in

7 Motor Honda Paling Legendaris dan Ikonik Sepanjang Masa

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Super Cub. [Image Source].

Sebagai satu dari sedikit pabrikan kendaraan roda dua yang paling lama menemani pecinta motor Indonesia, Honda jelas sudah masuk ke dalam daftar legenda. Bukan hanya sepeda motor, Honda juga rajin menelurkan kendaraan roda empat dengan kualitas jempolan. Untuk sepeda motornya sendiri, sudah banyak jenis motor yang mereka rancang, mulai dari motor bebek, skutik, hingga motor sport.

Honda diinisiasi pertama kali pada penghujung tahun 1940an oleh Soichiro Honda. Soichiro begitu berhasrat dan cinta pada segala hal yang berhubungan dengan teknik mesin. Saat ini, dengan slogan satu hati-nya, kiprah Honda semakin sulit dibendung. Bersama Yamaha, Honda silih berganti menempati posisi puncak di semua kategori sepeda motor yang ada.

Mari kita tengok 7 motor Honda paling ikonik yang pernah mereka produksi dan pernah sangat digdaya pada masanya.

7. Honda Rune (2004)

Setiap manufaktur tentunya harus berani mengerjakan proyek paling gila dan paling dianggap mustahil. Dan Rune adalah jawaban Honda. Motor besar dan pastinya sangat bertenaga. Motor ini hampir sepenuhnya berlapis baja dan kromium.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Rune. [Image Source].
Hasilnya memuaskan, motor bongsor ini terjual tiga kali lipat dari target penjualan mereka. Motor ini menjadi motor penjelajah yang terwujud dari ambisi terliar Honda. Motor berkapasitas mesin 1800cc ini memang ditujukan untuk pasar Amerika Utara.

6. Africa Twin (1988)

Seperti yang sudah kamu duga, motor ini dirancang khusus untuk menaklukkan medan buas di ajang reli Dakar. Africa Twin adalah motor gahar yang dapat diandalkan untuk menerjang gurun pasir, melibas jalan berlumpur, serta medan berat lainnya.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Twin Africa. [Image Source].

Motor ini sudah mengalami dua kali pembaruan yakni XRV750T pada tahun 2003 dan CRF1000L pada tahun 2016 kemarin. Bahkan, generasi kedua motor ini pernah berjaya dengan menjuarai kejuaraan reli Dakar sebanyak empat kali.

5. Honda Hurricane (1987)

Honda Hurricane adalah upaya Honda untuk mempertegas dominasi mereka di kelas superbike. Turun di kelas sport-touring, Honda Hurricance membawa kapasitas mesin yang cukup besar untuk saat itu, 650cc. Motor ini dapat dipacu hingga kecepatan maksimum 248 km/jam.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Hurricane. [Image Source].
Motor ini resmi dihentikan produksinya di Amerika pada tahun 1996 dan secara global pada tahun 1999 untuk kemudian digantikan oleh suksesornya, CBR1100XX. Motor ini memprakarsai lahirnya desain motor sport yang banyak menginspirasi CBR serta brand lainnya.

4. CB750 (1969)

Banyak orang beranggapan bahwa CB750 ini merupakan pelopor motor Superbike modern di dunia. Motor yang sekaligus menjadi pengusung mesin berkubikasi 750cc 4-silinder ini adalah obsesi Honda menembus pasar Amerika Serikat yang memang lebih menggandrungi motor gede.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda CB750. [Image Source].
Hasilnya? Tercatat motor ini telah terjual hingga 550 ribu unit selama masa produksinya. Berkat motor ini pula sayap Honda semakin lebar di tanah Amerika dan negara barat lainnya. Rem cakram dan starter elektrik juga menjadi fitur revolusioner motor ini yang hingga sekarang lazim digunakan.

3. Gold Wing (1974)

Motor ini sepintas terlihat seperti motor patroli. Honda ingin mendesain motor touring yang tak hanya bertenaga namun juga nyaman dikendarai. Desain motor yang begitu unik membedakan motor ini dengan motor lainnya.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Gold Wing. [Image Source].
Sudah dapat ditebak, motor ini memang dirancang untuk menyasar pasar Amerika Utara dan Eropa. Jantung performanya berkapasitas 1800cc dan sudah mengusung teknologi pengoptimalan bahan bakar, PGM-FI seperti yang biasa kamu temui pada motor Honda akhir-akhir ini.

2. Honda Superhawk (1961)

Honda Superhawk punya nama lain Honda CB77. Motor ini menjadi cikal bakal motor sport Honda saat itu. Motor klasik ini mengusung mesin berkapasitas 305cc bermesin ganda. Kapasitas mesin tersebut tergolong besar bila dikomparasikan dengan motor Honda lain yang beredar kala itu. Superhawk bisa digeber hingga kecepatan maksimum 160 km/jam.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Superhawk. [Image Source].
Motor ini banyak diminati berkat kecepatannya, kelincahannya, bobotnya yang ringan, dan durabilitas atau ketahannya yang sangat bisa diandalkan. Satu dari banyak motor Honda yang menjadi standar sepeda motor modern saat itu.

1. Honda Super Cub (1958)

Ada alasan khusus kenapa motor yang tak punya tampang semenawan saudaranya yang lain ini ada di posisi pertama daftar sepeda motor Honda paling ikonik. Super Cub memang bukan motor paling lincah pun tercepat, namun motor ini menjadi produk Honda dengan angka penjualan terbesar dalam sejarah mereka. Hingga tahun 2014 saja, motor ini telah mencatatkan penjualan lebih dari 87 juta unit. Angka yang akan sangat sulit dilampaui oleh motor generasi kapanpun.

Motor Honda Paling Ikonik
Honda Super Cub. [Image Source].
Menyadari besarnya minat para konsumen terhadap Super Cub, maka Honda pun telah beberapa kali memperbarui model ini, antara lain C100, C50, C70, C90, C100EX dan C70 Passport. Motor ini juga telah diedarkan di 15 negara.

Itulah 7 motor honda paling ikonik dan legendaris yang pernah diciptakan. Meskipun jadul di masa sekarang, namun kontribusi produk-produk ini luar biasa di zamannya. Entah pionir dari teknologi-teknologi motor masa depan, sampai produk yang terjual dengan angka super fantastis. Honda memang harus diakui luar biasa.

Leave a Reply

Rusmina, Wanita Pejuang Kemerdekaan yang Semangatnya Berkobar Pasca Minum Darah Rekan Seperjuangan

Fakta Mandi Darah Segar yang Dipercaya Bisa Bikin Cantik dan Awet Muda