5 Ketidakadilan Muslim Uighur oleh Pemimpin Negaranya Sendiri

oleh titi
07:10 AM on Jun 20, 2015

Putusan dari pemerintah Indonesia mengenai ‘agama’ memang menuai banyak pro dan kontra. Seperti penutupan warung makan di bulan puasa. Banyak yang setuju untuk menutup warung tapi juga tak sedikit yang menolak. Untungnya Indonesia adalah negara demokratis yang tidak akan mudah memutuskan sesuatu dengan sebuah kekerasan dan tekanan.

Berbeda dengan umat muslim Uighur yang berada di kawasan Xinjiang, Tiongkok. Mereka mengalami masa sulit bertahun-tahun dengan pemerintah setempat. Berikut ini Boombastis hadirkan ketidakadilan yang dialami para muslim Uighur yang mirisnya, merupakan buah tangan pemimpinnya sendiri.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

1. Tindak Kekerasan dari Pemerintah

Uighur adalah umat muslim yang berada di kawasan Xinjian barat laut. Muslim Uighur merupakan orang minoritas yang tinggal bersama dengan agama lain yang ada di Tiongkok. Menurut beberapa sumber, Muslim Uighur ini sering menerima tindak kekerasan dari pemerintah setempat.

Tindah Kekerasan Dari Pemerintah
Tindah Kekerasan Dari Pemerintah [image source]
Sayangnya, tindak kekerasan ini tidak memiliki banyak bukti. Media China banyak menutup berita yang berhubungan dengan muslim Uighur. Sehingga banyak dari mereka yang beranggapan pemerintah setempat akan mengapus identitas dan budaya Muslim Uighur.

2. Larangan Berpuasa

Berita terbaru dari muslim satu ini adalah larangan dari pemerintah untuk berpuasa. Anggota partai, pegawai negeri, siswa, mahasiswa dan juga guru dipertegas untuk tidak melaksanakan ibadah puasa.

Haramkan Berpuasa
Haramkan Berpuasa [image source]
Larangan pemerintah ini bertujuan untuk mengontrol agama yang dianut warganya. Tapi, bagaimana bisa pemerintah mencampuri hak asasi yang dimiliki warganya? Bahkan ada pula wacana yang mengharuskan adanya jaminan agar anggota keluarganya tidak ada yang menjalankan puasa.

3. Buka Restoran Bakal Dapat Penghargaan

Tentunya larangan untuk menjalankan ibadah wajib ini mendapatkan reaksi keras dari warga Muslim Uighur. Banyak yang menolak mentah-mentah meskipun nyawa taruhannya. Tapi pemerintah setempat makin keras menanggapi reaksi Muslim Uighur.

Membuka Restoran Diwaktu Puasa
Membuka Restoran Diwaktu Puasa [image source]
Pemerintah membuat kebijakan baru bagi restoran halal untuk tetap buka di jam-jam puasa Ramadhan. Bagi mereka yang merupakan Muslim Uighur dan menjalankan kebijakan pemerintah ini akan diberikan imbalan dan tidak akan diperiksa oleh petugas keamanan. Mungkin saking banyaknya orang yang kontra terhadap larangan berpuasa tersebut, sehingga aturan kontroversial ini makin menjadi-jadi.

4. Diharuskan Menjual Alkohol

Tidak berhenti disini, ketidakadilan lain juga muncul menghiasi bulan ramadan tahun ini. Pemerintah meminta kepada Muslim Uighur untuk mengucapakan secara verbal maupun tertulis bahwa mereka tidak memiliki keyakinan agama dan tidak akan menghadiri kegiatan religi.

Muslim Uighur diharuskan menjual alkohol
Muslim Uighur diharuskan menjual alkohol [image source]
Bukan hanya toko atau restoran biasa yang diharuskan menjual rokok dan alkohol. Tapi penduduk muslimpun juga sama. Jika mereka menolak, maka tempat usahanya akan ditutup paksa.

Sungguh miris nasib Muslim Uighur ini, selain sebagai penduduk minoritas juga menerima perlakuan tidak adil dari pemerintah setempat. Kita mungkin lebih beruntung hidup di Indonesia dengan menjunjung tinggi nilai demokratis.

Meski ada putusan yang mengalami pro dan kontra, tapi tetap saja kita lebih beruntung dari mereka. Doakan saja semoga ada jalan yang baik bagi saudara muslim kita di manapun, agar bisa mendapatkan kemerdekaan dalam menjalankan ibadahnya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA