in

7 Museum Paling Aneh di Amsterdam, Belanda

Tattoo Museum (c) Flickr

Amsterdam terkenal sebagai kota museum. Hal ini dibuktikan dengan adanya lebih dari 400 museum dan galeri seni yang tersebar di dalam kota tersebut. Jumlah ini membuatnya menjadi kota yang memiliki museum paling banyak di dunia. Tidak ada kota di dunia yang memiliki museum sebanyak Amsterdam.

Baca Juga: 4 Kejahatan yang Sering Terjadi di Bandara, Waspadalah!

Umumnya di kota lain museum menyimpan barang-barang tertentu yang memiliki nilai sejarah. Namun Amsterdam memiliki banyak sekali jenis museum mulai dari museum kopi, kacamata, piano, berlian, keju, bir, tas serta masih banyak lagi yang lainnya. Berikut ini museum-museum yang memiliki koleksi paling aneh di Amsterdam.

1. Museum Vrolik – Hii, Museum ini Mengoleksi Jasad Manusia Cacat

Museum Vrolik merupakan rumah bagi koleksi spesimen patologis, embrio, tengkorak dan tulang aneh serta kelainan anatomi lainnya. Spesimen-spesimen tersebut dikumpulkan oleh Gerardus Vrolik (1755-1859) yang tidak lain adalah seorang ilmuwan Belanda yang paling tersohor di masanya. Vrolik merupakan pelopor dalam bidang teratologi atau studi terhadap masalah cacat.

Museum Vrolik (c) Flickr
Museum Vrolik (c) Flickr

Setelah kematiannya, koleksi-koleksi ini dibeli oleh sekelompok warga negara Belanda dan ditawarkan pada pemerintah kota Amsterdam untuk ditempatkan di suatu lembaga yang bernama Athenaeum Illustre, sebuah lembaga ini yang kemudian menjadi University of Amsterdam.

Selanjutnya: Torture Museum – Berisi Koleksi Alat Penyiksaan Manusia

Written by Alfry

Leave a Reply

5 Jalan di Indonesia yang Indah Untuk Tujuan Wisata

Air Terjun Negeri dongeng (c) palingseru

Rumania, Indahnya Bak Negeri Dongeng