Nilai mata uang rupiah yang kadang dianggap sebelah mata oleh dunia ternyata punya potensi yang luar biasa. Meskipun sempat melemah akibat pandemi yang terjadi, namun rupiah sedikit demi sedikit mulai bangkit kembali. Ini membawa harapan jika nantinya rupiah bisa stabil seperti sedia kala.

Bukti potensi rupiah sejatinya bisa dilihat secara nyata. Misalnya, beberapa negara di dunia yang ternyata memakai rupiah sebagai alat jual beli yang sah. Jadi tak perlu mengkonversikannya ke mata uang lain sudah bisa digunakan secara langsung. Keren ya? Lalu negara mana sajakah itu? Simak ulasan berikut ini.

Di Arab, mata uang rupiah diunggulkan

Rupiah di Arab [sumber gambar]
Bagi yang melakukan perjalanan ke tanah suci pastinya tidak asing dengan hal ini. Ya, siapa sangka kalau di negara yang kaya akan minyak itu, rupiah ternyata bisa digunakan sebagai alat transaksi jual beli. Hal ini disebabkan karena hubungan yang sangat erat dari kedua negara. Setiap tahun Indonesia tak pernah absen mengirimkan jamaah haji ke sana. Oleh sebab itu, pedagang di Arab bahkan tidak hanya menerima pembayaran dengan rupiah namun juga bisa dengan lancar menggunakan bahasa Indonesia. Kalau gini sih jadi gak perlu repot kalau berada di sana ya.

Bahasa Indonesia lagi populer, Thailand bisa bayar pakai rupiah

Rupiah di Thailand [sumber gambar]
Negeri gajah putih rupanya juga tidak mau ketinggalan memakai rupiah sebagai alat pembayaran. Hal ini berhubungan dengan banyaknya turis Indonesia yang melancong ke sana. Oleh sebab itu para pedagang di sana memudahkan para turis yang berasal dari Indonesia tanpa perlu menukar uang mereka dengan Baht. Apalagi ditambah fakta kalau bahasa Indonesia sekarang juga mulai populer, banyak orang Thailand yang mempelajarinya, tentu membuat kita makin bangga. Wah jadi pingin mampir ke sana ya.

Tetangga dekat kita juga masih pakai pembayaran rupiah

Rupiah di Timor Leste [sumber gambar]
Meskipun sudah lepas dari wilayah Indonesia, tetapi Timor Leste masih tetap memakai rupiah sebagai alat pembayaran. Meskipun bukan jadi mata uang resmi, namun masih bisa dipakai di kehidupan sehari-hari. Hal ini berhubungan dengan dekatnya lokasi negara tersebut dengan Indonesia apalagi masih satu pulau, jadi wajar kalau hal tersebut bisa terjadi. Perlu diketahui juga kalau di Timur Leste tidak hanya rupiah saja yang berlaku. Dollar Amerika juga merupakan uang yang bisa dipakai tanpa perlu menukarkannya menjadi Centavo Coins alias pembayaran jenis lain di sana. Uniknya, penduduk Timur Leste juga tidak terlalu memperhatikan kondisi uang sama halnya dengan penduduk di sini. Sekalipun lecek, uang kertas masih bisa digunakan.

Saudara serumpun yang ramah pada rupiah

Rupiah di Malaysia [sumber gambar]
Lantaran bertetangga dengan Indonesia, ternyata Malaysia juga lumayan ramah dengan mata uang kita. Meskipun tidak bisa dipakai di semua wilayahnya, namun toko-toko oleh-oleh di perbatasan rupanya masih membolehkan pengunjung menggunakan mata uang Indonesia sebagai alat jual beli. Tidak terbatas pada toko-toko kecil bahkan sampai tingkatan mall sekalipun ada yang bisa memakai rupiah. Beruntunglah kita kalau pas kehabisan ringgit, eh ternyata masih bisa pakai rupiah. Negeri Jiran memang sahabat Indonesia.

Di perbatasan Papua Nugini rupiah masih bisa dipakai

Rupiah Papua Nugini [sumber gambar]
Tetangga di ujung timur, Papua Nugini ternyata juga menggunakan mata uang kita sebagai alat pembayaran. Bank sentral dari kedua negara telah sepakat untuk menunjuk rupiah dan kina sebagai mata uang yang sah di perbatasan Papua dan New Guinea. Hal ini disebabkan lantaran hubungan antara dua daerah di perbatasan itu yang saling membutuhkan. Pengiriman barang pokok selalu keluar masuk setiap hari sehingga akan agak susah kalau memakai satu mata uang saja.

BACA JUGA: Fenomena Uang 75.000 yang Baru Terbit Sudah Ludes dan Dijual Lagi Seharga Jutaan

Dengan adanya beberapa negara yang menggunakan rupiah jadi tahu kalau mata uang kita tidak selemah yang dikira. Kita berharap tidak terbatas di lima negara itu saja, namun kelak rupiah juga jadi mata uang populer di dunia. Tentunya tak hanya populer, tapi juga memiliki nilai yang makin lama semakin bagus.