in

Waspada Jika Android Terima Pesan Ini, Bahaya akan Mengintai Smartphonemu

Berbagai kejahatan dunia maya sudah tidak bisa terhitung lagi. Ribuan atau bahkan jutaan kejahatan telah dilakukan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Mulai dari merusak sistem sampai bertujuan untuk mencuri data-data dari pengguna smartphone. Terkadang walaupun ponsel pintar sudah diberi perlindungan mumpuni seperti antivirus ternama, ternyata tidak menutup kemungkinan kalau android tetap menjadi korban.

Berbicara tentang kejahatan di dunia maya, ada modus baru lagi yang mengintai smartphone milik kita semua. Ia bernama Roaming Mantis yang menyerang ponsel pintar jika terhubung ke jaringan internet publik atau WiFi. Nah, untuk kalian yang suka sekali terhubung internet menggunakan WiFi harus lebih berhati-hati nih. Karena jika smartphone kalian sudah terinfeksi oleh malware ini, maka android akan lumpuh seketika.

Jangan tergoda WiFi gratisan [Sumber Gambar]
Cara kerjanya pun juga cukup cepat lho. Hanya dengan menyusup melewati router dari WiFi, maka ia bisa langsung menyebar ke perangkat yang terhubung dengannya. Apabila android yang ia kenai tidak memiliki perlindungan apapun seperti antivirus, maka ponsel pintar akan mengalami kerusakan. Akan tetapi, bukan itu saja yang diterima, data-data yang ada pada smartphone juga ikut tercuri.

Bahkan, dilansir dari liputan6.com, selain menggunakan metode terkini, malware tersebut juga memakai virus terhebat di dunia. Apalagi kalau bukan Trojan. Jika kita tidak sengaja menyentuh aplikasi bawaan dari Trojan tersebut, bisa dibilang smartphone tidak akan ada harapan lagi.

Notifikasi dari malware [Sumber Gambar]
Supaya terhindar dari serangan ganas ini, kalian harus mengetahui ciri-cirinya. Gejala paling utama dari malware ini adalah memunculkan suatu notifikasi yang berisi To better experience the browsing, update to the latest chrome version. Nah, biasanya para pengguna smartphone akan langsung klik OK karena notifikasi tersebut menyuruh untuk memperbarui versi dari aplikasi Google Chrome. Sehingga untuk kalian yang menemui notifikasi seperti ini jangan pernah untuk klik OK. Perlu diingat kalau Google Chrome atau semua aplikasi di android tidak pernah membuat notifikasi pembaruan versi seperti itu.

Jadi untuk semua para pengguna android harus berhati-hati mulai sekarang. Lalu ingat, jangan pernah untuk sembarangan klik pada suatu notifikasi tertentu. Karena bisa saja itu adalah serangan virus model terbaru. Kemudian, jangan pernah lupa untuk melindungi smartphone dengan antivirus dan tidak sembarangan terhubung ke WiFi gratisan.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengenal Lebih Dalam HCWM, Komunitas Pencinta Honda Civic Lawas yang Tak Tergerus Oleh Waktu

Miliki Kejeniusan Tiada Tara, Inilah Kisah Almarhum Stephen Hawking dengan Sepak Bola