Seramnya Sindrom Sleep Apnea, yang Bikin Penderitanya Lupa Cara Bernapas Saat Tidur

ternyata masih ada orang-orang yang nyawanya dipertaruhkan hanya untuk tidur

oleh Nikmatus Solikha
11:00 AM on Dec 7, 2017

Semua manusia butuh tidur, tiap harinya kita menyisihkan sekitar delapan jam untuk tidur. Saat itu seluruh tubuh kita diistirahatkan. Tapi, tentu kita tahu bahwa ada beberapa organ yang tidak pernah istirahat, seperti jantung yang terus berdetak memompa darah ke seluruh tubuh, kemudian paru-paru yang terus menukar oksigen dengan karbondioksida.

Pernahkah kalian membayangkan jika organ vital kita beristirahat saat kita tidur? Misalnya saja, kita berhenti bernapas? Wah, nggak kebayang kan? Tapi ternyata kejadian tersebut benar-benar terjadi di Spanyol. Gadis berusia 3 tahun bernama Paula menderita sindrom langka yang membuat tubuhnya selalu berhenti bernapas saat tidur. Tiap malam, kedua orangtua Paula dilanda kecemasan. Lantas, seperti apa sih sindrom yang diderita Paula?

Baca Juga
Bak Romeo dan Juliet, 5 Pasangan Ini Meninggal Dunia dengan Tragis
Saat Nyawa di Ujung Tanduk, Ini 7 Cara Selamatkan Diri Dari Bencana Gedung Runtuh

Sehat seperti anak pada umumnya ketika tidak tidur

Paula, balita penderita Sleep Apnea [image source]
Penderita Sleep Apnea seperti Paula tetap bisa beraktivitas seperti anak-anak kecil pada umumnya. Tiap harinya, Paula bermain dan juga pergi ke sekolah. Selama Paula sadar, Paula terlihat seperti anak yang sehat. Namun, ketika sudah masuk waktunya tidur, ia tak bisa dibiarkan sendirian. Hal itu karena gangguan napas yang biasa disebut Congenital Central Hypoventilation Syndrome (CHHS). Karena gangguan tersebut, Paula harus selalu memakai ventilator setiap akan pergi tidur. Jika tidak? Tentu saja nyawa Paula bisa melayang, sebab tubuhnya juga berhenti bernapas saat tidur.

Hanya sedikit yang tertolong

Bayi penderita Sleep Apnea [image source]
Kebanyakan bayi penderita Sleep Apnea tidak tertolong. Hal itu karena sindrom tersebut tidak terdeteksi. Organ yang awalnya terlihat baik-baik saja, namun tidak berfungsi ketika bayi tersebut terlelap, sehingga penderita langsung kehilangan nyawa beberapa jam setelah kelahirannya. Ada pun beberapa bayi yang selamat, mereka harus menggunakan ventilator selama tidur. Ventilator tersebut terhubung dengan tenggorokannya untuk membantu pernapasan.  Hingga kini, diperkirakan hanya ada sekitar 1.000 hingga 1.200 orang yang menderita Sleep Apnea.

Penderita butuh ventilator selama hidupnya

penderita Sleep Apnea [image source]
Hingga saat ini, belum ditemukan penyebab dan solusi bagi penderita sindrom Sleep Apnea. Hal itu membuat tiap orang yang menderita sindrom langka ini harus bergantung pada alat bantu atau ventilator tiap tidur, seumur hidupnya. Begitu juga dengan orangtua Paula yang tak pernah bisa tidur tenang, karena dihantui rasa khawatir jika alat bantu pernapasan putri mereka berhenti bekerja.

Usaha pengobatan untuk Sleep Apnea

Sleep Apnea [image source]
Ada beberapa tingkatan Sleep Apnea. Untuk penderita sindrom kelas berat, memang belum ditemukan solusi untuk mengatasi masalah tidur tersebut. Namun, untuk apnea ringan, penderita hanya perlu menghindari alkohol, obat penenang dan menghindari makan atau berolahraga sebelum tidur. Sedangkan untuk kasus yang lebih parah, tidak memiliki jalan lain kecuali menggunakan alat bantu selama tidur, alat yang memastikan udara dipompa melalui hidung dan mulut sepanjang malam.

Kita yang tiap harinya bisa tidur tanpa memikirkan apa pun sudah selayaknya banyak bersyukur. Karena di luar sana, ternyata masih ada orang-orang yang nyawanya dipertaruhkan hanya untuk tidur. Semoga kisah Paula bisa jadi cerminan kita untuk menghargai kesehatan kita.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren! Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA