in

5 Negara ini Memiliki Cadangan Emas Paling Gila di Dunia, Indonesia?

Ilustrasi emas batangan [sumber gambar]

Indonesia itu negara yang benar-benar gila soal sumber daya terutama emas. Percaya atau tidak negara kita masuk dalam 12 besar negara penghasil emas terbesar di dunia. Di tahun 2014 lalu Indonesia mampu memproduksi emas sampai 69 ton atau 69 ribu kilo. Dan perlu diketahui pula jika penambangan emas di negara ini sudah berlangsung sejak belasan tahun lalu di tambang-tambang yang berbeda. Bayangkan berapa total semua emas yang pernah dihasilkan ibu pertiwi ini.

Beda produksi beda memiliki. Ya, meskipun kita itu menghasilkan puluhan ton emas tiap tahunnya, namun ini semua tidak pergi ke kas negara. Kepemilikan emas-emas ini mayoritas adalah ke kantong-kantong perusahaan asing. Walhasil, kita mungkin tidak boleh terlalu percaya diri bakal masuk negara dengan cadangan emas terbesar di dunia.

Nah, untuk membuktikannya, berikut adalah lima negara dengan kepemilikan emas paling menggila di dunia. Indonesia masuk atau tidak, mari kita cari tahu.

1. Amerika Serikat, Negara Pemilik Emas Terbanyak di Muka Bumi

AS memang sangat terobsesi dengan emas. Sejak dulu mereka selalu mengupayakan untuk melakukan penambangan-penambangan emas di seluruh negeri. Bahkan tak hanya itu, mereka juga mengusahakan hal yang sama di negara lain, termasuk Indonesia lewat Freeport atau Newmount mereka. Dengan semua usaha sangar mengumpulkan emas ini tak heran jika pada akhirnya AS memiliki emas yang benar-benar banyak.

Emas Amerika [Image Source]
Emas Amerika [Image Source]
Di tahun 2015 mereka sudah memiliki sekitar 8.133 ton emas. Kalau dikonversikan ke dalam dolar nilainya mungkin ratusan miliar. Benar-benar menggila ya AS ini. Tapi, meskipun mereka adalah pemilik emas paling banyak di dunia, faktanya di waktu yang sama AS adalah negara dengan hutang luar negeri paling banyak di dunia, jumlahnya sendiri adalah $18,7 triliun.

2. Jerman, Negara Pemilik Emas Terbanyak di Eropa

Jerman merupakan salah satu negara pemilik emas paling banyak. Memang tidak sebesar AS, tapi jumlah yang mereka miliki adalah yang terbanyak di Eropa. Jumlahnya sendiri diperkirakan mencapai 3.381 ton. Uniknya, semua emas Jerman tidak di simpan sendiri. Sekitar 67 persen dari total emasnya dititipkan di luar negeri, salah satunya ada di Federal Reserve di New York.

Emas Jerman [Image Source]
Emas Jerman [Image Source]
Alasan kenapa Jerman melakukan ini adalah untuk berjaga-jaga agar mereka selalu punya cadangan emas ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya invasi negara lain dan semacamnya. Nah, terlepas dari itu, Jerman sendiri bukanlah negara penghasil emas, namun mereka bisa memiliki emas yang tak karuan banyaknya.

3. Italia Punya Emas Hampir Sebanyak Jerman

Siapa yang menyangka diam-diam Italia memiliki emas yang juga lumayan banyak. Memang tak sebanyak Jerman, lebih-lebih AS, namun negara pizza ini punya sekitar 2.435 ton emas. Kalau dikonversikan mungkin nilainya miliaran dollar Amerika.

Emas Italia [Image Source]
Emas Italia [Image Source]
Meskipun punya emas banyak, tapi Italia tidak serakus AS. Ya, dalam beberapa tahun terakhir jumlah emas mereka cenderung bertambah sangat sedikit. Italia sendiri juga bukan negara pemroduksi emas, namun memiliki emas dengan jumlah yang sangat banyak.

4. Perancis Juga Punya Emas Sebanyak Italia

Sama seperti Italia, tak banyak yang tahu kalau Perancis juga memiliki banyak emas. Totalnya sendiri lumayan banyak, cuma selisih sedikit dari si negara pizza. Perancis memiliki sekitar 2.435 ton emas yang jika dikonversikan akan bernilai miliaran dolar.

Emas Perancis [Image Source]
Emas Perancis [Image Source]
Perancis memang cenderung tidak aktif dalam aktivitas emas. Sebelum tahun 2010 lalu, mereka tidak banyak melakukan manuver jual beli emas. Alasannya sendiri tidak jelas namun hal tersebut murni lantaran bisnis dan keuntungan. Nah, yang unik, meskipun punya emas dalam jumlah yang sangat besar, tapi Perancis juga memiliki hutang yang tak karuan banyaknya.

5. Tiongkok, Negara Pemilik Emas Terbanyak di Asia

Jika pemilik emas terbanyak di Eropa adalah Jerman, maka Asia ada Tiongkok. Ya, negeri tirai bambu adalah negara dengan jumlah cadangan emas terbanyak di Asia, bukan Arab Saudi atau Indonesia. Jumlah emas mereka sendiri sekarang sekitar 1.762 ton.

Emas China [Image Source]
Emas China [Image Source]
Sebenarnya bukan hal yang aneh kalau Tiongkok memiliki emas yang sangat banyak. Pasalnya, mereka ternyata adalah negara nomor satu soal produksi emas. Di tahun 2014 kemarin mereka sanggup memproduksi 450 ton. Jauh melampaui AS yang hanya 210 ton. Apalagi dibandingkan Indonesia yang hanya 69 ton.

Inilah daftar negara pemilik emas paling besar di dunia. Tidak ada nama Indonesia di daftar ini padahal produksi emas kita lumayan banyak. Bahkan tambang Grassberg di Papua dikatakan yang paling melimpah emasnya. Uniknya, beberapa negara penyimpan emas di atas tak terbukti memiliki tambang emas besar, namun berhasil menyimpan logam mulia ini dengan jumlah yang sangat banyak.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

6 Fakta Tentang Ri Sol Ju, Wanita Cantik yang Menaklukan Hati Kim Jong-Un

6 Toilet Dengan Pemandangan Spektakuler Ini Bakal Bikin Kamu Susah Move On