Beberapa waktu lalu, Donald Trump yang mencalonkan diri menjadi presiden banyak dikritik di berbagai media. Pasalnya, ia menunjukkan sikap tidak toleran terhadap warga muslim, bahkan kepada masyarakat muslim Amerika sendiri.

Baca Juga : 5 Sosok Muslim Abad Pertengahan yang Mungkin Lebih Cerdas Daripada Einstein

Seandainya ia menjadi presiden, Trump berencana melarang muslim masuk ke Amerika dan akan mendata atau semacam memberi label mereka yang beragama muslim di Amerika. Mungkin ia lupa bahwa ada begitu banyak orang Islam yang memiliki prestasi dan diakui di Amerika sendiri dan bahkan dunia. Berikut ini beberapa diantaranya.

1. Malcolm X

Malcolm X adalah seorang Muslim yang menjabat sebagai perdana menteri serta merupakan aktivis hak asasi manusia. Ia begitu dikagumi karena keberaniannya untuk menegakkan hak masyarakat kulit hitam serta mengungkapkan kejahatan kulit putih Amerika terhadap warga kulit hitam di masa tersulit.

Malcolm X [Image Source]
Malcolm X [Image Source]
Ia dianggap sebagai salah satu warga Afrika Amerika paling berpengaruh dalam sejarah. Ia akhirnya meninggal dibunuh pada Februari 1965. Namun keberaniannya tetap dikagumi hingga saat ini.

2. Kareem Abdul-Jabbar

Kareem Abdul-Jabbar terlahir dengan nama Ferdinand Lewis Alcindor, Jr. Ia adalah seorang mantan pemain basket Amerika dengan begitu banyak prestasi. Ia pernah bermain selama 20 musim di NBA untuk Miwaukee Bucks dan LA Lakers.

Kareem Abdul-Jabbar [Image Source]
Kareem Abdul-Jabbar [Image Source]
Selama masih menjadi pemain tengah, dia 6 kali mencetak rekor NBA Most Valuable Player (MVP), 19 NBA All-Star, 15 All-NBA selection dan 11 NBA All-Defensive Team. Ia juga merupakan anggota tim NBA Championship sebagai pemain serta pelatih, dan juga dua kali NBA Finals MVP. Tahun 1996, ia mendapatkan gelar sebagai salah satu dari 50 pemain NBA terbaik dalam sejarah.

3. Jaweed Karim

Jawed Karim adalah seorang entrepreneur internet Jerman-Amerika dan merupakan keturunan Bangladesh. Ia dikenal sebagai salah satu penemu YouTube, serta sosok yang membuat beberapa komponen utama untuk PayPal seperti real-time anti-fraud-systemnya.

Jaweed Karim [Image Source]
Jaweed Karim [Image Source]
Karyanya kini menjadi hal yang begitu bermanfaat dan banyak digunakan di dunia. Bayangkan saja, ada berapa banyak orang yang menggunakan PayPal setiap harinya tanpa perlu takut uangnya dicuri, atau berapa banyak orang di Amerika bahkan di dunia yang menikmati video di YouTube setiap harinya?

4. Muhammad Ali

Muhammad Ali adalah mantan petinju profesional dan diakui sebagai petinju kelas berat terbaik. Ia adalah sosok yang dihormati di Amerika dan dunia. Tidak hanya karena kemampuannya di dalam ring, tapi juga karena nilai-nilai kebaikan yang ia tunjukkan di luar ring. Mulai dari kebebasan beragama, keadilan ras, dan masih banyak lagi.

Muhammad Ali muda [Image Source]
Muhammad Ali muda [Image Source]
Ia banyak mengkritik keputusan Amerika yang berperang dengan Vietnam, karena menurutnya Amerika kulit putih masih saja terus berusaha mendominasi kulit gelap. Ia bahkan mengatakan bahwa dirinya tidak akan berangkat berperang untuk Amerika demi mengalahkan Vietnam.

“Kenapa mereka memintaku memakai seragam dan berangkat ribuan mil dari rumah dan menjatuhkan bom kepada orang kulit cokelat di Vietnam, sementara mereka yang disebut Negro di Louisville masih diperlakukan seperti anjing dan tidak diakui hak asasinya?” ujar Muhammad Ali.

5. Hakeem Olajuwon

Hakeem Olajuwon adalah salah satu mantan pemain basket hebat dari Amerika. Ia sempat bergabung di tim Houston Rockets dan Toronto Raptors, serta juga pernah menjadi anggota tim nasional Amerika.

Hakeem Olajuwon [Image Source]
Hakeem Olajuwon [Image Source]
Sepanjang karirnya sebagai pebasket, ia telah meraih berbagai macam penghargaan, seperti 2 NBA champion, 2 NBA Finals MVP, 1 NBA MVP, 2 Defensive Player of Year, 6 kali All-NBA First Team, 3 kali All-NBA Second Team, 3 kali All-NBA Third Team, 5 kali All-Defensive First Team, 4 kali All-Defensive Second Team, 12 kali All Star, Medali emas olimpiade dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 5 Hal ini yang Akan Terjadi Jika Negara Islam Memutuskan Hubungan Diplomatik dengan Amerika

Masih ada beberapa Muslim yang begitu diakui di Amerika dan dunia. Seandainya Donald Trump benar-benar menjadi presiden dan memberlakukan keinginannya untuk mendiskriminasikan masyarakat Muslim, tentu saja ini sama dengan Amerika menjilat ludah sendiri. Ada berapa banyak orang Muslim yang turut memberikan nama harum bagi Amerika seperti atlet-atlet di atas, atau mereka yang berkontribusi dalam teknologi demi kemudahan sehari-hari. Kebijakan yang direncanakannya sama saja dengan tidak mewadahi masyarakat Muslim Amerika.