6 Orang di Indonesia yang Namanya Hanya 1 Karakter atau Huruf

oleh Diah
11:59 AM on Feb 2, 2016

Banyak orang beranggapan bahwa nama adalah suatu doa yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya dengan tujuan khusus. Namun bagaimana jadinya jika justru nama tersebut terdengar aneh dan tak lazim?

Jika Anda menganggap Melly Goeslaw dan Anto Hoed memberikan nama kepada ke-2 anak mereka dengan nama yang menurut kebanyakan orang adalah aneh, yaitu Anakku Lelaki Hoed dan Pria Bernama Hoed, tentunya tidak hanya mereka saja, karena ada banyak nama-nama unik, menarik dan lucu di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa nama-nama unik dan lucu yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta penjelasan dari yang bersangkutan.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. N

Seorang pria muda kelahiran Jepara ini memiliki nama yang cukup unik karena hanya menggunakan satu huruf saja, yaitu N. Dia adalah putra dari pasangan Ali Mas’ud dan Kismawati yang tercatat sebagai salah satu alumni di sekolah tinggi ilmu keperawatan di Semarang, Jawa Tengah.

Nama N [image source]
Nama N [image source]
Dikarenakan hal tersebut, N mendapatkan gelar pria dengan nama terpendek di Indonesia pada tahun 2000 dari Museum Rekor Indonesia (MuRI). Tentunya bukan tanpa maksud kedua orang tuanya memberikan nama itu. MenurutAli, N diambil dari salah satu surah di Alquran, yaitu Surah Nun.

Tentu saja bukan sekali dua kali saja dia kerepotan dalam pengurusan administrasi karena orang yang tidak mengetahuinya menganggap bahwa namanya itu adalah inisial atau singkatan.

2. “.”

Masih di Jepara. Ada seorang siswi yang memiliki nama tidak kalah unik, yaitu “.” Dia merupakan adik kandung N yang masih menyandang status pelajar. Dikarenakan malu dan sering mendapatkan cemoohan dari teman-temannya, “.” sering kali protes kepada kedua orang tuanya.

Nama “.” [image source]
Nama “.” [image source]
Bahkan ketika harus berhubungan dengan pihak administrasi, namanya tidak dapat terdeteksi oleh sistem komputer karena bukan merupakan abjad dan lagi hanya satu tanda saja. Dalam Akta kelahirannya, namanya tetap ditulis “.” dan untuk urusan administrasi sekolah namanya ditulis Titik. Menurut Ali Mas’ud, orang tua N dan “.”, nama itu diambil dengan berfalsafah bahwa semua kehidupan selalu berawal dari titik lalu menjadi garis hingga membentuk obyek lainnya.

3. D

Ternyata tidak hanya di Jepara saja ada seseorang dengan nama satu huruf. Di Tegal, Jawa Tengah, ada seorang gadis yang juga memiliki nama satu huruf saja, yaitu D. Bukan karena terinspirasi oleh N atau lainnya, kedua orang tua D memang sengaja memberikan nama tersebut ke anaknya dengan maksud tertentu.

Nama D [image source]
Nama D [image source]
Selidik punya selidik, ternyata saat proses kelahiran, D keluar dengan proses yang sangat cepat serta dia merupakan anak keempat di keluarganya. Oleh karena itu, sesuai dengan urutan abjad, kedua orang tuanya memberikan nama D. Uniknya, hanya dia yang memiliki nama unik di keluarganya, karena ketiga kakaknya memiliki nama yang normal seperti pada umumnya.

4. O

O merupakan penantang lain dari nama N dan D. Perempuan kelahiran 22 Novemebr 1964 ini dulunya sering menjadi bahan ejekan dan bullyan karena namanya tersebut. Bahkan tidak jarang dia menangis karenanya.

Nama O [image source]
Nama O [image source]
Tujuan kedua orang tuanya menamakan dirinya O, karena ingin menyabet gelar dunia sebagai pemilik nama terpendek sejagat di Guiness Book of Records. Walaupun namanya terkesan aneh dan unik, namun dia sukses dalam karir dan memiliki profesi sebagai seorang pengacara di Padang Ekspres, salah satu perusahaan milik Group Bandung Ekspres.

5. Z

Seperti halnya N dan “.” Yang masih merupakan kakak beradik, Z adalah adik kandung dari O. Sedikit berbeda dari O yang memiliki pekerjaan sebagai pengacara, justru Z sering susah dalam berkarir karena namanya itu.

Nama Z [image source]
Nama Z [image source]
Bahkan, dikarenakan namanya tersebut, Z hampir tidak dapat memiliki rekening di bank ataupun saat mengajutkan kredit. Dia sering ditolak karena dalam peraturan, semua kreditor harus memiliki nama minimal 3 huruf.

6. Y

Setelah N, O dan Z, di Yogyakarta ada seorang gadis muda yang juga memiliki nama yang tertera pada KTP hanya satu huruf, yaitu Y. Sebenarnya, Y bukan nama aslinya, melainkan kependekan dari namanya yang terlalu panjang, yaitu Aiwinursiti Dyah Ayu Meganingrum Dwi Pangastuti Lestari Endang Pamikarsih Sri Kumalasari Dewi Puspita Anggraeni.

Nama Y [image source]
Nama Y [image source]
Walaupun hanya memiliki satu karakter saja, namun Y tidak memiliki keinginan untuk mengganti namanya tersebut. Dan seperti nama orang-orang yang hanya memiliki satu karakter sebelumnya, Y juga sering kesulitan dalam mendaftarkan diri di manapun yang terkait dengan administrasi, salah satu contohnya adalah ketika ingin membuka akun di Facebook.

Menurut William Shakespeare, “Apalah arti sebuah nama, bunga mawar pun masih tetap harum walaupun dia tidak bernama mawar.” Namun, tentunya tidak semudah apa yang dianalogikan oleh Shakespeare, karena di zaman sekarang ini nama adalah salah satu syarat utama dalam melakukan berbagai hal, salah satunya adalah mencari pekerjaan. Jika namanya terkesan aneh atau mengada-ada, maka tidak menutup kemungkinan perusahaan akan menolaknya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA