in

Bikin Kantong Jebol! Di 4 Negara Ini Ayam Cemani Asli Indonesia Dijual dengan Harga Selangit

Indonesia bisa dibilang kaya dengan flora dan fauna. Dan uniknya lagi negara tercinta kita itu ternyata juga banyak memiliki binatang atau tanaman endemik. Ya, sebuah spesies hanya akan ditemui di tempat itu saja. Oleh sebab itu, kadang binatang atau tanaman tersebut dijual sangat mahal atau bahkan murni dilindungi.

Nah, salah satunya adalah ayam cemani yang memang terkenal akan kekhasannya. Kita mungkin mengenal binatang ini yang mahal karena berhubungan dengan klenik, namun ternyata di luar negeri sana banyak yang menggandurungi. Negara mana saja itu?

Si ‘Lamborgini’ yang laku di Amerika

Ayam Cemani memang menjadi ciri khas tersendiri dari unggas Indonesia, seluruh bagian tubuhnya banyak membuat orang asing bahkan sampai tak percaya. Seperti yang ada di Amerika dimana saking herannya orang-orang di sana meberikan julukan tak biasa. Ya, ‘Lambogini’ jadi nama lain dari ayam hitam khas Indonesia memang karena keeksotisannya. Tak hanya itu, bahkan harganya pun melonjak berkali-kali lipat.

Cemani Amerika [sumber gambar]
Jika mungkin di Indonesia kita bisa dapat ayam ini sampai 200 ribuan saja, dilansir dari tribun ternyata pengusaha sana ada yang sampai mematok harga setara 2,6 juta rupiah loh. Bahkan salah satu perusahaan peternakan di sana, Greenfire Arms di Florida meraup untung besar dari ayam ini.

Bukan hanya di Amerika, bahkan di Inggris pun diburu

Negeri paman Sam mungkin memang sangat menghargai ayam ini begitu mahal, namun siapa sangka ada pula negara maju lain yang juga melakukannya. Tepatnya di Inggris, ayam ini juga diberi julukan ‘Lamborgini’ oleh orang-orang yang ada di sana.

Peternakan Cemani [sumber gambar]

Tentu semua berpikir seperti yang ada di Amerika kalau keeksotisan ayam Cemani yang serba hitam membuat julukan tersebut tepat disandang olehnya. Dan juga jangan kaget dengan harga yang ditawarkan oleh negeri ratu Elizabeth ini, pasalnya dilansir dari Okezone bisa mencapai 29 juta rupiah loh. Wah kalau gini sih bisa saja jadi kaya mendadak.

Bahkan di Belanda pun Cemani juga digemari

Tak ada yang mengira ternyata salah satu peternak Indonesia bahkan mendapatkan keuntungan luar biasa dari bisnis ini. Bagaimana tidak, pasalnya bukan hanya dari dalam negeri namun luar Indonesia pun digemari. Seperti yang dilansir dari Kompas, seorang peternak Indonesia bahkan bisa meraup sampai 30-an juta.

Joko Pengusaha Cemani Sukses [sumber gambar]
Uniknya lagi bukan hanya ayam cemani hidup atau dagingan saja, bahkan telur pun diminati. Umumnya negara pemesan ayam cemani itu biasanya berasal dari Amerika atau pun Belanda. Nantinya telur-telur tersebut akan ditetaskan di sana kemudian dikembangbiakan sendiri.

Di Turki, ayam cemani bikin tajir pedangang

Jarang ada yang tahu, ternyata negeri dua benua Turki ternyata juga ikut tergiur dengan unggas asli Indonesia ini. Tepatnya di Kota Tekirdag, penjual di sana mendapatkan untuk banyak dengan berjualan ayam berwarna hitam ini. Entah sejak kapan ayam ini berada di negara itu, namun yang jelas binatang ini jadi salah satu bisnis yang menggiurkan.

Cemani di Turki [sumber gambar]
Bagaimana tidak, harga jual Ayam Cemani bisa mencapai TL 9.000 atau sekitar Rp33 juta. Seperti negara lain, tak hanya dijual dengan keadaan hidup atau dagingan saja, telurnya pun laku mencapai 90 ribu perbutirnya. Gimana? Kalau semahal ini jadi tertarik kah jual cemani?

Memang sih ya tak bisa dipungkiri kalau ayam cemani ini memiliki nilai yang lebih. Selain salah satu binatang khusus Indonesia, terlepas dari kisah mistisnya ayam cemani laku sangat mahal. Siapa satu bisa jadi komoditi yang menjanjikan kelak.

Written by Arief

Seng penting yakin.....

Leave a Reply

4 Insiden Bendera Merah Putih Terbalik yang Bikin Heboh, Paling Baru Dilakukan Timnas Malaysia

Potret 2 Anak Iis Dahlia yang Ikut Diserang Netizen Gara-gara Perilaku Sang Ibunda