5 Hal Inilah yang Akan Terjadi Seumpama Mobil Terbang Eksis di Indonesia

Pernah membayangkan bagaimana jadinya jika mobil terbang benar-benar digunakan secara komersil di Indonesia? Inilah yang akan terjadi.

oleh Faisal Bosnia Ahmad
09:00 AM on May 10, 2017

Mobil terbang adalah salah satu moda transportasi paling diimpikan oleh umat manusia. Beruntung bagi kita yang hidup di zaman sekarang, karena hingga kini sudah banyak perusahaan besar maupun rintisan yang berlomba-lomba menyempurnakan teknologi canggih ini. Seperti Liberty, mobil hibrida (bisa mengaspal dan mengudara) buatan Pal-V yang dijual hingga 425 ribu poundsterling atau sekitar Rp7 miliar dan kabarnya sudah siap digunakan di penghujung akhir tahun 2018.

Namun, kali ini kami tak akan membahas lebih jauh mengenai mobil terbang dari perusahaan asal Belanda tersebut maupun perusahaan mobil terbang lainnya. Dalam artikel ini kami akan ajak kamu untuk berandai-andai, apa jadinya jika mobil terbang berlalu lalang di langit nusantara? Dengan asumsi semua regulasi dan infrastruktur telah dipenuhi, berikut 5 hal yang akan terjadi.

Baca Juga
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model

1. Macet? Mitos macam apa itu?

Hal pertama dan yang paling mungkin terjadi seandainya mobil terbang benar-benar eksis dan digunakan secara komersil adalah musnahnya kemacetan. Kian hari jumlah kendaraan kian tak terbendung. Sedangkan panjang jalan hanya bertambah sedikit demi sedikit dan cenderung stagnan dari tahun ke tahun.

Macet bukan lagi hambatan buat ke kantor atau ke tempat lainnya. [Image Source].
Lain halnya dengan di udara. Ada banyak ruang yang bisa digunakan untuk terbang. Belum lagi mengingat mobil terbang adalah moda transportasi yang jauh lebih kecil ketimbang pesawat. Sehingga, kemacetan tak lagi menjadi momok yang menakutkan, khususnya bagi warga di kota-kota besar.

2. Waktu pengiriman paket dalam kota terpangkas ringkas

Mengirim paket atau barang dalam kota bisa jadi hal yang cukup menjengkelkan ketika waktu sampainya bisa memakan waktu hingga lebih dari satu hari. Padahal, kita hanya mengirimkan paket/barang tersebut kepada seseorang yang tinggal di wilayah yang sama.

Saat ini sudah ada paket yang dikirim lewat Drone, mungkin nanti akan menggunakan mobil terbang. [Image Source].
Dengan adanya mobil terbang, sudah pasti kurir akan semakin dipermudah dalam mengantar paket yang kita kirimkan. Mereka bisa menuju ke tempat tujuan dalam waktu singkat tanpa terbentur lagi kemacetan. Jangankan dalam hitungan jam, dalam hitungan menit pun barangkali paket kita sudah berpindah tangan.

Hal yang sama berlaku pula untuk layanan pesan antar makanan. Jika gerai restoran sudah banyak yang menggunakan mobil terbang untuk mengantar makanan, niscaya para tak akan ada lagi pelanggan yang mengeluh lantaran makanan yang mereka pesan lama sekali sampainya.

3. Layanan transportasi baru, taksi udara

Teknologi ini jelas bakal dijajaki semaksimal mungkin oleh para operator ride-sharing maupun taksi konvensional. Dengan semakin lazimnya mobil terbang, mereka akan memunculkan layanan antar maupun berbagi penumpang dengan konsep taksi udara.

Uber kabarnya bahkan sudah berancang-ancang menggunakan mobil terbang pada 2020. [Image Source].
Jika benar demikian, para penumpang jelas yang akan diuntungkan. Mereka kini punya lebih banyak opsi untuk berkendara ke tempat tujuan. Alih-alih kehujanan dan kepanasan karena naik ojek online atau terperangkap macet hebat ketika menggunakan taksi online, kini mereka bisa bebas dari semua stres tersebut berkat adanya taksi online. Itupun jika para pelanggan sudah siap dengan biaya yang pastinya akan sangat membengkak.

4. Sekolah “pilot” mobil terbang bermunculan

Mengendarai mobil terbang mungkin tak akan semudah mengendarai mobil di darat. Ada keahlian khusus yang perlu dikuasai guna dapat berkendara di udara secara andal. Akan ada pula sertifikasi atau ijin terkait yang harus kita miliki sebelum kita resmi berlalu lalang di udara dengan mobil keren ini.

Ilustrasi mobil terbang. [Image Source].
Berbeda dengan keahlian dalam mengendarai mobil biasa yang bisa dilakukan secara otodidak, menguasai mobil terbang tentunya memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, akan banyak bermunculan tempat les atau kursus bagi para calon “pilot” mobil terbang ini.

5. Akan banyak terjadi kecelakaan udara

Tak hanya dampak positif, teknologi mobil terbang juga bisa membawa akibat yang sangat buruk jika tak digunakan secara bijak. Salah satu hal negatif yang akan sangat ramai berkaitan dengan mobil terbang adalah soal kecelakaan.

Ilustrasi mobil terbang. [Image Source].
Angka kecelakaan di Indonesia tak pernah menunjukkan tanda-tanda surut. Mulai dari kecelakaan sepeda motor, mobil pribadi, hingga angkutan umum seperti bus sudah sering menghiasi surat kabar di Indonesia.

Hal ini akan semakin diperparah jika moda tranportasi ini resmi mengudara di Indonesia. Seperti yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya, menguasai teknologi ini tak semudah mengendarai kendaraan awam. Jika ceroboh, bukan hanya sesama pengendara mobil terbang yang akan celaka, namun juga para penduduk di bawah juga akan ikut kena getahnya.

Itulah beberapa skenario yang akan terjadi seandainya mobil terbang benar-benar sudah lazim digunakan di Indonesia. Namun, kita jangan terlalu optimis dulu. Mobil terbang belum tentu akan diizinkan bebas berkeliaran oleh pemerintah selama belum ada aturan atau mekanisme yang tepat untuk mewadahinya.

Ada deretan masalah yang ikut hadir bersama teknologi yang diimpikan manusia ini. Seperti bagaimana atau di mana mobil terbang akan lepas landas maupun mendarat, bagaimana cara mengisi bahan bakar kendaraan ini jika mogok di udara, serta masalah harga kendaraan yang setara mobil mewah dan jelas tak semua orang sanggup membelinya.

Biar bagaimanapun, mobil terbang bukanlah omong kosong belaka yang muncul dari imajinasi para pembuat film-film fiksi ilmiah. Teknologi ini nyata adanya dan kemungkinan besar, tak lama lagi semua orang akan benar-benar menikmatinya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA