Lagi, tidak lama sejak nama-nama mulai viral di kalangan netizen seperti “Pajero Sport” atau “Senju Hashirama”, kini muncul lagi nama unik lainnya. Yang berbeda, nama ini hanya terdiri dari satu huruf saja. Sebenarnya nama ini sudah lama ada, namun baru beberapa waktu ini membuat heboh di kalangan netizen Indonesia.

Usut punya usut, ternyata ada tujuan baik kenapa orang tua anak ini memberikan nama satu huruf saja pada dirinya. Meskipun begitu, namun ada banyak kendala yang dia rasakan karena memiliki nama nyeleneh ini. Oleh sebab itu bahkan sampai saat ini dia ingin mengganti namanya saja. Jadi seperti apa kisah lengkapnya? Simak ulasan di bawah ini.

Diberi nama hanya satu huruf

Q [image source]
Uniknya salah satu santri dari di  Galagah, Banyuwangi ini memiliki nama yang berbeda dengan yang lainnya. Alih-alih diberikan nama yang normal, orang tuanya hanya menamainya dengan satu huruf saja. Ya, “Q” menjadi perbincangan viral netizen di dunia maya akhir-akhir ini. Terkadang, Q sendiri ingin mengganti namanya agar lebih panjang seperti orang lainnya, namun tidak terwujud juga. Bagi Q, ada senang dan pahitnya memiliki nama yang berbeda dari pada orang umumnya.

Diberi nama sebagai wujud rasa syukur

Bersama keluarga [image source]
Ternyata nama Q sendiri adalah wujud  rasa syukur dari kedua orang tua. Usut punya usut, penamaan Q sendiri terbesit di pikiran ayahnya saat melihat proses kelahirannya. Ayah Q mengaku bernazar akan memberikan nama “Q” pada anaknya jika terlahir dengan keadaan normal. Pasalnya, kakak Q dahulu dilahirkan dengan keadaan cesar, oleh sebab itulah muncul nazar tersebut. Meskipun begitu, Q kadang mengaku bangga pula karena nama yang diberikan merupakan wujud syukur orang tuanya melihat dirinya dapat lahir dengan normal dan selamat.

Sering ada error saat ujian

Kepala sekolah Q [image source]
Karena namanya hanya satu huruf, beberapa kali Q tidak terindeks dalam data USBN. Ini memang sebuah permasalahan sebuah nama yang terlalu pendek sering tidak terdeteksi dalam komputer. Oleh sebab itu pihak sekolah menyarankan kepada keluarga Q agar mengganti nama anaknya tersebut agar lebih memudahkannya. Mengetahui hal tersebut, sempat orang tua Q mau mengganti nama anaknya, namun tidak jadi karena ternyata di komputer lain data diri Q bisa terindeks. Walau demikian, Q meminta orang tuanya untuk segera mengubah namanya karena takut bakal terjadi hal serupa kelak ketika sudah dewasa,

Sering jadi ajang pembullyan

Q di Banyuwangi [image source]
Tidak memudah memiliki nama unik tersebut, pasalnya saat Q masih kecil dulu, dia sering menjadi obyek pembullyan oleh teman-temannya. Lantaran hanya satu huruf, hampir setiap kelas mengolok-olok nama unik pemberian orang tua Q. Orang tua Q mengaku sering sedih pula melihat anaknya waktu kecil sering pulang dengan keadaan menangis. Akhirnya hal tersebut mempengaruhi kondisi psikologis Q dan membuatnya jadi sedikit pendiam dan pemurung. Akhirnya orang tua Q memutuskan untuk menyiapkan nama ganti untuk anaknya kelak ketika memang dibutuhkan.

Nama alternatif untuk Q

Ijazah Q [image source]
Berdasarkan berbagai pertimbangan, orang tua Q sudah menyiapkan dua alternatif nama penganti untuk anaknya. Ya pertama adalah Q Ajalia Nazwa dengan mempertahankan huruf Q yang di depan. Sedangkan nama kedua adalah Qiqi, merupakan nama yang singkat namun juga tidak mengilangkan unsur huruf Q-nya. Entah kapan akan benar-benar diganti, namun Q merasa senang sekaligus sedih. Senang karena akhirnya dia memiliki nama yang sama dengan yang lainnya, sedih karena nantinya namanya tidak unik lagi.

Ini bukti kalau orang tua selalu memberikan nama yang memiliki makna baik kepada anaknya. Namun ini juga menjadi pelajaran bagi orang tua untuk bersikap lebih bijak jika memberikan nama. Mungkin saja nama untuk anak tersebut memang memiliki makna baik, namun ke depannya juga perlu dipikirkan, agar anak tidak kerepotan.