Amsterdam terkenal sebagai kota museum. Hal ini dibuktikan dengan adanya lebih dari 400 museum dan galeri seni yang tersebar di dalam kota tersebut. Jumlah ini membuatnya menjadi kota yang memiliki museum paling banyak di dunia. Tidak ada kota di dunia yang memiliki museum sebanyak Amsterdam.

Baca Juga: 4 Kejahatan yang Sering Terjadi di Bandara, Waspadalah!

Umumnya di kota lain museum menyimpan barang-barang tertentu yang memiliki nilai sejarah. Namun Amsterdam memiliki banyak sekali jenis museum mulai dari museum kopi, kacamata, piano, berlian, keju, bir, tas serta masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini museum-museum yang memiliki koleksi paling aneh di Amsterdam.

1. Museum Vrolik – Hii, Museum ini Mengoleksi Jasad Manusia Cacat

Museum Vrolik merupakan rumah bagi koleksi spesimen patologis, embrio, tengkorak dan tulang aneh serta kelainan anatomi lainnya. Spesimen-spesimen tersebut dikumpulkan oleh Gerardus Vrolik (1755-1859) yang tidak lain adalah seorang ilmuwan Belanda yang paling tersohor di masanya. Vrolik merupakan pelopor dalam bidang teratologi atau studi terhadap masalah cacat.

Museum Vrolik (c) Flickr
Museum Vrolik (c) Flickr

Setelah kematiannya, koleksi-koleksi ini dibeli oleh sekelompok warga negara Belanda dan ditawarkan pada pemerintah kota Amsterdam untuk ditempatkan di suatu lembaga yang bernama Athenaeum Illustre, sebuah lembaga ini yang kemudian menjadi University of Amsterdam.

Selanjutnya: Torture Museum – Berisi Koleksi Alat Penyiksaan Manusia

2. Torture Museum – Seram, Koleksinya Alat Penyiksaan Manusia

Berbeda dengan museum Vrolik yang fokus mengoleksi spesimen cacat, Torture Museum lebih berupaya untuk mendokumentasikan sejarah yang menggambarkan kekejaman manusia. Berbagai artefak museum ditata rapi dalam sebuah labirin kecil dan juga kamar yang gelap untuk menciptakan suasana muram.

Torture Museum (c) Flickr
Torture Museum (c) Flickr

Namanya juga museum dokumentasi sejarah kekejaman, sudah barang tentu benda-benda yang ada di dalam museum ini adalah peralatan yang digunakan untuk menyiksa manusia pada zaman dahulu. Adapun alat-alat penyiksaan yang terdapat di dalam museum ini antara lain Guillotine, Kursi Penyengat, Alat Pasung, Penghancur Tengkorak dan lain sebagainya. Beberapa alat ini merupakan perangkat asli dan beberapa lainnya adalah hasil rekonstruksi ulang setelah membaca buku-buku sejarah.

Selanjutnya: Museum Esek-Esek  – Mengupas Tuntas Permasalahan di Ranjang

3. Museum Esek-Esek – Mengupas Tuntas Permasalahan di Ranjang

Museum yang satu ini terkesan vulgar, dari namanya saja sudah jelas koleksi apa yang ada di dalamnya. Berada di dekat Central Station Amsterdam, Museum Esek-Esek memiliki berbagai benda menarik seputar seksualitas manusia. Di dalam Museum Sex ini Anda akan melihat pameran seni berupa foto-foto, dan juga tokoh-tokoh dunia yang dibuat patung lilin.

Sex Museum (c) Flickr
Sex Museum (c) Flickr

Uniknya lagi pengelola museum menaruh speaker tersembunyi di dalam gedung yang akan mengeluarkan suara-suara mesin uap dan juga suara jeritan dan rintihan wanita. Museum ini sangat populer di Amsterdam, setidaknya museum ini mampu menarik 500.000 pengunjung setiap tahunnya.

4. Hash, Marihuana and Hemp Museum – Ingin Lihat Pohon Ganja? Ada di Sini

Buat Anda yang penasaran dengan rupa ganja dan psikotropika lainnya Anda bisa mengunjungi The Hash, Marihuana and Hemp Museum. Ini merupakan sebuah museum yang didedikasikan untuk ganja lengkap dengan informasi tentang sejarah penggunaan obat tersebut dan kegunaan ganja untuk pengobatan di dunia modern.

Hash, Marihuana and Hemp Museum (c) Flickr
Hash, Marihuana and Hemp Museum (c) Flickr

Museum ini juga berfokus pada pemanfaatan ganja untuk keperluan pertanian dan industri. Bahkan dalam toko pernak-pernik di museum ini dijual aksesoris pakaian dan produk kosmetik yang dibuat dari ganja. Bukan hanya spesimen ganja saja yang ada di sana. Di dalam museum ini juga memiliki taman ganja yang berisi tanaman ganja yang masih hidup dalam berbagai tahap pertumbuhan.

5. Tattoo Museum – Sejarah Tatto ada di Museum Ini

Dibuka pada blan November 2011, Tattoo Museum termasuk museum yang baru di kota Amsterdam, Belanda. Museum ini mencakup seluruh sejarah seni kulit dan memilikibenda-benda yang berhubungan dengan tatto dari seluruh dunia seperti jarum, foto-foto dan poster aneh. Koleksi lainnya yang terbilang aneh adalah pemeran daging termasuk daging manusia.

Tattoo Museum (c) Flickr
Tattoo Museum (c) Flickr

Museum ini memiliki lebih dari 40.000 benda koleksi yang mana pengumpulan benda-benda ini dipelopori oleh Henk Schiffmacher. Pameran dalam museum dibagi berdasarkan geografis, ada ruang Afrika, Amerika, Asia dan Oceania. Selain itu museum ini juga menunjukkan tradisi menato di berbagai belahan dunia.

6. KattenKabinet – Museum yang Didedikasikan Untuk Kucing

Di Kota Amsterdam memiliki museum yang khusus didedikasikan untuk binatang kucing, namanya The Kattenkabinet atau “Cat Cabinet”. Museumini didirikan pada tahun 1990 oleh konglomerat Belanda yang bernama William Meijer. Awalnya museum ini dibangun untuk mengenang kucingnya yang bernama Tom.

KattenKabinet (c) Flickr
KattenKabinet (c) Flickr

Koleksi yang dimiliki KattenKabinet ini berupa lukisan, gambar, patung dan karya seni lainya. Semua karya yang dipamerkan di dalam museum ini adalah hasil karya dari berbagai seniman seperti Pablo Picasso, Rembrandt, Henri de Toulouse-Lautrec, Corneille, Sal Meijer, Théophile Steinlen, dan Jože Ciuha. Selain karya seni di dalam museum juga ada lima kucing imut yang tinggal di dalamnya.

7. Dutch Funeral Museum – Museum Aneh Mengoleksi Alat-alat Pemakaman

Ada satu lagi museum yang aneh dibangun di kota Amsterdam. Museum yang satu ini mengoleksi berbagai budaya pemakaman di Belanda, bagaimana menghormati jasad manusia yang sudah mati hingga budaya pemakaman di kawasan multikultural seperti saat ini.

Dutch Funeral Museum (c) Flickr
Dutch Funeral Museum (c) Flickr

Nama museum tersebut adalah Dutch Funeral Museum yang mana di dalam museum ini banyak sekali terdapat koleksi kereta upacara pemakaman yang digunakan pada abad ke-19. Pameran lain yang ada di sana adalah mobil jenazah, pakaian orang meninggal hingga berita kematian. Mereka yang berkunjung juga bisa melihat prosesi pemakaman yang dilakukan pada zaman kerajaan yang ternyata tidak pernah berubah selama berabad-abad.

Banyak museum yang tersebar di seluruh dunia namun tidak ada kota di dunia ini yang memiliki museum selengkap kota Amsterdam, Belanda. Nah traveler apakah Anda tertarik untuk mengunjungi salah satu museum paling aneh di Amsterdam ini?

Baca Juga: 5 Artis Ini Jadi Anggota DPR dan Tidak Paham Pekerjaannya Sendiri