5 Alasan ini Membuktikan Jika Netizen Bisa Lebih Mengerikan dari Penjahat Mana pun

oleh Adi Nugroho
07:53 AM on Jan 1, 2016

Netizen adalah masyarakat yang ada di dunia internet. Mereka ada dan berkembang secara luas tanpa ada batasan sama sekali. Netizen hidup dengan mengambil dan memberikan informasi kepada semua orang di dunia. Aliran informasi inilah yang kadang seperti pisau bermata dua. Di satu sisi menguntungkan, namun di sisi lain sangat merugikan. Terlebih jika harus berhadapan dengan netizen yang “over” kritis.

Well, inilah beberapa alasan yang akan membuktikan jika netizen itu sangat mengerikan. Bahkan dunia maya yang menjadi tempat hidupnya menjadi wilayah paling berbahaya dari medan perang mana pun!

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

1. Netizen Pandai Membesarkan Masalah

Salah satu kelebihan dari netizen adalah membuat sesuatu yang biasa menjadi viral. Menjadi terkenal dan dibicarakan oleh banyak orang. Konten-konten yang awalnya tak berguna, atau bahkan tak perlu dibagikan, mendadak jadi buruan banyak orang. Netizen dengan sosial medianya mampu menyulap sesuatu yang biasa menjadi besar dan kadang agak dibelokkan.

Netizen Pandai Membesarkan Masalah [image source]
Netizen Pandai Membesarkan Masalah [image source]
Netizen jarang sekali berpikir apakah konten yang dibagikan akan mengganggu orang lain apa tidak. Yang ingin mereka lakukan hanyalah menyebar semua hal yang dianggap menarik agar diketahui banyak orang. Masalah yang awalnya bisa diselesaikan dengan baik mendadak jadi besar dan sulit untuk dipecahkan. Bukankah ini sangat merugikan?

2. Netizen Pandai Menghakimi

Adanya media sosial memang banyak membantu orang-orang untuk komunikasi dan bekerja. Namun munculnya media sosial juga membuat netizen dengan mudah menghakimi banyak orang. Mereka menganggap jika mengumpat di media sosial, menyalahkan tanpa berpikir adalah hal biasa. Akun yang mereka buat, dianggap sebagai hal pribadi hingga mau mengatakan apa saja tidak akan ada yang peduli.

Netizen Pandai Menghakimi [image source]
Netizen Pandai Menghakimi [image source]
Padahal media sosial dihuni oleh banyak orang. Jika satu hinaan terlontar, maka akan dengan cepat melebar. Tanpa menunggu lama-lama orang yang dimaksud bisa membalasnya. Akhirnya pertengkaran tak bisa dihindarkan. Jika sudah pada tahap ini, media sosial bisa membuat banyak orang jadi terpecah belah.

3. Netizen Sangat Rasis dan Sarkas

Netizen dikenal sangat rasis dan sarkas. Mereka bisa mengungkapkan apa-apa saja yang kemungkinan besar bisa menciderai suku, bangsa, atau agama lain di suatu wilayah. Salah satu contoh paling mencolok adalah polemik mengucapkan selama hari raya. Hal ini selalu saja diulang-ulang sepanjang tahun, hingga membuat ketentraman di Indonesia menjadi memanas.

Netizen Sangat Sarkas [image source]
Netizen Sangat Sarkas [image source]
Masalah keyakinan memang tak bisa dipaksakan. Namun tetap kita hidup sebagai manusia sosial yang selalu berdampingan. Netizen hanya membuat situasi memanas dan mengangkat situasi ini untuk mendapatkan keuntungan. Jika anda mengamati media sosial, hal semacam ini seperti sengaja diviralkan kembali.

4. Netizen Seorang Penghina yang Unggul

Netizen adalah seseorang yang suka sekali menghina atau mem-bully publik figur yang dianggap tidak benar. Atau publik figur yang dianggap sebagai public enemy. Sebut saja artis-artis lokal Indonesia yang memiliki hater dengan jumlah sangat banyak. Mereka akhirnya terus mengejar artis-artis yang dianggap tak benar itu hingga apa saja selalu disalahkan. Di Korea bahkan fenomena hater ini bisa membuat artis menjadi depresi hingga akhirnya melakukan bunuh diri.

menghina presiden [image source]
menghina presiden [image source]
Selain artis, presiden ternyata juga kerap menjadi bahan makian. Ada yang menuliskannya dengan cerdas melalui artikel berbobot. Ada juga yang menulisnya menjadi sebuah status, hingga membuatnya jadi incaran penegak hukum. Netizen harus bisa jadi orang yang lebih bijak, tidak langsung mengumbar emosi meski akhirnya harus rela dipidanakan.

5. Netizen Menyebarkan Propaganda

Satu hal yang sangat disayangkan dari netizen yang ada di dunia ini adalah gampangnya dipengaruhi oleh isu yang beredar. Terlebih netizen di Indonesia yang akan dengan mudah melakukan tuduhan-tuduhan tanpa mengetahui duduk permasalahannya terlebih dahulu. Mereka cenderung menganggap apa yang ada di internet menjadi fakta yang dianggap benar tanpa perlu dibuktikan terlebih dahulu.

Netizen Menyebarkan Propaganda [image source]
Netizen Menyebarkan Propaganda [image source]
Padahal yang ada di internet belum tentu benar. Bisa jadi konten yang ada hanyalah propaganda. Sesuatu yang dibelokkan hingga banyak sekali orang percaya. Jika netizen mampu mencari sesuatu terlebih dahulu sebelum melakukan tuduhan, hal-hal tak berguna macam ini bisa segera dihapuskan.

Lima hal di atas telah menjadi bukti yang kuat kenapa netizen zaman sekarang sangat mengerikan. Mereka banyak sekali menyebarkan kekacauan entah sadar ataupun tidak. Semoga kita yang juga menjadi netizen ini bisa bertindak dengan lebih hati-hati dalam dunia maya yang sarat dengan hal tak benar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA