in

5 Negara di Dunia yang Harga BBM-nya Keterlaluan Murahnya

Fungsionalitas BBM bagi manusia itu sama pentingnya seperti darah dalam tubuh. Harus ada dan kalau tidak akan jadi bencana. Bisa dibayangkan ya kalau tidak pernah ada BBM? Ya, semua kemajuan di dunia mungkin tidak sehebat hari ini. Bahkan kalau mau menilik lebih detail, tanpa BBM, kita bakal kesusahan luar biasa terutama dalam hal-hal distribusi dan pemenuhan kebutuhan vital lain.

Lantaran BBM adalah nadi, maka tak heran kalau harganya sangat diperhitungkan. Mahal tidaknya banderol si bahan bakar minyak ini maka akan berimbas pada hal-hal lainnya. Bahkan angkot dan cabe pun ikut-ikutan naik saat BBM meroket. Kalau berbicara soal harga, BBM di Indonesia ini termasuk dalam kategori mahal. Agak aneh sih mengingat kita sebenarnya juga produksi, tak melulu beli. Nah, ketika di Indonesia cukup mahal, ada banyak negara yang membanderol murah harga BBMnya, bahkan terlalu murah.

Dan berikut ini adalah beberapa negara di dunia yang menerapkan harga murah untuk BBMnya. Saking murahnya, sampai bisa dibikin mandi. Simak ulasannya berikut.

BBM di Turkmenistan Gratis tis tis tis

Terlepas dari presidennya yang menurut rumor sangat diktator, tapi secara umum jadi penduduk Turkmenistan adalah berkah tersendiri. Ada banyak alasannya, salah satunya adalah lantaran BBM di sana gratis. Serius, sepanjang seseorang memiliki identitas asli sebagai warga Turkmenistan, maka ia berhak untuk mengisi full tank mobilnya secara gratis setiap saat.

SPBU di Turkmenistan [Image Source]
Kebijakan BBM gratis ini katanya sudah lama digelontorkan dan tentu saja mendapatkan tanggapan yang positif dari masyarakat. Sebenarnya tak hanya BBM, listrik dan air pun di sana gratis juga katanya. Wah, enak ya. Benar-benar bikin iri, apalagi di Turkmenistan itu wanita-wanitanya juga seperti artis semua orangnya.

Venezuela, Harga BBMnya Terlalu Murah

Venezuela mungkin bukan negara terkaya di dunia, tapi untuk BBM mereka adalah yang terbaik di muka bumi. Ya, hal ini bisa kita lihat dari bagaimana pemerintah negara itu memberlakukan harga BBM yang sangat murah, bahkan terlalu murah. Tahu kah kamu kalau di sana BBM per galon itu harganya cuma $0,02.

BBM di Venezuela [Image Source]
Harga itu kalau kita konversikan ke Rupiah, nilainya adalah Rp 267 saja. Luar biasa murah, kan? Bayar seribu Rupiah kita sudah bisa foya-foya. Itu pun masih dalam galon ukurannya. Kalau dihitung per liter harganya cuma Rp 72. Edan sekali!

Kuwait, Negara Makmur yang Harga Minyaknya Sangat Murah

Seperti prinsip barang yang semakin banyak eksistensinya bakal makin murah, BBM di Kuwait pun seperti itu. Seperti yang kamu tahu, minyak di Kuwait ini seperti air di sungai alias begitu banyak. Alhasil, pemerintah negara itu pun memberlakukan harga yang sangat murah untuk BBM.

SPBU di Kuwait [Image Source]
Lalu, seberapa murah harga BBM di negara makmur ini? Diketahui untuk satu galon BBM, di sana dihargai sekitar $0.88, atau kalau dikonversi ke Rupiah sekitar Rp. 11.700. Ini galon lho ya, untuk satu liternya kira-kira harganya adalah Rp 3.100. Lumayan murah kan?

BBM Murah Ala Saudi

Sama seperti Kuwait, Arab Saudi adalah negara yang dipenuhi dengan minyak. Makanya, kemudian harga BBM di sana juga sangat murah. Menurut data yang ada, untuk satu galon BBM di sana harganya adalah sekitar $0,91 atau Rp 12 ribuan. Sedangkan untuk harga per liternya kurang lebih Rp 3.243.

BBM di Saudi [Image Source]
Harga minyak di Saudi ini juga fluktuatif meskipun tergolong murah. Jadi, banderol yang sudah sebegitu terjangkau itu kadang masih bisa turun lagi. Kalau naik pun tidak terlalu ekstrem. Kalau kita lihat kemakmuran yang ada di sana, harga 3 ribu per liter bagi orang Arab itu sama sekali tidak ada apa-apanya. Mungkin jauh lebih murah daripada bayar toilet umum atau parkir.

Menikmati Murahnya BBM di Uni Emirat Arab

Negara berikutnya yang memiliki harga BBM super murah adalah Uni Emirat Arab. Tak jauh beda dari dua negara di atasnya, di sini BBM bisa sangat terjangkau karena negeri kaya ini memiliki sumber minyak yang seolah takkan pernah habis. Lalu, berapa kisaran harga BBM di sana? Siap-siap ngiri sekali lagi ya.

SPBU di Uni Emirat Arab [Image Source]
Jadi, di sana berlaku harga $1,80 per galon atau sekitar Rp 6 ribu per liter. Harga ini sangat murah kalau untuk ukuran orang Indonesia. Dan tentu saja bagi orang-orang Uni Emirat Arab sendiri yang notabene sangat kaya dan makmur, banderol Rp 6 ribu per liter itu kebangetan murahnya. Tapi, meskipun sangat ecek-ecek harganya, tapi untuk kualitas jangan ditanya.

Ah, bikin iri sekali ya kalau melihat data-data di atas. Apalagi Turkmenistan yang menerapkan BBM gratis bagi penduduknya. Tidak bermaksud pesimis, tapi agaknya bakal cukup susah bagi Indonesia untuk meniru negara-negara di atas. Memberlakukan harga BBM itu tidak mudah memang. Harus memikirkan banyak hal. Ditambah lagi, penduduk kita jumlahnya ratusan juta yang lebih dari 50 persennya pasti pemakai BBM.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Diktator Bengis Tanpa Nama yang Ternyata Kejam Luar Biasa

Nyelenehnya Kehidupan Yunani Kuno Ini Bisa Bikin Orang Modern Melongo