in

Kisah Nelayan Berani Pensiun Setelah Jadi Miliarder Mendadak Berkat Temukan Muntahan Paus

nelayan penemu [sumber gambar]

Seolah mendapat durian runtuh. Begitulah nasib mujur seorang nelayan asal Thailand bernama Narong Phetcharaj, yang baru saja menemukan muntahan ikan paus atau biasa disebut ambergris. Muntahan ikan paus sendiri merupakan salah satu harta karun yang berasal dari lautan, bahkan ada yang mengatakan jika harganya jauh lebih mahal dari perak.

Setelah menemukan ambergris, nelayan Thailand tersebut berencana untuk pensiun. Wah, sampai berani memutuskan untuk pensiun? Kira-kira semewah apa sih barang yang dia temukan? Berikut ini adalah kisah selengkapnya tentang nelayan yang baru saja menemukan harta dari lautan ini.

Menemukan muntahan paus di pinggir pantai

Awal mula penemuan muntahan ikan paus tersebut, ketika Narong baru saja kembali ke pantai setelah mencari ikan. Saat itu, tiba-tiba dia melihat benda asing yang terdorong ombak di Pantai Niyom, Surat Thani.

ambergris [sumber gambar]
Karena penasaran, dia pun menghampiri benda tersebut dan mulai menyadari jika benda tersebut adalah muntahan paus, seperti yang dia lihat di tayangan TV. Narong akhirnya membawa benda itu ke Universitas Prince of Songkla untuk dilakukan pengujian, sebelum akhirnya dibenarkan bahwa benda asing tersebut merupakan muntahan paus

Harganya bisa mencapai 17 miliar

ilustrasi ambergris [sumber gambar]
Diketahui harga ambergris perkilonya berkisar US$37.500 (Rp532 juta) hingga US$42.791 (Rp607 juta). Sementara itu, yang ditemukan oleh Narong seberat 30 kg, itu berarti jika dijual harga barang yang ditemukan oleh Narong adalah sebesar Rp17,8 miliar. Nilai tersebut tentu saja sangat fantastis dan membuat Narong kaya mendadak. Wajar jika ia memutuskan berhenti bekerja menjadi nelayan setelah menjual ambergris berharga fantastis itu.

Ingin pensiun jadi nelayan

nelayan penemu [sumber gambar]
Saat ambergris yang ditemukan oleh Narong dinyatakan asli, dia begitu senang bahkan tidak tahu harus melakukan apa. Namun akhirnya dia memutuskan untuk menjual temuannya itu. Ia juga berharap segera menemukan calon pembeli yang menawarkan harga yang cocok. Ia ingin bisa segera pensiun menjadi nelayan dan juga membuat pesta untuk teman-temannya.

Alasan muntahan paus harganya mahal 

Ternyata muntahan paus berasal dari sistem pencernaan paus sperma yang dikeluarkan dari mulutnya. Bahkan ada yang mengatakan jika 1 gram muntahan paus memiliki harga 30 kali lebih mahal daripada perak.

Ambergris [sumber gambar]
Ambergris juga bermanfaat untuk menyembuhkan sakit kepala batuk menjadi aroma dupa, aroma cerutu dan lain sebagainya. Pada awalnya, ambergris memiliki bau yang sangat busuk. Setelah mengering, ia akan menumbuhkan aroma yang sangat manis dan juga tahan lama. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa ambergris sangat berharga dan akan diincar oleh industri parfum.

BACA JUGA: Orang-orang Ini Mendadak Kaya karena Benda Sepele, Salah Satunya Batu Meteor Senilai Rp26 Miliar

Siapa sangka jika muntahan paus bisa memiliki harga semahal itu. Mulai sekarang, jangan lupa tatap lekat-lekat bentuk dari ambergris ya. Siapa tahu saat pergi ke pantai, kalian bisa menemukannya.

Written by Nikmatus Solikha

Diduga Maling Motor, Pria di Bangkalan Dibakar Hidup-Hidup oleh Warga Hingga Tewas