Bulan suci ramadan yang akhirnya datang lagi membuat para umat islam di seluruh dunia mulai berbondong-bondong melakukan ibadah demi meraih berkah. Meski kita berupaya beramal saleh di tengah cobaan berupa virus corona, tetap harus bersemangat.

Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk berbahagia karena di bulan ini Allah memberikan kesempatan untuk melipatgandakan timbangan amal dan juga mudah mengabulkan doa-doa kita. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk banyak-banyak berdoa. Khususnya di tiga waktu berikut.

Waktu sahur

Sebagian orang menganggap sahur adalah aktivitas paling berat untuk dilakukan. Harus bangun di waktu yang masih dini dan santap sahur. Apalagi mata yang masih ngantuk bikin kurang berselera makan. Tapi, percayalah semakin berat amalan akan makin besar pula ganjaran. Di waktu sahur pula Allah menjadikan waktu jadi mustajab, dalam artian di sepertiga malam terakhir, Allah akan mengabulkan semua doa-doa kita.

Ngantuk saat sahur [sumber gambar]
Seperti yang sudah disabdakan oleh Rasulullah SAW, “Rabb kita Tabaraka wa Taala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, “Siapa saja yang berdoa kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Sepanjang berpuasa

Sudah tahukah kamu betapa spesialnya orang yang berpuasa? Karena orang yang menjalankan ibadah tersebut sangat mudah dikabulkan doanya selama tak batal puasanya. Tapi sayang, sadar atau tidak momen berpuasa ini kerap kali terlewatkan begitu saja. Semisal kita berpuasa namun hanya tidur seharian, atau nonton drama Korea dan aktivitas yang dianggap mengalihkan perhatian kita dari rasa lapar.

Ilustrasi goleran seharian [sumber gambar]
Padahal, Rasulullah pernah berkata, “Ada tiga golongan yang tidak ditolak doanya,  orang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang dizalimi.” (Riwayat Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah). Tentu sangat disayangkan jika kita sedang berpuasa namun melewatkan kesempatan untuk meminta semua yang kita inginkan. Mulai sekarang, mari mulai banyak berdoa selama berpuasa.

Waktu berbuka puasa

Saat terbenamnya matahari, kebanyakan orang-orang hanya fokus makan dan minum. Wajar saja, karena setelah seharian penuh kita menahan lapar dan dahaga. Padahal, saat berbuka adalah waktu di mana tidak akan ditolak doa seseorang.

momen buka puasa [sumber gambar]
Hal itu dikuatkan dengan riwayat Abdullah bin Amr bin Ash, bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya orang yang berpuasa memiliki doa yang tidak akan ditolak ketika berbuka.” [HR. Ibnu Majah). Oleh karena itu, sebelum mulai menyantap hidangan berbuka, lebih baik kita panjatkan dulu segala doa-doa kita. Karena sebelum berbuka, kita masih dalam keadaan berpuasa, dan berada di momen mustajab.

BACA JUGA: 5 Cara Enteng Dapatkan Lailatul Qadar yang Pahalanya Tak Karuan

Setelah memahami betapa istimewanya bulan puasa, bukankah sangat disayangkan jika kita melewati momen ramadan hanya dengan goleran seharian? Tiap detiknya bagaikan waktu emas. Semoga dengan ini kita bisa lebih baik dalam memanfaatkan waktu saat berpuasa.