Inilah 5 Negara yang Sangat Membenci Kiprah Tiongkok di Dunia Internasional

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Feb 7, 2016

Tiongkok adalah salah satu negara paling hebat di dunia. Untuk urusan olahraga negeri ini seperti tidak bisa dikalahkan. Selanjutnya untuk masalah perdagangan dan juga militer, Tiongkok termasuk berada di atas awan, apalagi dibandingkan dengan Indonesia. Selain hal-hal di tersebut, Tiongkok adalah surga barang-barang canggih namun mewah meski kebanyakan adalah KW atau palsu.

Anyway, pencapaian yang dilakukan oleh Tiongkok ternyata membuat beberapa negara jadi Iri. Bahkan ada yang sampai memiliki sentimen negatif hingga membenci negeri dar hewan panda ini. Lantas kenapa mereka membenci Tiongkok? Dan negara mana saja yang menganggap Tiongkok seperti musuh yang mengerikan? Yuk, kita bahas bersama-sama.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Jepang

Sebuah survei membuktikan jika lebih dari 75% orang yang ada di Jepang membenci Tiongkok. Hal ini terjadi karena di masa lalu Jepang pernah memberikan propaganda jika Tiongkok adalah negara yang menyerang mereka. Selain itu banyak orang Jepang percaya jika mereka adalah korban dalam perang dunia ke-II akibat pengeboman Hiroshima dan Nagasaki di tahun 1945.

Penangkapan kapal Tiongkok di perairan Jepang [image source]
Penangkapan kapal Tiongkok di perairan Jepang [image source]
Selain masalah yang berasal dari masa lalu. Di era modern Jepang dan Tiongkok kerap mengalami kisruh tentang masalah pulau di perbatasan. Selain itu masalah penggunaan langit Jepang sebagai lintasan pesawat Tiongkok juga kerap membuat dua negara jadi panas. Terakhir, banyak sekali orang Tiongkok yang menginvasi Jepang sebagai pedagang atau pelaut yang menjarah hasil laut Jepang secara ilegal.

2. Amerika

Amerika dan Tiongkok sudah sejak lama menjadi negara yang saling benci. Mulai dari perang Korea di mana Tiongkok memberikan bantuan besar kepada Korea Utara untuk mempertahankan wilayahnya. Selanjutnya adalah masalah posisi secara politik di dunia. Amerika merasa terancam akan keberadaan Tiongkok yang terus berkembang dengan baik. Bahkan di tingkat pertahanan Tiongkok termasuk sejajar dengan Amerika.

Kelihatan rukun sih tapi di kepala masing-masing tak bisa ditebak [image source]
Kelihatan rukun sih, tapi di dalam hati enggak ada yang tahu [image source]
Selanjutnya masalah perekonomian dan perdagangan. Tiongkok adalah raksasa dunia dalam hal ini. Amerika masih berada jauh di bawah. Tiongkok adalah negara yang bisa membuat barang bagus tapi murah. Hal ini membuat mereka menguasai ekonomi dunia, bahkan memanipulasinya. Terakhir, banyak imigran dari Tiongkok yang menguasai banyak sektor penting di dunia.

3. Vietnam

Sedikit banyak kebudayaan yang ada di Tiongkok ada di Vietnam. Bahkan kedua negara ini sama-sama berlandaskan komunisme. Namun, banyak dari orang Vietnam justru membenci Tiongkok dari dulu sampai sekarang. Di masa lalu, perang antara Tiongkok dan Vietnam menjadi pemicu banyak orang di negeri ini membenci Tiongkok. Bahkan mereka menganggap Tiongkok seperti musuh bebuyutan.

perang vietnam dan Tiongkok di masa lalu [image source]
perang vietnam dan Tiongkok di masa lalu [image source]
Di era modern seperti sekarang, kebudayaan yang ada di masa lalu itu tetap ada. Hanya saja ditambah dengan kekhawatiran pada bidang perdagangan. Tiongkok adalah raksasa perdagangan dunia, dan hampir semua barang yang ada dari Vietnam berasal dari sana. Negeri ini jadi paranoid jika kelak negerinya akan dikendalikan oleh Tiongkok. Selanjutnya mereka akan dicaplok seperti yang terjadi di Tibet.

4. Turki

Masalah utama yang menjadikan Turki sangat membenci Tiongkok adalah masalah Muslim Uyghur yang terus mendapatkan tekanan dari Tiongkok. Sekitar 10 juta Muslim Uyguhur selalu dilarang untuk beribadah. Pemerintah Tiongkok yang komunis menganggap segala bentuk praktik agama akan mengganggu stabilitas negara.

Muslim Uyghur [image source]
Muslim Uyghur [image source]
Konflik antara Muslim Uyghur dan Tiongkok membuat Turki geram. Pasalnya suku Uyghur memiliki keterkaitan dengan Turki. Bahkan beberapa bahasa yang digunakan oleh Muslim Uyghur adalah Bahasa Turki. Kedekatan ini membuat Turki membenci Tiongkok dengan segala kebijakannya. Salah satu kebijakan Tiongkok yang dianggap tak benar adalah menyuruh banyak penduduk pindah ke provinsi Xinjiang tempat Muslim Uyghur tinggal agar mereka terus tertekan. Dan lagi Tiongkok juga akan membangun jalur kereta api ke London melalui provinsi ini.

5. Mongolia

Mongolia adalah negara yang berada di antara Tiongkok dan Rusia. Secara historis negeri ini memiliki keterkaitan dengan Tiongkok meski sekarang banyak dipengaruhi Rusia. Bahkan negeri ini menganggap Rusia seperti saudara tuanya. Bahkan, banyak orang di perbatasan Mongolia bisa berbahasa Rusia dengan baik.

Orang Mongolia yang suka berkuda [image source]
Orang Mongolia yang suka berkuda [image source]
Oh ya, alasan mengapa Mongolia membenci Tiongkok dipicu oleh beberapa pandangan. Pertama adalah mereka menganggap Tiongkok mencaplok banyak wilayahnya, mencuri identitas kebudayaan hingga dianggap mencuri sejarahnya. Hal ini membuat banyak orang Mongolia menganggap Tiongkok sebagai negara mengerikan yang hobinya hanyalah mencuri.

Inilah lima negara yang sangat membenci kiprah Tiongkok di dunia internasional. Selain negara ini sebenarnya banyak orang Indonesia yang membenci Tiongkok. Masalah pertamanya adalah isu pencaplokan Kepulauan Natuna, selanjutnya isu Tiongkok menguasai perekonomian Indonesia. Terakhir, banyaknya tenaga kerja dari Tiongkok yang diisukan membanjiri negeri ini dan memiliki bayaran yang fantastis. Bagaimana menurut anda?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA