Ini Lho 5 Mitos Sesat Tentang Puasa yang So Yesterday Banget

oleh Sastranagari
12:00 PM on Jun 5, 2016

Puasa di Bulan Ramadan merupakan kewajiban setiap muslim di seluruh dunia. Mau nggak mau kita harus menjalaninya, kalau melanggar ya tanggung sendiri deh resikonya. Tapi, banyak juga beberapa diantara kita yang masih ragu-ragu kalau mau puasa di Bulan Ramadan.

Alasan yang sering digunakan sih karena sakit maag, makanya nggak mau puasa takut kesehatan terganggu. Padahal itu semua mitos belaka! Nggak percaya? Simak deh ulasan kenapa sakit maag bukan halangan untuk puasa dan mitos-mitos sesat tentang puasa lainnya ini.

Baca Juga
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya

1. Sakit Maag Mending Nggak Puasa

Nah, ini yang sering beredar di kalangan masyarakat kita. Faktanya, nggak semua penderita maag boleh meninggalkan puasa. Perlu kita ketahui, jenis penyakit maag dibagi menjadi 2, yaitu maag fungsional dan maag organik.

Sakit perut [image source]
Sakit perut [image source]
Seseorang dikatakan menderita maag fungsional jika usus 12 jari dan lambungnya dalam keadaan normal, tapi fungsinya terganggu. Nah, penderita maag jenis ini masih aman-aman saja menjalani ibadah puasa. Lain lagi dengan penderita maag organik. Penderita maag organik, dimana lambung dan usus 12 jari mengalami luka, disarankan untuk tidak berpuasa karena bisa menyebabkan pendarahan.

2. Puasa Bisa Digunakan Untuk Diet

Saat puasa, kita nggak makan dan minum mulai dari terbit fajar hingga tenggelam matahari. Otomatis selama itu kondisi perut kita kosong, yang sama aja dengan diet dong. Big NO NO! Puasa nggak sama dengan diet dan nggak bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.

Waktunya diet [image source]
Waktunya diet [image source]
Memang ada kemungkinan berat badan kita berkurang, tapi itu cuma dalam jangka waktu pendak saja. Saat puasa, tubuh akan menyesuaikan diri untuk mengurangi nafsu makan. Namun pada saat berbuka, hormon nafsu makanmu akan menuntut untuk lebih banyak makan.

3. Nggak Perlu Sahur, Toh Nanti Siang Juga Lapar Lagi

Males banget memang harus bangun pagi-bagi buta cuma buat makan. Ngapain coba? Toh nanti siang kita juga lapar lagi! Tapi tunggu dulu, melewatkan sahur bisa aja mengganggu puasa kamu lho. Kalau dihitung-hitung, sahur tuh sama dengan sarapan dini.

Makan sambil tidur [image source]
Makan sambil tidur [image source]
Saat inilah waktu yang tepat untuk mengkonsumsi cairan dan mengisi tubuh dengan energi. Saat kamu melewatkan sahur, kadar normal gula darah hanya mampu bertahan antara dua sampai tiga jam sejak bangun tidur. Setelah itu, simpanan sumber tenaga menurun drastis.

4. Selalu Berbuka Dengan yang Manis

‘Berbukalah dengan yang manis’, kalimat itu sering kita dengar dan temui di mana-mana. Iklan sirup dan makanan manis terutama. Namun, berbuka puasa dengan yang manis justru bisa merusak kesehatan. Rasulullah SAW memang menghimbau agar kita berbuka dengan yang manis.

Berbuka dengan kurma dan air putih [image source]
Berbuka dengan kurma dan air putih [image source]
Yang dimaksud manis di sini bukan yang berasal dari gula, melainkan dari kurma. Makanan manis yang berasal dari gula mengandung karbohidrat sederhana, berbeda dengan kurma yang mengandung karbohidrat kompleks yang lebih lambat dicerna oleh tubuh dan nggak membuat lambung kita kaget.

5. Untuk Menghemat Energi Saat Puasa, Tinggalkan Olahraga

Saat puasa kadang tubuh kita lemas dan bawaannya pengin malas-malasan. Selain itu, kita juga jadi malas olahraga karena takut nanti kelelahan dan kehabisan energi. Tahu mggak sih?

Jogging sore-sore [image source]
Jogging sore-sore [image source]
Justru dengan berdiam diri membuat kadar gula dalam darah cepat turun karena sel-sel tubuh tidak beraktivitas. Saat puasa sebaiknya kita nggak meninggalkan aktivitas olahraga agar kesehatan tubuh kita tetap terjaga. Lakukanlah olahraga ringan sekitar setengah jam sebelum berbuka.

Seringkali mitos yang dipercaya menjadi benar karena sering kita dengar dan lakukan. Setelah mengetahui 5 mitos sesat mengenai puasa barusan, semoga kamu bisa merubah kebiasaan-kebiasaan yang ternyata mitos nggak bener dalam puasa kali ini ya.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis
BACA JUGA