Guru menjadi profesi merakyat yang paling banyak ditekuni di Indonesia. Untuk mengapresiasi Pahlawan Tanpa Tanda Jasa ini, pemerintah memberi imbalan berupa gaji yang lumayan besar. Melansir dari Liputan6.com, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia Muhammad Ramli Rahim mengakui pendapatan guru yang berstatus PNS berada di angka Rp 10 juta.

Meskipun besaran tersebut nyatanya belum dinikmati oleh para honorer, setidaknya mereka yang telah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa tersenyum lebar. Belum lagi, beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa gaji para guru akan melewati angka 10 juta. Nah, kalau bicara gaji guru di Indonesia, negara lain tak kalah memberi tunjangan lebih kok. Dari tinjauan Boombastis.com, ini loh negara yang mampu menggaji besar para pengajar.

Luksemburg

Ilustrasi Guru di Luksemburg [Sumber gambar]
Luksemburg adalah negara yang berada di Benua Eropa. Negara ini masuk dalam jajaran negara kaya dengan pendapatan perkapita tinggi. Pada tahun 2017, negara ini mendapat sekitar US$ 109 ribu atau Rp 1,57 miliar per tahun, yang dijadikan sebagai tolok ukur gaji para penduduknya. Ya, tentu wajar saja jika Luksemburg mampu memakmurkan para gurunya. Melansir moneysmart.id, guru SD di Luksemburg mendapat bayaran paling tinggi US$ 122 ribu atau Rp 1,75 miliar per tahun. Dengan kata lain, gaji mereka per bulan mencapai 147 juta rupiah. Bayangkan saja berapa gaji guru SMP dan SMA nya?

Jerman

Guru Jerman [Sumber gambar]
Jerman selama ini dikenal sebagai negara yang maju di bidang industri otomotif. Selain itu, Jerman ternyata Juga mengapresiasi kerja keras mereka yang telah berdedikasi untuk mendidik anak bangsanya. Pendidikan di Jerman adalah aspek penting sehingga Guru menjadi pekerjaan yang sangat vital. Karena hal tersebut, gaji guru di Jerman enggak tanggung-tanggung, untuk tingkat SD mereka mendapat upah 86 juta rupiah per bulan. Sementara guru SMA-nya, sebulannya mencapai 106 juta rupiah.

Swiss

Guru di Swiss [Sumber gambar]
Swiss adalah negara yang masuk dalam 15 besar terkaya di dunia. Di negara yang akrab dengan Safe Haven ini, besar gaji guru SD saja mencapai 100 juta rupiah. Sedangkan SMA-nya bisa menyentuh angka 128 juta rupiah. Sedikit berbeda dengan negara lain, di Swiss semakin tinggi pendidikan sang guru, semakin banyak uang yang akan mereka terima. Jika mau dibandingkan dengan Indonesia, gaji guru di sana setara dengan insinyur yang sudah berpengalaman kerja. Padahal jam kerja guru di Swiss jauh lebih ringan.

Austria

Guru di Austria [Sumber gambar]
Karena masa lalu dan kebudayaannya yang kaya, pendidikan di Austria dihargai oleh orang di seluruh dunia. Penelitian mutakhirnya telah mendapat reputasi tinggi sehingga diakui secara Internasional. Untuk bisa mengajar di Austria, setiap tenaga guru juga diharuskan fasih berbahasa Inggris, sebab permintaan guru yang berbahasa Inggris sangat tinggi. Merupakan satu hal yang wajar jika guru mendapat bayaran tinggi bukan? Untuk guru SD mencapai US$ 67 ribu atau Rp 964 juta per tahun atau 80 jutaan. Sedangkan guru SMA digaji paling tinggi US$ 76 ribu atau Rp 1,09 miliar per tahun.

BACA JUGA: 7 Pekerjaan Remeh Ini Ternyata Bergaji Tinggi di Amerika

Nah, itulah 4 negara dengan gaji guru paling besar di dunia. Menjadi seorang pengajar itu merupakan tantangan berat tersendiri, jadi wajar kalau beberapa negara sangat mengapresiasi kerja keras mereka dengan memberikan upah yang setimpal.