Bukan Hanya di Indonesia, Ternyata di 5 Negara Ini Juga Menggunakan Bahasa Jawa Loh

Sudah banyak negara yang cinta dengan bahasa Jawa, kita seharusnya mesti bangga dan jangan malu lagi memakainya

oleh Arief Dian
16:00 PM on Jun 17, 2017

Indonesia memang terdiri dari suku bangsa yang berbeda, jadi bukan hal yang aneh kalau terdapat bahasa yang beragam pula. Namun apa kamu tahu kalau ternyata dari sekian banyak bahasa daerah itu ada yang sampai digunakan banyak negara asing. Ya itu adalah bahasa Jawa yang ternyata memang bukan hanya Indonesia penuturnya.

Penuturnya di luar Indonesia mungkin hanya sedikit tapi ternyata mereka sangat menghormati bahasa Jawa loh. Bahkan ada yang sampai minta kerja sama dengan Indonesia untuk masalah bahasa dan budaya. Jadi negara mana sajakah yang masih memiliki penutur bahasa Jawa itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
6 Bencana Terbesar di Indonesia Ini Menjadi Penanda Pergantian Tahun yang Kelam
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI

Pulau Coco (Keling) yang jarang diketahui

Coco Island

Terlepas dari eksistensi negerinya yang mungkin nggak semua orang tahu, namun siapa sangka jika ternyata penduduk pulau ini juga ada yang bisa menggunakan bahasa Jawa, meskipun tinggal sedikit. Bahkan lambang negaranya menggunakan percampuran Jawa dan Melayu. Terletak di daerah laut Hindia bagian barat, dulu orang Jawa dan Melayu dibawa ke daerah ini oleh koloni Inggris. Akhirnya sampai sekarang mereka menetap di sana. Alhasil 80% dari koloni di Coco Island adalah orang Jawa dan Melayu. Meskipun bahasanya sudah banyak mengalami perubahan, namun masih terasa Jawanya.

Kaledonia Baru, yang masih “Njawani”

Kaledonia baru [image source]
Mungkin jarang diketahui, namun di daerah ini bahkan sampai sekarang masih menggunakan bahasa Jawa sebagai komunikasinya. Pulau Kaledonia Baru ini sendiri terletak pada daerah sekitar Samudera Pasifik. Awalnya banyak kuli dan buruh Indonesia yang pindah pada masa penjajahan ke Kaledonia Baru untuk mendapatkan hidup yang lebih layak. Namun kebanyakan malah menetap di sana. Alhasil jadilah suku Jawa yang hidup di pulau di Samudera Pasifik itu. Orang-orang tua di sana sangat fasih berbahasa Jawa, namun sayang anak mudanya sekarang hanya bisa berbahasa Perancis.

Kampung Padang Jawa yang ada di Malaysia

malaysia [image source]
Ternyata negara tetangga kita Malaysia juga memiliki penutur bahasa Jawa sendiri. Awalnya para orang Jawa yang ada di Jawa Tengah berpindah untuk mencari penghidupan baru di negeri Jiran. Sampai sekarang ternyata masih banyak orang Malaysia keturunan Jawa itu yang masih bisa menggunakan bahasa Jawa. Bahkan sangat banyak kesamaan budaya dan kuliner dengan apa yang ada di pulau Jawa. Jadi jangan kaget kalau kamu bakal ketemu pecel lele dijual di sana.

Paling terkenal dari semuanya, Suriname

Suriname [image source]
Salah satu daerah yang ada di benua Amerika ini memang sangat terkenal karena memiliki penutur Jawa yang lumayan banyak. Seperti halnya negara-negaradi atas, banyak orang Jawa yang pindah ke sana untuk mencari pekerjaan baru dan bekerja di kebun. Dan sejak saat itulah orang Jawa menetap di sana dan menjadi bagian dari negara tersebut. Sangat banyak penutur Jawa di sana, bahkan Suriname menjalin kerja sama dengan Indonesia masalah bahasa dan budaya. Di Suriname, bahasa Jawa sudah diakui sebagai salah satu kekayaan budayanya.

Belanda, jadi yang paling diminati

Belanda [image source]
Pada masa penjajahan, sangat banyak orang Indonesia yang dibawa oleh penjajah Belanda ke negara asalnya. Ternyata di sana mereka menetap dan bahkan menikah dengan orang sekitar. Sejak saat itulah terdapat koloni Indonesia di sana. Uniknya, sampai saat ini, bahasa Jawa menjadi yang paling diminati di sana. Bahkan di salah satu univeritas terkemuka di Belanda ternyata sampai ada jurusan bahasa Jawanya sendiri loh. Bangga pastinya karena salah satu bahasa nusantara ternyata go internasional.

Kalau ternyata negara lain cinta mati dengan bahasa daerah Indonesia, kenapa kita tidak? Kalau bukan kita siapa lagi yang akan melestarikan bahasa daerahnya. Kita mesti sadar untuk tidak melupakan bahasa daerah karena merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA