5 Negara ini Jadi Penyelamat AS Karena Beri Bantuan Keuangan Super Besar

oleh Rizal
08:37 AM on Mar 30, 2016

Bukan tanpa alasan kenapa sebutan negara adidaya melekat sebagai predikat khas milik Amerika Serikat. Ya, negara satu ini memang jadi yang paling jewama di dunia. Mereka juara di banyak hal, mulai dari ekonomi sampai dengan militer. Meskipun begitu hebat, tapi AS bukan negara yang mutlak sangar. Negara ini nyatanya memiliki satu kelemahan yang sangat telak. Benar sekali, utang.

Menurut data yang dilansir oleh Bank Dunia, negara dengan utang terbesar saat ini adalah AS. Totalnya sendiri hampir sekitar $18,7 triliun. Jumlah ini tentu sangat gila bahkan kita pun bakal kesusahan menyebutkannya dalam rupiah. Utang ini sendiri diperuntukkan untuk banyak hal. Entah itu operasional kenegaraan sampai militer. Nah, utang yang sebanyak ini sebagian adalah hasil pinjaman luar negeri AS.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Lalu, siapa-siapa saja negara yang ada di balik menumpuknya utang si negara adidaya itu? Simak ulasannya berikut.

1. Tiongkok, Negara Pemberi Pinjaman Terbesar AS

Banyak ekonom yang memprediksikan kalau suatu saat Tiongkok akan menggeser eksistensi AS sebagai negara dengan ekonomi terbaik. Hal ini dilandasi dari cepatnya pertumbuhan ekonomi si negeri tirai bambu dari tahun ke tahun. Bukti lain jika mereka semakin menguat ekonominya adalah soal pinjaman besarnya kepada AS.

Tiongkok bantu AS [Image Source]
Tiongkok bantu AS [Image Source]
Di tahun 2013 lalu, Tiongkok memberikan AS dana segar sebanyak $1,28 triliun. Jumlah ini sangat besar tentu saja dan berguna banyak bagi operasional negara Paman Sam. Sayangnya, meskipun terlihat jemawa dengan memberikan pinjaman super besar, rakyat Tiongkok sendiri tidak benar-benar makmur. Tercatat, masih ada sekitar 82 juta orang miskin di negara tirai bambu tersebut.

2. Jepang Juga Jadi Negara Pemberi Utang AS

Jepang bisa dibilang juga merupakan negara penyelamat AS. Ya, negara satu ini memberikan si Paman Sam banyak sekali uang untuk bisa tetap melakukan operasional negaranya. Jumlahnya sendiri lumayan besar, di tahun 2013 lalu tercatat total utang AS kepada Jepang mencapai $1,14 triliun.

Jepang bantu Amerika soal utang [Image Source]
Jepang bantu Amerika soal utang [Image Source]
Hal yang menarik dari ini adalah ternyata Jepang sendiri juga punya utang yang besar. Totalnya tidak diketahui dengan pasti, namun menurut data yang ada, jumlah utang luar negeri Jepang sebanyak 219 persen PDB mereka. Entah apa motif Jepang meminjami AS banyak sekali padahal mereka juga punya utang.

3. Brasil, Negara yang Tidak Terlalu Kaya Tapi Justru Bisa Bantu AS

Negara terbesar keenam di dunia ini jarang sekali masuk daftar-daftar prestisius. Entah soal ekonomi atau pun militer. Namun, satu hal yang membuat negara ini akan diingat banyak orang adalah langkah mereka membantu AS. Tidak benar-benar kaya, tapi Brasil bisa beri AS pinjaman sebesar $256 miliar.

Obama dan Presiden Brasil [Image Source]
Obama dan Presiden Brasil [Image Source]
Brasil tidak kaya, namun mereka konsisten dan stabil dalam hal ekonomi. Salah satunya berkat kegiatan ekspor bahan mentah yang dijadikan sandaran utama pendapatan negara. Jika sanggup beri AS utang sebesar ini, maka kita bisa bilang kegiatan ekspor Brasil itu benar-benar gila.

4. Taiwan, Negara Kecil Tapi Bisa Beri AS Pinjaman

Jika dibandingkan dengan negara-negara besar lainnya, nama Taiwan tidaklah terlalu menonjol. Bukan hanya karena luas negaranya yang kecil, tapi mereka dipandang belum punya prestasi sangar yang bisa dibanggakan. Padahal apa yang terjadi tidaklah seperti itu, Taiwan punya banyak hal yang bisa bikin negara-negara besar salut.

Taiwan juga bantu AS [Image Source]
Taiwan juga bantu AS [Image Source]
Salah satu buktinya adalah dengan memberi pinjaman kepada AS yang jumlahnya sangat besar. Totalnya sendiri mencapai $185,8 miliar atau sekitar Rp 2.450 triliun. Taiwan sendiri dikabarkan mengalami pelonjakan ekonomi yang lumayan. Bahkan mereka juga diprediksi akan jadi salah satu negara dengan ekonomi terbesar, layaknya seperti si saudara dekat, Tiongkok.

5. Swiss, Negara Kaya yang Dermawan

Negeri jam tangan ini bisa dibilang merupakan salah satu negara paling makmur di dunia. Mereka adalah 10 besar negara paling kaya di dunia berdasarkan data yang dilansir oleh Bank Dunia. Menjadi kaya tidak menjadikan pemerintah Swiss menutup diri dan masa bodoh, mereka ternyata juga banyak berbagi. Misalnya lewat cara memberikan bantuan-bantuan keuangan.

Swiss [image Source]
Swiss [image Source]
Tercatat ada banyak negara yang dibantu oleh Swiss. Termasuk pula AS yang hutangnya mencapai sekitar $178 miliar ke negara dingin itu. Hal lain yang membuat Swiss jadi negara yang mudah untuk dipinjami utang adalah karena sebanyak 27 persen aset dunia disimpan di sini. Mungkin dari banyaknya kekayaan yang terkumpul itu, sebagian dipinjam-pinjamkan ke luar negeri.

Inilah negara-negara yang bikin AS jemawa. Mereka memberikan Amerika bantuan keuangan dalam jumlah yang sangat besar sehingga kegiatan pemerintahan, ekonomi dan militer negeri Paman Sam bisa  terus berjalan. Ya, siapa sangka di balik kejayaannya, ternyata AS masih butuh disokong oleh negara lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA