran hijau gelap, kiwi dan brokoli.

3. Vitamin E

Vitamin ini merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi dan memperbaiki kulit serta menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Vitamin E ini juga membantu mengurangi efek berbahaya dari matahari.

Vitamin E (c)eating42
Vitamin E (c)eating42

Vitamin E merupakan vitamin terpenting dalam menjaga kehalusan kulit Anda. Makanan yang tinggi vitamin E yaitu biji bunga matahari, almond, kacang tanah, kacang pinus, bayam, alpukat, buah persik, asparagus dan zaitun hijau.

4. Omega-3

Omega-3 berperan dalam menjaga membran sel kulit dengan tetap menjaga kelembaban dan kekencangan kulit. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3 akan membuat kulit tampak halus dan kenyal dan mencegah penuaan dini. Omega-3 juga membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada kulit.

Omega 3 (c)examiner
Omega 3 (c)examiner

Makanan yang kaya omega-3 yaitu biji rami dan minyak biji rami, minyak safflower, ikan air dingin seperti salmon, sarden dan makarel, kenari, tahu, kacang merah dan minyak zaitun.

5. Selenium

Mineral antioksidan ini sangat penting untuk kesehatan kulit. Selenium meningkatkan elastisitas kulit dan membantu penyembuhan infeksi kulit Anda. Mineral ini juga membantu dalam menetralisir radikal bebas sekaligus melindungi kulit dari kerusakan sinar ultraviolet.

Mineral Selenium (c)Healthcastle
Mineral Selenium (c)Healthcastle

Makanan yang mengandung selenium yaitu kacang Brazil, biji-bijian, jagung, kacang walnut, daging sapi, hati, telur, tuna, beras merah dan keju.

6. Zinc

Zinc merupakan mineral yang mempunyai peran penting dalam kesehatan kulit Anda. Ia berperan dalam perkembangan sel, bekerja untuk menjaga kulit dengan mengontrol produksi minyak dan membantu dalam penyembuhan luka.

Zinc (c)thehormonedoctor
Zinc (c)thehormonedoctor

Makanan yang mengandung zinc yaitu kacang Brasil, hati, daging sapi tanpa lemak, biji labu, tiram, kalkun, gandum dan yoghurt.