Inilah 6 Negara Baru yang Mungkin Akan Segera Muncul

oleh Tetalogi
08:58 AM on Mar 16, 2016

Terkadang karena ketidakpuasan terhadap pemerintah pusat atau karena tidak merasa sebagai bagian dari suatu negara, beberapa daerah berusaha untuk melepaskan diri dan membentuk negara baru. Di Indonesia, hal ini pernah terjadi pada Timor Timur yang kini telah berdiri sendiri menjadi sebuah negara yaitu Timor Leste.

Ternyata hal seperti ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja. Beberapa kota atau negara bagian di dunia mengungkapkan keinginannya untuk menjadi negara yang berdiri sendiri dan berusaha untuk mengadakan referendum. Jika berhasil, maka bukan tidak mungkin 6 tempat ini akan muncul menjadi sebuah negara baru.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Catalonia

Selama berabad-abad, Catalonia sudah menginginkan untuk segera lepas dan merdeka dari Spanyol. Hingga saat ini, masalah tentang kemerdekaan Catalonia terus menjadi perdebatan keras dalam dunia politik Spanyol. Begitu besarnya keinginan untuk memisahkan diri dari Spanyol, warga Catalonia bahkan membuat rantai manusia dengan bergandengan tangan di sekitar perbatasan wilayahnya.

Protes warga Catalonia untuk memisahkan diri dari Spanyol [Image Source]
Protes warga Catalonia untuk memisahkan diri dari Spanyol [Image Source]
Dengan perekonomian Spanyol yang memburuk, tidak heran protes menuntut kemerdekaan Catalonia malah semakin kuat setiap tahunnya. Apalagi Spanyol memang lebih membutuhkan Catalonia untuk menopang perekonomiannya. Dalam 15 tahun terakhir, dukungan untuk kemerdekaan Catalonia juga terus meningkat dari 30% ke 55%. Perubahan ini menunjukkan bahwa gerakan kemerdekaan di kota tersebut semakin serius.

2. Kaledonia Baru

Kaledonia Baru dijadwalkan untuk melaksanakan referendum mengenai masalah kemerdekaannya dari Perancis pada tahun 2018. Namun, Perancis rupanya tidak terlalu menginginkan hal ini terjadi. Dengan semakin dekatnya jadwal referendum, warga Kaledonia Baru telah melakukan berbagai gerakan simbolis untuk menunjukkan keinginannya memisahkan diri dari Perancis.

Kaledonia Baru [Image Source]
Kaledonia Baru [Image Source]
Wilayah kepulauan tersebut bahkan telah membuat bendera dan lagu kebangsaan nasionalnya sendiri. Namun, meskipun ada banyak dukungan untuk memerdekakan Kaledonia Baru, Perancis tampak tidak yakin untuk melepaskan pulau ini. Pasalnya, 25% sumber daya alam Nickel dunia ada di Kaledonia Baru.

3. Skotlandia

Meskipun referendum kemerdekaan Skotlandia pada tahun 2014 ternyata berakhir gagal, banyak partai nasional Skotlandia masih berusaha keras untuk mengadakan referendum lagi yang mungkin akan sukses. Skotlandia memiliki gerakan kemerdekaan yang sangat kuat dan Partai Nasional Skotlandia masih sangat populer di wilayah tersebut.

Protes warga Skotlandia untuk kemerdekaannya [Image Source]
Protes warga Skotlandia untuk kemerdekaannya [Image Source]
Satu-satunya penghalang hanyalah waktu yang tepat untuk mengajukan referendum lagi. Beberapa orang berpendapat bahwa referendum selanjutnya mungkin akan terjadi tahun 2017. Dengan niat keras ini, terlihat jelas bahwa Skotlandia belum akan mau menyerahkan keinginan untuk merdeka begitu saja.

4. Quebec

Isu tentang kemerdekaan Quebec sepertinya tidak akan lepas begitu saja. Sebagian besar wilayah Quebec memiliki sedikit sekali kesamaan dengan daerah Kanada lainnya. Bahkan, Quebec masih mempertahankan bahasa dan budaya Perancis di daerahnya.

Warga Quebec [Image Source]
Warga Quebec [Image Source]
Meskipun referendum untuk menyatakan kemerdekaan telah gagal pada tahun 1980 dan 1995, masih terlihat jelas bahwa Quebec masih menginginkan kemerdekaannya hingga saat ini. Kenyataannya, referendum tahun 1995 telah memberikan wilayah tersebut otonomi besar untuk urusan internalnya seperti imigrasi, layanan kesehatan, bahasa, dan pendidikan.

5. Venesia

Venesia adalah sebuah daerah di Italia yang menjadi rumah bagi lebih dari 5 juta orang penduduk. Beberapa tahun terakhir ini, Venesia telah mengambil langkah untuk memisahkan diri dari Italia dan meraih kemerdekaannya. Referendum untuk kemerdekaan Venesia seharusnya dilaksanakan antara tahun 2013 dan 2014. Tapi menurut para pendukung referendum, pemilihan suara tersebut tiba-tiba dibatalkan.

Venesia [Image Source]
Venesia [Image Source]
Sebanyak 56% penduduk Venesia mendukung kemerdekaan wilayahnya menurut poling tahun 2013. Dengan semakin memburuknya kondisi perekonomian Italia, keinginan untuk melepaskan diri semakin menguat. Sampai keluhan Venesia diperhatikan oleh Italia, kota tersebut masih akan mengancam untuk melepaskan diri.

6. Anguilla

Anguilla adalah sebuah pulau kecil yang masuk ke teritorial wilayah kerajaan Inggris. Seandainya pulau ini berhasil memerdekakan diri, kemungkinan juga tidak akan terdengar suaranya karena tidak banyak orang yang bisa menemukan pulau ini di peta. Meski begitu, kemerdekaan Anguilla adalah suatu hal yang mungkin akan segera terjadi.

Anguilla [Image Source]
Anguilla [Image Source]
Mantan perdana menteri Anguilla bersama banyak pejabat pemerintah lainnya telah menyuarakan keinginannya untuk mendapatkan kemerdekaan penuh dari Kerajaan Inggris. Anguilla baru-baru ini juga telah mendapatkan hak untuk mengatur daerahnya sendiri.

Sejauh ini pemecahan masalah yang dilakukan adalah melalui jalan referendum, yaitu pemungutan suara yang dilakukan warganya untuk memutuskan apakah mereka memisahkan diri atau tetap bergabung dengan negara asalnya. Tidak jarang beberapa wilayah lain bergerak dengan lebih kasar melalui jalur peperangan atau tindakan kekerasan. Tapi cara terakhir ini biasanya justru akan berbalik karena para militan akan dianggap sebagai organisasi separatis.

Konflik seperti ini tidak pernah menyenangkan bagi pihak manapun. Jadi semoga Indonesia tetap bisa bersatu dan saling mendukung antara wilayah satu dengan yang lainnya sehingga kedaulatan dan keutuhan NKRI tetap terjaga.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA