in

Siap-Siap, Tak Lama Lagi Jalanan Kita Akan Dipenuhi Oleh Motor Roda Tiga Canggih

Satu bulan yang lalu, kamu masih ingat tidak soal beredarnya kabar heboh yang diembuskan oleh salah seorang netizen mengenai kemunculan motor roda tiga di negara kita? Banyak yang memprediksi bahwa kabar tersebut hanyalah angin sensasi. Akan tetapi, rumor tersebut kini terbukti kebenarannya.

Adalah Metro Motor, sebuah diler di kota Pekanbaru, Riau yang secara resmi mendistribusikan kendaraan roda tiga ini. Bukan bajaj apalagi bemo, supaya terdengar lebih futuristik, kendaraan ini diberi nama City Car. City Car yang mereka pasarkan mereknya adalah Hods.

Motor roda tiga canggih [Image Source]
Kepada salah satu media, Idris selaku distributor tersebut, mengatakan bahwa produk ini bukan berasal dari Cina seperti yang banyak digembar-gemborkan, namun dari Jepang. Unit yang mereka dapatkan juga merupakan produksi utuh langsung dari negeri sakura tersebut alias tidak dirakit dalam negeri.

Mereka juga mengaku bahwa nyaris semua City Car yang memang baru sedikit mereka pajang telah laku terjual. Sedangkan sekarang mereka tengah gencar mempromosikan kendaraan jenis baru ini, tak hanya di Pekanbaru, namun seluruh provinsi Riau. Bagi yang ingin memiliki City Car, ujar Idris menambahkan, bisa memesannya secara indent dengan datang langsung ke diler mereka di bilangan Sudirman no. 25 Pekanbaru.

Keunggulan City Car, motor roda tiga rasa roda empat

Saat ini unit yang akan dipasarkan oleh mereka dibanderol sangat murah. Hanya Rp11 juta rupiah. Kenapa sangat murah? Sebab dengan harga segitu, kamu sudah bisa mencicipi sepeda motor dengan fasilitas kendaraan roda empat.

Motor Roda Tiga
Gimana, lengkap kan fasilitasnya? [Image Source].
Kendaraan ini memungkinkan kamu untuk membelah lintasan tanpa harus tersiksa diterpa terik sinar matahari atau basah kuyup akibat hujan deras. Banyak juga fasilitas lain yang ga bakalan kamu temukan di sepeda motor kamu. Ada AC, Televisi portabel, colokan USB untuk mengisi daya gadget, hingga tambahan dua kursi penumpang di belakang.

Untuk harga Rp11 juta, kamu akan mendapatkan City Car berkapasitas mesin 150cc. Ada juga kapasitas yang lebih besar. 250 cc, namun harganya jelas berbeda, Rp18 juta. Selain perbedaan besaran mesin, fasilitas keduanya sama saja.

Penampakkan motor roda tiga di tempat lain

Tak hanya Pekanbaru yang ramai membicarakan kendaraan ini. Kota Solo juga tengah diserang demam motor roda tiga. Dari sebuah postingan yang diunggah oleh akun bernama Bang Bhiant, diperlihatkan penampakan motor tersebut. Anehnya, motor ini sangat berbeda dengan City Car yang kita bahas di atas. Bodinya lebih ramping. Warnanya juga terkesan agak kaku.

Motor Roda Tiga
Tiger, yang tengah dikendarai oleh seorang penumpang. [Image Source].
Dari hasil penelusuran singkat, dikethui bahwa motor roda tiga merek Tiger. Berbeda dengan City Car di atas, motor ini ditenagai listrik. Garis besar spesifikasinya bahkan sudah bocor di dunia maya.

Tenaga utamanya menggunakan dinamo sebesar 1000 watt. Sekali cas, motor ini bisa menempuh jarak kurang lebih 50 km. Daya angkut yang direkomendasikan tak lebih dari 125 kg. Karena ini merupakan kendaraan listrik, kecepatan maksimalnya hanya 40 km/j.

Motor Roda Tiga
Motor listrik roda tiga, Tiger. [Image Source].
Motor ini kabarnya sudah dipasarkan sejak dulu oleh sebuah toko bernama Sekar Mulia yang berkantor di Surabaya. Dikatakan bahwa di sana mereka juga telah menyediakan beragam aki dan suku cadang lengkap untuk motor ini. Harganya di luar nalar, sekitar Rp30 juta rupiah. Namun, soal harga, belum ada yang berani memastikan.

Jika ditilik dari penampilan, harga, serta fasilitas yang ditawarkan, tampaknya City Car akan lebih banyak diboyong orang. Biar begitu, sebaiknya kita tahan dulu untuk mengambil kesimpulan, sebelum kedua motor dari pabrikan berbeda ini sudah banyak melenggang di jalan raya.

Nah, kalau sudah begini, sepertinya akan ada moda transportasi baru yang ditawarkan oleh perusahaan online seperti Go-Jek atau Grab. Dan jika hal ini terjadi, penumpang jelas akan sangat diuntungkan. Sebab, mereka dapat membayar jasa kendaraan dengan tarif motor namun mendapat fasilitas layaknya sebuah mobil.

Leave a Reply

Ini Cara Mendeteksi Warung Makan dengan Harga di Bawah Rp 10 Ribu

Inilah 4 Pelajaran Hidup yang Bisa Diambil dari Sinetron Dunia Terbalik