in

6 Aktivitas Anti Mainstream Saat Mudik Menggunakan Angkutan Umum

Mudik pakai kereta api_FI

Mudik adalah momen yang sangat menyenangkan dan memorable. Sekalipun harus menggunakan kendaraan umum. Eits, meskipun kesannya jauh dari kata nyaman, tapi mudik dengan bis atau kereta rasanya jauh lebih menyenangkan lho dibandingkan dengan ketika kamu menaiki kendaraan pribadi. Setiap tahunnya kamu akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Entah bersebelahan dengan mbak-mbak cantik atau mas-mas cakep, sampai berbagai pemandangan epic yang hanya bisa kamu dapatkan dengan menaiki kendaraan umum.

Di tengah arus mudik yang tengah padat seperti sekarang ini, waktu tempuh kendaraan umum biasanya akan lebih lama dari biasanya. Tidak usah sewot atau badmood, karena waktu yang lama ini bisa kamu manfaatkan untuk melakukan hal-hal unik yang bikin perjalanan malah jauh dari kata membosankan.

Penasaran? Berikut adalah berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan saat mudik menggunakan kendaraan umum.

1. Saatnya Marathon Buku

Percayalah kalau momen seperti ini justru saat terbaik untuk membaca buku. Apalagi kalau perjalanan mudikmu cukup jauh bahkan memakan waktu hingga seharian penuh. Bawa buku favoritmu ketika mudik, mungkin cerpen lucu atau novel berseri seperti Harry Potter dkk.

Mudik pakai angkutan umum? Saatnya memberdayakan buku nih [Image Source]
Mudik pakai angkutan umum? Saatnya memberdayakan buku nih [Image Source]
Namun membaca buku terus pasti bosan, hal tersebut bisa kamu siasati dengan berbagai jenis buku. Entah misteri, drama atau komedi. Mix and match buku seperti ini bisa membuatmu tidak bosan dan tahu-tahu sudah mendekati terminal terdekat. Silahkan buktikan sendiri.

2. Bawa Catatan

Bosan membaca buku, kini saatnya memanfaatkan buku dan pena. Entah untuk menggambar, menulis atau bahkan meminta nomor WhatsApp gadis manis di sebelahmu. Menulis atau menggambar bisa jadi killing time yang keren lho. Kamu yang seorang penulis pasti bakal mendapatkan banyak ide.

Inspirasi bisa datang kapan pun, jangan lupa bawa buku [Image Source]
Inspirasi bisa datang kapan pun, jangan lupa bawa buku [Image Source]
Buat yang suka gambar, tentunya ini juga jadi momen yang bagus untuk bikin masterpiece di momen langka seperti itu.

3. Pikirkan Jawaban untuk Pertanyaan, “Kapan Nikah?”

Momen lebaran seperti ini pasti tentu banyak pertanyaan kepo yang ditujukan padamu. Salah satunya yang pasti akan muncul adalah, “Kapan nikah?”. Bagi yang sudah mendapatkan tambatan hati sih tidak masalah tinggal jawab saja dengan “sebentar lagi” atau “tahun depan”. Nah, untuk yang masih jomblo ini jadi pertanyaan yang menyakitkan sekaligus membingungkan.

Manfaatkan waktu untuk mencari jawaban atas pertanyaan sulit ini [Image Source]
Manfaatkan waktu untuk mencari jawaban atas pertanyaan sulit ini [Image Source]
Nah, tidak ada salahnya momen mudik seperti ini dijadikan waktu berpikir tentang jawaban apa yang paling pas untuk pertanyaan yang menyindir sekali itu. Meskipun kamu akan langsung mendapatkan jawabannya dalam beberapa menit, memikirkan hal-hal seperti ini juga jadi killing time yang bagus.

4. Sambil Mengerjakan Skripsi

Mungkin ada di antara kamu yang saat ini tengah bergelut dengan skripsi dan terpaksa break gara-gara mudik dan lebaran. Kalau momen hari raya sih mungkin bisa kamu tinggalkan skripsi sejenak, tapi kalau mudik? Sepertinya tidak ada salahnya kalau kamu memanfaatkan momen ini untuk mengejar bab dua sampai bab empat yang super penting itu.

Sambil mengerjakan skripsi juga bisa lho [Image Source]
Sambil mengerjakan skripsi juga bisa lho [Image Source]
Ada sebuah penelitian yang bisa dihubungkan dengan hal ini. Seseorang katanya akan mampu berkonsentrasi dan bekerja lebih baik ketika berada di keriuhan kantin atau coffee shop. Memang ini adalah bus atau kereta, tapi imajinasikan saja tempat tersebut sama seperti kantin atau coffee shop. Dijamin mengerjakan skripsi bisa jauh lebih oke dari pada di kampus atau kosan. Malah jangan-jangan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari-cari selama ini.

5. Abadikan Momen ini Lewat Foto

Pantai, mall atau kafe adalah spot mainstream yang pasti ada dalam koleksi album foto setiap orang. Sangat jarang yang punya memorable photos seperti di angkutan umum seperti ini. Jadi tidak ada salahnya untukmu mengabadikan momen mudik seperti ini.

Momen seperti ini tidak terjadi setiap hari, maka abadikan [Image Source]
Momen seperti ini tidak terjadi setiap hari, maka abadikan [Image Source]
Ada berbagai obyek yang bisa kamu tangkap di sini. Mulai dari ibu-ibu yang tertidur di sebelah sana, pengamen dan pedagang asongan, hingga masinis atau kondektur yang tengah sibuk bekerja. Buat kamu para blogger juga bisa jadi bahan tulisan yang bagus nih dengan bukti gambar-gambar yang related dan keren.

6. Waktunya untuk Bikin Pertunjukkan

Semua orang pasti bosan ketika harus duduk manis selama beberapa jam di kendaraan umum saat mudik. Kamu juga merasa seperti itu? Kenapa tidak bikin hiburan sendiri? Tidak hanya bisa membuat rasa bosan menghilang, tapi penumpang yang lain juga sama terhiburnya.

Menghibur orang lain untuk menghibur diri sendiri [Image Source]
Menghibur orang lain untuk menghibur diri sendiri [Image Source]
Jika kamu sengaja membawa gitar bisa dengan memainkan beberapa lagu. Kapanlagi sih kamu bisa bikin gigs dadakan seperti itu? Jika belum mahir bermusik tapi jago sulap bisa juga dengan memamerkan sedikit keahlianmu ala street magic. Nah, paling seru adalah ketika kamu jago stand up comedy. Yup, kamu bisa menghibur para penumpang dengan bit atau punchline lucu. Bukan tidak mungkin aksimu ini akan memancing para penumpang lain untuk ikutan show off. Jika bisa seperti itu, maka ini adalah perjalanan mudik paling berkesan seumur hidup.

Kata siapa sih mudik itu bikin bosan? Ketika kamu bisa memanfaatkan momen tersebut dengan asyik, perjalanan panjang dan melelahkan itu pun akan jadi memorable. Selamat mudik, selamat sampai tujuan dan nikmati momen lebaran ini dengan penuh kemenangan.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Mengeksplorasi Bentuk Wajah Untuk Make Up Lebaran

Jaga Kondisi Bibir Agar Lipstik Merekat Erat Saat Lebaran