Miris! Negara-Negara Islam Ini Nyaris Hancur Lebur Akibat Terorisme

oleh Adi Nugroho
12:16 PM on Aug 9, 2016

Stigma bahwa muslim adalah kelompok yang menghasilkan teroris di penjuru dunia masihlah sangat kuat di negara barat. Penduduk-penduduk di negara Amerika dan Eropa bahkan sampai melakukan tindakan radikal seperti perusakan rumah ibadah, pelarangan ritual agama, hingga diskriminasi hak dalam banyak hal.

Meski dijuluki sebagai produsen teroris di dunia, sejatinya negara islamlah yang jauh menderita. Beberapa negara bahkan menjadi hancur lebur karena teroris. Bahkan, jika dalam beberapa tahun ke depan tidak ada penanganan yang baik, peta negara itu akan dihapuskan dari dunia ini.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Berikut negara-negara Islam yang nyaris hilang dari dunia akibat aksi terorisme d yang teramat akut.

1. Irak

Irak menjadi negara pertama yang masuk dalam negara dengan serangan teroris terbanyak di dunia. Bahkan menurut Global Terrorism Index negara yang terletak di Timur Tengah ini mendapatkan skor sempurna 10 sebagai negara paling rawan terhadap aksi terorisme baik yang dilakukan secara terang-terangan atau pun terselubung.

Bom Irak [image source]
Bom Irak [image source]
Bom-bom bunuh diri atau pun mobil kerap menghajar Irak nyaris setiap hari. Parahnya lagi, invasi di Irak masih saja terus dilakukan dan memperburuk keadaan. Penduduk di negara ini bisa mati setiap saat akibat serangan teroris baik dengan bom atau tembakan yang membabi buta.

2. Afganistan

Sejak tahun 2001 silam, keamanan di kawasan Afganistan semakin memburuk. Pasca serangan 11 September 2001 di Amerika, negara ini terus mendapatkan serangan. Amerika ingin menghabisi Al-Qaeda dan juga Taliban yang memiliki kekuatan besar di kawasan yang kaya akan sumber daya minyaknya ini.

Afganistan [image source]
Afganistan [image source]
Oh ya, pasca perang yang berakhir di tahun 2014 silam. Afganistan lagi-lagi masih dibayangi oleh kekuatan dari teroris yang sangat mematikan. Di era modern seperti sekarang, ISIS menjadi pemicu banyaknya serangan berupa tembakan atau pun ledakan. Tidak mengherankan kalau pada tahun 2015, Global Terrorism Index skor 9,23 atau nyaris sempurna sebagai negara yang tidak akan terhadap serangan terorisme.

3. Suriah

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau Suriah adalah negara Islam yang dewasa ini nyaris hancur lebur karena adanya perang saudara dan juga aksi terorisme. Dua kubu yang sama kuat saling menyerang hingga akhirnya banyak mengenai warga sipil. Kota-kota besar seperti Allepo berubah menjadi kota penuh bom hingga di sana akan sangat jarang ditemui bangunan yang masih utuh.

Suriah [image source]
Suriah [image source]
Oh ya, ISIS juga menjadi dalang di balik mirisnya keadaan di Suriah. Sebagai orang ketiga, kelompok teroris ini terus menggerus segala hal yang ada dan membuat banyak penduduk menderita. Berdasarkan Global Terrorism Index, Suriah mendapatkan skor 8,1 yang masuk pada zona merah sebagai negara tidak aman terhadap aksi terorisme.

4. Yaman

Yaman mungkin tidak setenar tiga negara yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, negara ini memiliki Global terrorism Index yang sangat tinggi pada tahun 2015. Bahkan menyentuh angka 7,6 yang merupakan zona merah di mana aksi terorism mengerikan bisa terjadi kapan saja kepada penduduk atau pendatang yang sedang melakukan perjalanan wisata di sana.

Yaman [image source]
Yaman [image source]
Sejak tahun 2014 silam, serangan terorisme meningkat hingga 72 persen dan korban meninggal melejit hingga 123%. Dari sini terlihat dengan jelas bahwa Yaman benar-benar tidak aman untuk ditinggali. Pelaku dari semua aksi terorisme di kawasan Yaman adalah Al-Qaeda yang menetap dan melakukan penyerangan habis-habisan di kawasan jazirah Arab.

Inilah beberapa negara Islam yang memiliki keadaan miris akibat serangan bertubi-tubi dari teroris. Beruntunglah kita semua berada di Indonesia meski penduduk mayoritas muslim tapi aksi terorisme masih bisa ditekan hingga tidak terjadi dengan sangat mengerikan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA