Punya keinginan beli mobil, tentunya harus menyiapkan banyak uang. Namun mungkin karena melihat kondisi di Indonesia, beberapa perusahaan otomotif mulai memasarkan mobil murah. Dengan riset tentang kebutuhan konsumen kelas menengah, produkyang dibuat meskipun murah namun punya kualitas yang bukan sembarangan.

Jadi, berapa ratus juta yang dibutuhkan untuk membeli sebuah mobil bagi rakyat berkantong pas-pasan seperti kita? Tenang, sekarang industri mobil sudah menyediakan tunggangan roda empat keren yang harganya di bawah seratus jutaan. Jangan pesimis dengan kualitasnya karena fasilitas di dalamnya tidak kalah dengan mobil mewah. Bahkan sudah ada sistem fueal Injection. Tanpa panjang-panjang lagi, ini daftarnya.

Daihatsu Ayla D

Daihatsu Ayla D [image source]
Kebanyakan orang mencari mobil yang ergonomis. Bisa buat keluarga, untuk perjalanan jauh, muat barang tapi modelnya tidak ketinggalan jaman. Nah, mobil buatan Daihatsu ini membandrol harga yang sangat bersahabat bagi masyarakat. Daihatsu Ayla tipe D MT MI memberikan harga murah namun kualitas berkelas bagi pembelinya. Cukup merogoh Rp 84 jutaan, kita sudah bisa bawa pulang mobil dengan kapasitas 5 penumpang dengan mesin bertenaga 988 CC. Dengan 5 transmisi manual, Daihatsu Ayla D memiliki kemampuan putaran mesin hingga 6000 rpm.  Dengan spesifikasi seperti itu, Daihatsu Ayla D memberikan kemudahan pada kalangan menengah, namun bukan murahan.

Datsun Go+ D

Datsun Go+ D [image source]
Datsun membandrol harga Rp. 92 Juta-an untuk tipe yang satu ini. Meskipun murah, namun jangan pernah remehkan kemampuan mobilnya. Datsun Go+ tipe D memiliki mesin dengan kapasitas yang cukup besar. Dengan mesin HR15DE, mobil ini memiliki putaran mesin hingga 1.198 CC yang berarti bakal membantu banget supaya kita bisa ngirit bahan bakar. Dengan 7 orang kapasitas penumpang, mobil ini juga telah dilengkapi Airbag untuk keadaan darurat.

Suzuki Karimun Wagon R GA

Suzuki Karimon Wagon R GA [image source]
Buat keluarga kecil yang enggan mobil terlalu besar, mobil seharga Rp 96 jutaan ini bisa jadi pilihan. Kapasitas mesin 998 cc dengan muat penumpang hingga 5 orang. Ada dua tipe dari mobil ini, ada yang dilengkapi Airbag atau tidak. Selisih harga kedua tipe tersebut pun tidak lebih dari Rp 2 Juta. Jadi terserah Anda mau memilih yang mana.

Dihatsu Ayla D+

Daihatsu Ayla D+ [image source]
Berbeda dengan tipe Daihatsu Ayla D yang sebelumnya, tipe ini memberikan beberapa fitur tambahan. Mobil ini menggunakan electric steering yang membuat kemudi jadi lebih ringan. Sedangkan untuk tipe D biasa masih menggunakan manual. Kapasitas mesin Daihatsu Ayla D+ sama dengan Daihatsu Ayla D yaitu 988 CC. Harga yang dibandrol untuk satu unit Daihatsu D+ adalah Rp. 96 Juta sehingga masih terjangkau bagi kalangan menengah.

Toyota Agya

Toyota Agya [image source]
Mau yang agak kerenan dikit? Adaaa.. Coba lirik Toyota Agya yang membandrol harga Rp. 90 juta-an untuk tipe lama. Dengan kapasitas silinder mesin 1000 CC. Mobil ini juga telah dilengkapi sistem bahan bakar fuel injection jadi memungkinkan lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar. Dengan kapasitas yang lumayan serta  harga yang terjangkau, mungkin mobil ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk Anda.

Terbersit cita-cita untuk punya mobil dengan harga ekonomis tapi bisa membahagiakan diri sendiri maupun keluarga? Kata orang bijak sih kalau bisa kita bayangkan, maka bisa kita lakukan. Pilihan sudah di depan mata, tinggal siapkan dana untuk membelinya.

Untuk tambahan, meskipun kamu bisa membeli mobil-mobil tersebut tapi jangan lupa sisakan uang untuk pajak dan biaya perawatan. Jangan sampai kamu tergiur pada harga murahnya nanti malah lupa biaya-biaya tambahannya. Perhitungkan baik-baik dari pada nanti kamu yang repot sendiri.