Kebanyakan orang Indonesia bangga jika bisa meniru gaya hidup yang agak kebarat-baratan dalam berbagai hal. Namun, orang barat justru terkadang bangga dengan kebudayaan yang kita punya. Contoh kecilnya saja, mereka ingin sekali mendapat kulit sawo matang seperti perempuan Indonesia, katanya sih eksotis.

Selain itu, walau Indonesia masih belum bisa menyusul teknologi canggih otomotif seperti kebanyakan negara maju, setidaknya ada beberapa hal terkait otomotif yang terinspirasi dari tanah air, seperti brand pada mobil mahal. Sejak beberapa tahun lalu, sejumlah pabrikan mobil terkenal dunia menggunakan nama pulau sampai hewan Indonesia untuk dijadikan sebagai merk produksi mereka. Seperti apa ya kira-kira? Simak uraian di bawah ini!

Jeep mountain Jaya Wijaya

Jeep mountain Jaya Wijaya [Sumber gambar]
Jaya Wijaya adalah gunung tertinggi Indonesia yang terletak di Papua. Nama ini ternyata dipakai oleh salah satu pabrik mobil asal Amerika Serikat ini menggunakan nama Jeep Wrangler Mountain. Mobil sport ini terinspirasi dari petualangan gunung tersebut, terbukti dengan gambar siluet Gunung Jaya Wijaya lengkap dengan koordinat garis lintang dan garis bujur dari pegunungan puncak Jaya Wijaya. Berdasarkan penuturan Rieva Muchsin, Chief Marketing Officer, makna tersebut juga berarti sebagai penghormatan untuk Indonesia.

Jeep Wrangler Bromo

Jeep Wrangler Bromo [Sumber gambar]
Jeep memang mobil off-road yang dipakai untuk menaklukkan berbagai medan, baik aspal mulus atau bebatuan. Selain Jaya Wijaya, Bromo juga menjadi inspirasi bagi salah satu pabrik mobil Amerika Serikat yang menamai jeep-nya dengan Wrangler Bromo Adventure yang diluncurkan pertama kali pada Desember 2011. Selain itu, sebuah pabrik yang berada di Jerman pembuat sedan mewah juga mendesain salah satu BMW 760Li Individual dengan karakterikstik Bromo. Ternyata, sang desain memang putra bangsa Didit Hadiprasetyo, varian mobil ini hanya dibuat sebanyak 5 unit saja.

Porsche Macan

Porsche Macan [Sumber gambar]
Diperkenalkan pada 2012, nama Macan diambil dari nama hewan di Indonesia. Porsche macan ini adalah produksi salah satu pabrikan mobil mewah asal Jerman. Kendaraan mewah ini berjenis compact luxury Sport Utility Vehicle (SUV). Untuk di Indonesia sendiri ada tiga jenis Sahabat Boombastis, Porsche Macan, Porsche Macan S, Porsche Macan Turbo. Inspirasinya macan karena hewan tersebut dianggap sebagai penyerang yang agresif, lincah, serta sangar.

Lamborghini Madura

Lamborghini Madura [Sumber gambar]
Lamborghini adalah mobil dari Italia yang terkenal dengan kebrutalan mesin dan mewahnya. Jenis ini hanya bisa dimiliki oleh konglomerat dunia dan mereka yang kaya raya, tentu saja karena memang harganya yang selangit. Uniknya, mobil kelas dunia ini sekarang memiliki konsep yang inspirasinya datang dari Karapan Sapi di pulau garam. Diperkenalkan ke publik pada tahun 2010 dengan nama Lamborghini Madura. Karapan Sapi sendiri dipilih karena masih berkaitan dengan hewan Banteng, kesukaan sang pemilik perusahaan, Ferrucio Lamborghini.

Ya, walaupun Indonesia belum bisa memproduksi mobil-mobil kece seperti di atas, semoga generasi mudanya semakin termotivasi untuk menelurkan karya yang lebih bagus mendatang. Orang asing saja bisa terinspirasi dari apa yang kita punya, apalagi kita sebagai warga Indonesia bukan?