5 Negara Besar ini Dikenal Sangat Rasis, Indonesia Apa Kabar?

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Mar 16, 2016

Rasisme adalah sebuah gagasan yang diciptakan manusia untuk membedakan-bedakan orang dilihat dari warna kulit, suku, hingga daerah tinggal. Biasanya rasisme selalu lekat dengan superioritas dari kelompok tertentu. Mereka bisa melakukan apa saja karena merasa lebih unggul. Akhirnya, hak-hak dari orang yang berbeda itu  justru dilanggar. Bahkan mengarah pada tindakan kriminalisme.

Rasisme ada di dunia ini sejak lama. Bahkan telah mengakar dengan sangat kuat. Hampir di setiap negara, kasus-kasus rasisme selalu muncul dan membuat adanya kesenjangan sosial. Dan di tujuh negara ini, rasisme sudah menyebar luas hingga rasanya susah untuk dihentikan. Mari kita simak bersama-sama.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

1. Amerika

Rasisme sudah menjadi hal yang sangat lumrah di Amerika. Sejak pertama kali terbentuk rasisme di negeri ini membuat banyak orang dengan kulit gelap menjadi bulan-bulanan. Mereka dijadikan budak, disiksa hingga dibunuh karena dianggap tidak memiliki hak untuk hidup dengan baik. Di Amerika, hanya orang berkulit putihlah yang bisa hidup dengan baik.

Rasis di Amerika [image source]
Rasis di Amerika [image source]
Di Era modern seperti sekarang, rasisme ternyata masih ada. Di sekolah-sekolah tragedi pembullyan terus berkembang hingga sekarang. Banyak imigran dengan kulit gelap dianggap pengganggu. Setidaknya dalam sekali seumur hidup, orang berkulit hitam pernah mengalami satu kali ketidakadilan akibat rasisme. Parahnya, hal ini justru terjadi di lembaga-lembaga pemerintah.

2. India

India adalah negara yang sangat terobsesi dengan warna kulit. Sejak kecil, anak-anak di India sudah ditanamkan oleh orang tuanya untuk selalu menghormati orang berkulit putih. Orang India dengan kulit putih biasanya akan mendapatkan perlakukan yang sangat baik. Bahkan orang dengan warna kulit hitam akan dengan segera menunduk. Rasisme di India benar-benar sangat parah, bahkan bisa mengungguli Amerika.

Rasis di India [image source]
Rasis di India [image source]
Selain masalah warna kulit, banyak orang India yang membenci beberapa suku tertentu. Mereka akan mengusir hingga melakukan tindak kekerasan kepada mereka yang berasal dari suku yang di-black list. Sistem kasta yang masih dipegang dengan erat di sini juga penyumbang banyaknya rasisme yang terus berkembang hingga sekarang.

3. Arab Saudi

Banyak aktivis kemanusiaan di dunia menyebut Arab Saudi sebagai negeri Apartheid-nya Timur Tengah. Negara ini banyak sekali melakukan diskriminasi rasial yang terbilang sangat parah. Salah satu yang masih bertahan hingga sekarang adalah memperlakukan orang di luar ras Arab dengan sangat buruk. Hal ini terjadi pada pekerja-pekerja asing yang datang dari India, Pakistan, dan sekitarnya. Mereka di sini menjadi buruh dan diperlakukan dengan sangat tidak manusiawi. Mereka tidak dimanusiakan karena dianggap buku ras unggul seperti rasa Arab.

Rasis di Arab [image source]
Rasis di Arab [image source]
Selain masalah ras dari negeri asing. Banyak orang Arab yang berlaku buruk kepada mereka yang berkulit hitam. Arab-Afrika yang banyak di negeri ini kerap tidak diberi hak yang sangat baik. Bahkan mereka selalu dipojokkan jika berada di pemerintahan. Tak pernah diberi jabatan yang tinggi karena dianggap memalukan.

4. Israel

Sudah sejak lama jika Israel banyak melakukan praktik-praktik rasisme. Mereka selalu merasa lebih unggul dari orang yang berasal dari negeri lain, termasuk orang-orang di Palestina. Penyerangan yang dilakukan secara bertubi-tubi adalah bentuk dari tidak adanya penghormatan orang-orang yang berasal dari suku atau negara lain.

Rasisme di Israel [image source]
Rasisme di Israel [image source]
Apa yang dilakukan oleh Israel adalah wujud dari kejahatan perang yang sudah lebih parah dari rasisme. Mereka ingin melenyapkan semua orang yang bukan dari sukunya lalu merebut wilayah negaranya secara penuh. Tak mengherankan jika dari waktu ke waktu wilayah Palestina semakin menipis ketimbang wilayah Israel yang terus menyerang dengan membabi buta.

5. Jepang

Kita tidak bisa memungkiri jika Jepang adalah negara yang sangat bangga dengan dirinya sendiri. Masyarakatnya selalu membanggakan apa yang ada di negeri ini. Akhirnya terbentuk di pikiran mereka jika orang yang berasal dari luar jepang atau gaijin sebutan mereka pantas diperlakukan dengan semena-mena. Akhirnya banyak dari mereka yang berbuat tak baik kepada pendatang yang kebetulan memiliki kulit jauh lebih gelap. Pernah ada diskriminasi kepada Miss Universe Jepang hanya karena ia separuh Jepang separuh orang kulit gelap.

Miss Universe Jepang [image source]
Miss Universe Jepang [image source]
Diskriminasi ras dan suku sebenarnya sudah dilarang di Jepang. Namun orang di negeri ini memiliki apa yang dinamakan dengan “positive discrimination”. Hal ini dilakukan untuk tetap membuat Jepang tetap menjadi bangsa yang sangat hebat. Banyak dari orang Jepang terutama yang kolot agak phobia dengan orang-orang dari Timur Tengah atau yang beragama Islam.

BONUS: Indonesia

Indonesia adalah negara yang cukup rasis dibandingkan lima negara di atas. Di negeri ini, pertengkaran antar suku pernah terjadi. Bahkan masih kerap terjadi meski tidak terlalu besar. Yang paling parah adalah tidak membaurnya semua orang di negeri ini. Kita mungkin masih menyebut teman si Jawa atau si Batak, atau si China. Jika anda ingin melihat rasisme yang nyata coba perhatikan isu pencalonan Ahok jadi gubernur Jakarta. Di sana sudah terlihat jelas rasisme di negeri ini.

Demikianlah ulasan singkat tentang negara-negara yang sangat rasis di dunia. Bagaimana tanggapan sobat Boombastis terhadap kasus seperti ini? Yuk, share pendapat kamu agar kita semua lebih bisa menghargai perbedaan. Meski itu cuma perkara warna kulit.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA