in

Terdampak Pandemi, Narji Harus Banting Setir dari Komedian Jadi Petani Demi Bertahan Hidup

Tak hanya rakyat kecil. Rupanya dampak pandemi juga dirasakan oleh para artis tanah air, di mana artis biasanya punya kehidupan cukup mewah. Salah satunya adalah Narji. Komedian yang sempat bergabung dengan grup lawak Cagur ini juga merasakan sepinya job akibat Covid-19.

Akhirnya, Narji memilih untuk banting setir menjadi seorang petani. Ia terpaksa mencari pekerjaan lain demi menafkahi keluarganya. Seperti apa kisahnya? Inilah fakta seputar Narji yang kini menjadi petani.

Alih profesi jadi petani demi bertahan hidup di tengah pandemi

Sebenarnya, Narji masih aktif menjadi komedian. Namun ia sudah lama tak tampil di layar kaca. Pria berusia 44 tahun tersebut biasanya mengisi acara offline. Sayangnya, tawaran pekerjaan di kala pandemi memang sulit. Akibatnya pekerjaan Narji menjadi tak menentu.

Narji menjadi petani [sumber gambar]
Di tengah kesulitan tersebut, Narji mengamati kebutuhan bahan pangan, terutama karbohidrat dan sayur mayur sulit untuk didapat. Ia pun mempunyai ide menggunakan lahan tidur di belakang rumah untuk bercocok tanam.

Pekerjakan tetangga untuk menanam sayuran hingga tanaman hias

Narji mengajak para tetangga untuk bekerja di kebun miliknya. Ia menanam tanaman karbo, seperti singkong, kacang, dan jagung. Narji menuturkan ia lebih banyak menanam buah pepaya karena bisa tumbuh dengan cepat. Selain itu, Narji menanam berbagai macam sayuran seperti timun suri, sawi, packoy, oyong, gambas dan cabai.

Narji menjadi petani [sumber gambar]

Rempah-rempah untuk bumbu dapur juga tumbuh subur di lahan Narji. Bahkan harga rempah seperti sereh melonjak menjadi Rp70 ribu saat pandemi, yang memberikan banyak pundi-pundi untuk Narji. Tak melulu tanaman konsumsi, Narji memiliki hobi merawat tanaman hias. Namun ia lebih memilih membeli bibit tanaman hias untuk ditanam. Tak seperti kebanyakan orang yang langsung membeli tanaman dalam pot.

Raup keuntungan besar

Narji mengungkapkan banyak keuntungan yang ia rasakan saat menekuni profesi sebagai petani. Ia mengaku lebih senang karena banyak bergerak dan badan menjadi sehat. Ayah tiga anak ini tak perlu lagi membeli bahan pangan, karena bisa mengambil langsung dari kebunnya sendiri. Ia juga meraup keuntungan yang besar dari hasil lahan pertaniannya. Namun Narji tak menyebut berapa nominal keuntungan tersebut.

Narji menjadi petani [sumber gambar]
Dalam kanal Youtube-nya, lahan milik Narji memang sangat luas, sekitar 2.500 meter. Sawi, kangkung, dan ubi terlihat di areal kebun Narji. Ia menceritakan saat pandemi hasil panen timun suri miliknya meraup keuntungan hingga Rp2 juta.

Beli sawah untuk investasi

Narji menjadi petani [sumber gambar]
Istri Narji, Dyan ternyata diam-diam membeli sawah di Pekalongan untuk memberikan kejutan pada Narji. Dyan menggunakan uang tabungannya untuk membeli sawah di awal tahun 2021. Mempunyai lahan sawah baru membuat Narji ingin terus belajar menanam tanaman lain yang menguntungkan. Kini ia mulai belajar menanam pisang chavendish dengan arahan dari petani pisang yang sudah sukses.

BACA JUGA: Tinggalkan Kerja Kantoran Mapan, Pria Ini Sekarang Sukses Jadi Petani Milenial

Narji mengaku bersyukur ada lahan kosong yang bisa ia tanami untuk mencari nafkah. Narji juga senang membantu para petani mendapatkan penghasilan. Sepertinya bercocok tanam bisa menjadi peluang menjanjikan untuk mencari tambahan di kala pandemi.

Written by F A Agustina

Oscar Bamboo, Cover Jurus Seribu Bayangan Pakai Alat Seadanya, Bahkan Tas Dibuat Nge-DJ

Mengenal Elang Hitam, Drone Buatan Indonesia yang Nggak Kalah dengan Negara Maju Lainnya