Menjadi Muslimpreneur, Ini Dia Alasan Kuatnya dalam Islam

oleh Sofia Fitriani
10:19 AM on Oct 20, 2015

Entrepreneur atau wirausaha adalah sebuah alternatif lahan rezeki yang sangat banyak diminati oleh orang-orang. Selain kita bisa mengelola usaha sesuai dengan keinginan kita, kita bisa mengatur pola kerja kita sendiri karena kita adalah Bos-nya.

Selain itu, dengan berwirausaha, juga bisa menjadikan kita lebih ulet dan kokoh dalam berjuang menjalani kehidupan. Karena kita tahu sendiri bahwa dunia wirausaha itu butuh ketelatenan dan ketelitian. Jatuh bangun dalam membangun itu sudah menjadi kisah biasa dalam hal berwirausaha.

Baca Juga
5 Tips Jitu Agar Kamu Bisa Lebih Mudah Mengantongi Pinjaman Usaha Dari Bank
10 Trik Jitu Untuk Hemat Dana Pernikahan Ini Sangat Layak Buat Kamu Coba

Nah, bagi muslim dan muslimah yang sedang atau akan menggeluti dunia entrepreneur atau wirausaha, tidak usah ciut jika jatuh bangun atau banyak cibiran orang-orang menerpa. Karena Islam sendiri sangat menghargai bahkan mendukung kuat perekonomian Islam dari berwirausaha atau berdagang. Ini buktinya:

Ayat Terpanjang dalam Al-Qur’an Tentang Muamalah (Berdagang)

Tahukah kalian bahwa ayat terpanjang dalam Al-Qur’an ternyata membahas tentang muamalah atau berdagang? Ya, dalam Al-Baqarah ayat 282 ini, Allah merincikan tentang muamalah kepada hambaNya dengan sangat jelas dan terperinci.

Berdagang memang dianjurkan di dalam Al-Quran
Berdagang memang dianjurkan di dalam Al-Quran [imagesource]
“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu bermuamalah tidak secara tunai untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Dan janganlah penulis enggan menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkannya, maka hendaklah ia menulis, dan hendaklah orang yang berhutang itu mengimlakan (apa yang akan ditulis itu) dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah Tuhannya, dan janglah ia mengurangi sedikitpun daripada hutangnya”.

“Jika yang berhutang itu orang yang lemah akalnya, atau lemah (keadaannya), atau dia sendiri tidak mampu mengimlakkan, maka hendaklah walinya mengimlakkan dengan jujur. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi dari dua orang laki-laki di antaramu. Jika tak ada dua orang lelaki, maka (boleh) seorang lelaki dan dua orang perempuan, dari saksi yang kamu ridhoi, supaya jika seorang lagi lupa maka seorang lain mengingatkannya.”

“Janganlah saksi-saksi itu enggan (memberi keterangan) apabila mereka dipanggil, dan janganlah kamu jemu menulis hutang itu baik kecil maupun besar sampai batas waktu membayarannya. Yang demikian itu lebih adil di sisi Allah dan lebih dapat menguatkan persaksian, dan lebih dekat kepada tidak (menimbulkan) keraguanmu, (Tulislah muamalahmu itu) kecuali jika muamalah itu perdagangan tunai, yang kamu jalankan di antara kamu, (jika) kamu tidak menuliskannya”.

“Dan persaksikanlah apabila kamu berjual beli, dan janganlah penulis dan saksi saling sulit menyulitkan. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sesungguhnya hal itu adalah suatu kefasikan pada dirimu. Dan bertakwalah kepada Allah, Allah mengajarmu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”. Panjang sekali bukan? Tapi sungguh luar biasa hikmahnya.

Rasulullah dan Para Sahabat Juga Berdagang

Dalam sejarah kenabian, atau Shirah Nabawiyah, kita ketahui bahwa Rasulullah dan Para Sahabat adalah pedagang-pedagang yang sangat sukses. Siapa tak kenal seorang Abu Bakar Ash-Shiddiq? Ya, khalifah Islam yang pertama itu terkenal sangat kaya raya karena dia adalah pedagang yang sukses. Kebunnya banyak dan pekerjanya juga sejahtera semua.

Pada zaman dahulu Sahabat Rasulullah juga berdagang
Pada zaman dahulu Sahabat Rasulullah juga berdagang [imagesource]
Bahkan, dari semua penghasilannya berdagang itu, Abu Bakar gunakan untuk memerdekakan budak dan akhirnya menjadikan mereka sahabat-sahabat Rasulullah yang setia. Salah satunya adalah Bilal bin Rabbah, yang dia merdekakan. Selain memerdekakan budak, Abu Bakar juga menyedekahkan semua hartanya demi dakwah Islam kala itu.

Dan kita tahu juga, bahwa Rasulullah adalah seorang pedagang sukses yang sangat jujur. Sehingga beliau dijuluki Al-Amin. Dan dari kejujurannya tersebut, banyak orang yang kemudian masuk Islam, dan bahkan seorang wanita mulia bernama Khadijah bersedia menjadi pendamping hidupnya dalam suka dan duka.

Islam Masuk Indonesia Lewat Para Pedagang

Masih ingat sejarah masa SD atau SMP yang menceritakan tentang masuknya Islam ke Nusantara? Ya, Islam dibawa oleh para pedagang dari Gujarat, dan negeri Timur Tengah lain yang berlayar ke Indonesia baik untuk menetap atau sekedar singgah. Mereka adalah pedagang sukses yang kemudian bermuamalah dengan orang-orang pribumi, baik berpartner bisnis maupun membentuk sebuah keluarga dengan pernikahan.

Islam Masuk Indonesia Lewat Para Pedagang
Islam Masuk Indonesia Lewat Para Pedagang [imagesource]
Ternyata memang berdagang selain bisa menjadi lahan atau sumber rezeki bagi kita, bisa juga dan bahkan sangat efektif sebagai lahan dakwah dan kebermanfaatan demi menyebarkan kebaikan pada masyarakat. Dengan berdagang, kita juga bisa menambah kenalan dan sahabat. Asal tentu saja dengan perdagangan yang jujur dan sesuai dengan syariat dari Allah.

Itulah ketiga hal yang menguatkan semangat kita sebagai seorang muslim atau muslimah dalam berwirausaha. Tak usah takut gagal karena begitulah fase kehidupan, Allah sendiri yang akan menjamin rezeki kita, tugas kita adalah berusaha dan bedoa, kemudian memasrahkan semua keputusan kepada Allah dalam tawakal. Selamat berdagang. (sof)

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA