Bukan lagi rahasia kalau semakin lawas sebuah barang kemungkinan harga jualnya bakal melambung tinggi. Apalagi kalau barang tersebut dalam kondisi terawat, wah bakal berkali-kali lipat lagi harganya. Namanya kolektor,  kalau sudah tergaet dengan sebuah barang berapa pun harganya bakal dijabani.

Seperti yang terjadi akhir-akhir ini, sebuah motor jadul dijual seharga mobil. Padahal harganya dulu tidak sampai lima juta rupiah. Alhasil netizen pun dibuat bertanya-tanya benarkah motor butut dihargai setinggi itu? Jika kamu juga penasaran, simak ulasan berikut ini.

Sepeda motor lawas yang laku keras dengan harga fantastis

Motor jenis Astrea, mungkin sudah usai proses produksinya, sehingga sulit sekali ditemui lagi di jalan raya. Seandainya ketemu pun, palingan keadaan sepedanya sudah tidak karuan, atau hanya digunakan ngangkut rumput dari sawah. Namun beberapa waktu ada kabar yang menghebohkan dari sepeda yang satu ini, pasalnya motor jadul bisa laku sampai harga 80 juta rupiah.

Zubastian dan motornya [sumber gambar]
Padahal pemiliknya sendiri, Zubastian hanya menawarkan harga Rp 75 juta, namun nyatanya sang pembeli berani membeli sampai 80 juta kontan lagi. Bahkan saking senengnya, sepeda Astrea yang akan dijual itu sampai-sampai diberi plastik seolah sepeda baru.

Meski laku 80 juta, ternyata dulunya hanya sepeda rongsokan

Meskipun mungkin sekarang sepeda Astrea tahun 1991 ini laku 80 juta, siapa sangka dulunya nasibnya juga lumayan miris. Bayangkan saja, motor bekas tersebut sebelumnya dibeli dari salah satu warga Tangerang dengan harga hanya 3,4 juta rupiah. Namun kemudian dimodifikasi dengan sedemikian rupa dengan onderdil asli hingga seperti sekarang ini.

Astrea mahal [sumber gambar]
Hampir semua bagian sudah mengalami “Make Over” hanya sasis belakangnya saja yang asli alias dicat ulang. Uniknya, kebanyakan onderdil yang dipakai adalah asli merek pabrik pembuat. Jadi bukan hal yang aneh kalau saat ini Astrea 80 juta itu mirip seperti motor baru.

Usaha keras dalam menghidupkan kembali Astrea 1991 berbuah manis

Seperti yang diketahui, untuk membuat Astra miliknya jadi “hidup kambali” tentunya butuh usaha keras. Mengingat zaman sekarang ini sangat jarang toko yang masih menjual onderdil kendaraan jadul itu. Oleh sebab itu Zubastian rela mencari-cari spare-part dengan berbagai cara, mulai dari online shop hingga masuk di beberapa komunitas.

Perjunangan keras mencari onderdil [sumber gambar]
Bahkan sampai ada spare-part yang harus dibeli dari seseorang dari Malaysia. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh kalau sepeda jadul ini dijual mahal, biaya reparasi saja bisa mencapai 30 juta rupiah. Tapi kalau sampai ada yang membeli 80 juta, Zubastian sendiri tidak mengira.

Meski sedang viral di dunia maya, banyak netizen masih percaya, tidak percaya

Sejatinya berita mengenai sepeda Astrea yang terjual 80 juta ini berawal atas postingan dari akun media sosial Zubastian. Sejak saat itulah banyak orang yang menanyakan kebenaran berita tersebut. Bahkan orang-orang dari beberapa media pun datang untuk melihatnya.

Banyak yang bertanya-tanya [sumber gambar]
Banyak yang percaya dengan hal itu, pasalnya jika melihat perjuangannya si pemilik dalam menghidupkan kembali Astrea 1991 itu memang butuh biaya yang sangat mahal. Sebaliknya juga ada mereka yang tidak percaya lantaran belum melihat langsung dengan si pembeli. Tentu lebih condong yang mana adalah pilihan masing-masing, namun kita tunggu saja info lengkapnya.

Wah kalau benar Astrea 1991 bisa laku sampai 80 juta, tentu bakal banyak orang yang siap menjual sepeda kesayangan mereka. Namun tentu, kondisi juga harus diperhatikan kalau mau menjualnya. Seperti milik Zubastian ini yang harus merogoh kocek mahal demi menghidupkannya.