in

5 Negara Tanpa Samudra ini Masih Punya Angkatan Laut yang Hebat

3. Paraguay

Paraguay adalah negara tetangga dari Bolivia dan sama-sama menjadi negara landlock. Hanya saja Paraguay masih memiliki akses ke laut lepas melalui sungai yang mereka miliki. Akses ini memberikan mereka kemudahan untuk belajar ke Samudra Pasifik yang sangat luas di sekitar Amerika Selatan. Mereka biasanya ke laut melalui jalur Sungai Parana yang dikenal sangat lebar dan panjang.

Angkatan Lautan Paraguay image source]
Angkatan Lautan Paraguay [image source]
Saat ini ada sekitar 2.000 personel aktif Angkatan Laut yang dimiliki oleh Paraguay. Mereka bertugas untuk melakukan patroli di sekitar Sungai Paraguay dan Parana. Untuk acara tertentu mereka akan berlayar menuju lautan. Biasanya para tentara melakukan latihan tempur atau sekadar mengawal kapal barang dari Paraguay menuju laut lepas.

4. Azerbaijan

Azerbaijan sebenarnya memiliki wilayah lautan yaitu Laut Kaspia. Hanya saja laut itu adalah laut mati yang secara alami tidak memberikan akses ke laut lepas. Akibatnya Azerbaijan harus menjadi negara landlock yang ada di tengah-tengah benua Asia. Kapal-kapal tempur yang mereka miliki akhirnya hanya bisa digunakan di Laut Kaspia yang memiliki kadar garam sangat tinggi itu.

Angkatan Laut Azerbaijan [image source]
Angkatan Laut Azerbaijan [image source]

Saat ini Azerbaijan memiliki sekitar 5.000 personel Angkatan Laut aktif. Mereka juga didukung dengan 31 kapal besar dan 6 pesawat tempur yang siap mengamankan perairan Azerbaijan. Kapal-kapal yang dimiliki oleh Azerbaijan baik beli atau pun hadiah biasanya dilewatkan Volga-Don Canal yang memiliki panjang 101 km.

Written by Adi Nugroho

Leave a Reply

5 Negara Amerika Latin ini Terkenal Akan Wanitanya yang Cantik Luar Biasa

5 Hal Buruk ini Akan Terjadi Seandainya Tiongkok Menantang Indonesia Berperang