6 Mitos Tentang Hewan yang Masih Dipercaya Masyarakat Indonesia

oleh Rizal
15:00 PM on Dec 27, 2015

“Kalau nyapu yang rapi biar suaminya nggak brewokan,” pasti pernah mendengar yang seperti ini, bukan? Ya, meskipun saat ini sudah era digital, tapi hal-hal yang berbau mitos seperti itu masih berlaku di tengah-tengah masyarakat. Mitos memang sudah jadi bagian hidup manusia, bahkan dalam hal apa pun pasti ada sebuah mitos di belakangnya. Termasuk tentang hewan.

Ya, beberapa jenis hewan memang identik dengan sebuah mitos tertentu. Di Indonesia sendiri, mitos tentang hewan juga cukup populer bahkan kebenaran tentangnya masih dipercaya hingga hari ini. Antara percaya dan tidak, ada banyak saksi yang mengatakan jika mitos-mitos tentang hewan ini adalah hal yang tak perlu diragukan lagi.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Nah, berikut adalah deretan mitos-mitos tentang hewan yang populer di Indonesia dan masih dipercaya hingga kini.

1. Punya Kucing Belang Telon Jantan Bakal Dapat Rejeki Besar

Sebenarnya, tak ada yang benar-benar spesial dari seekor kucing belang telon. Ia hanyalah kucing kampung biasa dengan perpaduan motif tiga warnanya yang unik. Meskipun demikian, ada yang spesial dengan kucing ini. Hal tersebut adalah fakta kalau kamu takkan pernah menemukan kucing belang telon jantan.

Tak akan mudah menemui kucing belang telon jantan dewasa [Image Source]
Tak akan mudah menemui kucing belang telon jantan dewasa [Image Source]
Usut punya usut, kucing belang telon pejantan memanglah sangat langka bahkan mustahil untuk ditemukan. Pasalnya, ketika baru lahir ia pasti akan mati. Entah dimangsa ibunya sendiri atau mungkin juga ayahnya. Mitosnya mengatakan, kucing belang telon pejantan yang bisa tumbuh besar ia akan jadi kucing paling kuat. Konon, hanya dilihat saja tikus pun akan berjatuhan. Bahkan menurut mitos pula, barang siapa memiliki kucing super langka ini ia bakal mendapatkan rejeki besar.

2. Bunuh Cicak Berpahala

Meskipun kecil, namun cicak bagi sebagian orang adalah hewan menakutkan. Bentuknya yang aneh dan sensasi kulitnya yang lembut namun bikin geli itu, cukup bikin seseorang mengalami paranoid. Nah, mitos tentang cicak ini adalah soal anjuran untuk membunuhnya. Banyak yang mengatakan jika membunuh cicak akan mendapatkan pahala.

Mitosnya, membunuh cicak akan mendatangkan pahala bagi pelakunya [Image Source]
Mitosnya, membunuh cicak akan mendatangkan pahala bagi pelakunya [Image Source]
Hal ini sebenarnya tak sepenuhnya mitos. Dalam Islam, ternyata membunuh cicak memang dianjurkan dan hal tersebut ada dalam Hadist. Ada satu kebaikan untuk tiap cicak yang dibunuh. Ada pun alasan kenapa cicak harus dibunuh adalah karena ia hewan yang mengganggu dan kotorannya bisa menyebabkan penyakit.

3. Kucing Hitam Lompati Jenazah

Mitos tentang kucing hitam memang sudah sangat familiar di masyarakat. Mulai dari anggapan kucingnya setan sampai kemampuan hebatnya yang bisa membangkitkan orang mati. Ya, orang-orang dulu percaya jika seekor kucing hitam melompati sebuah keranda yang ada jenazah di dalamnya, maka tak lama si mayit akan segera bangkit lagi.

Kucing hitam konon bisa membuat jenazah hidup lagi [Image Source]
Kucing hitam konon bisa membuat jenazah hidup lagi [Image Source]
Sayangnya, belum ada bukti yang menunjukkan kebenaran ini. Tapi, mitos kadang berawal dari sebuah kejadian nyata. Maka, mungkin saja dulu memang ada kejadian heboh di mana seekor kucing berhasil membangkitkan sesosok jenazah yang baru saja dilompatinya.

4. Menabrak Kucing Akan Kena Sial yang Sangat Besar

Orangtua dulu selalu mewanti-wanti, “Jangan pernah menabrak kucing. Kucing itu bertuah”  hal ini pun akhirnya menjadi mitos yang dipercaya turun temurun. Namun uniknya, mitos ini selalu benar. Setiap orang yang tak sengaja menabrak kucing sampai mati, lalu tidak mengurusinya, biasanya kena sial yang sangat besar. Entah tabrakan atau hal-hal mengerikan lainnya.

Menabrak kucing akan membuat seseorang kena sial [Image Source]
Menabrak kucing akan membuat seseorang kena sial [Image Source]
Menurut orang-orang dulu, ketika tak sengaja membunuh kucing maka cara agar terhindar dari kesialannya adalah dengan mengurusi kucing mati tersebut dengan baik. Mulai dengan dibungkus kain, sampai dikuburkan dengan layak. Dengan cara seperti ini, maka kesialan takkan lagi menaungi si pelaku.

5. Membunuh Ular Berakibat Kematian

Tak ada yang lebih mengerikan daripada menemukan ular di dalam rumah. Sayangnya, ketika mengalami hal semacam ini orang-orang menjadi gegabah dan kemudian malah membunuh si ular tersebut. Padahal mitos mengatakan jika seseorang membunuh ular maka akan berbalas kematian. Benarkah seperti ini?

Membunuh ular di dalam rumah konon bisa membuat seseorang meninggal [Image Source]
Membunuh ular di dalam rumah konon bisa membuat seseorang meninggal [Image Source]
Belum pernah terjadi dalam sejarah, seseorang membunuh ular kemudian mati. Kecuali ular tersebut masih setengah hidup dan kemudian menggigit si pembunuhnya sambil melepaskan semua racunnya. Terlepas apakah mitos ini benar atau tidak, memang lebih baik ular jangan dibunuh. Sebisa mungkin tangkap lalu lepaskan di tempat yang jauh dari rumah. Namun, jika tak mampu bisa dengan memanggil pawang ular setempat.

6. Wanita Hamil Dilarang Membunuh Hewan Apa Pun

Orang-orang dulu selalu menganjurkan agar ibu hamil selalu berhati-hati dalam segala perilakunya. Tak hanya soal menjaga bicara, ibu hamil juga dianjurkan tak membunuh binatang, apa pun itu. Pasalnya, konon menurut mitosnya, ibu hamil yang membunuh hewan tersebut akan berpengaruh kepada bayi yang akan dilahirkannya nanti.

Mitosnya, ibu hamil dilarang membunuh hewan apa pun agar bayinya selamat [Image Source]
Mitosnya, ibu hamil dilarang membunuh hewan apa pun agar bayinya selamat [Image Source]
Entah memang kebetulan atau mitos tersebut benar, banyak kejadian janggal tentang bayi yang lahir tak normal. Setelah diselidiki ternyata ibunya memang pernah membunuhi hewan-hewan tertentu. Terlepas dari kepercayaan ini, memang lebih baik tak usah melakukan hal-hal tersebut jika hanya sebagai pelampiasan emosi saja. Bukan sesuatu yang membahayakan nyawa.

Inilah deretan mitos tentang hewan yang dipercaya masyarakat. Terlepas dari banyaknya kejadian nyata yang dipercaya, semua dikembalikan lagi kepada masing-masing orang. Mitos biasanya tak harus diartikan secara kasar. Kadang ada arti mendalam di balik itu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA