Sebagai penduduk yang tinggal di negara beriklim tropis hujan merupakan kejadian alam tak terelakkan. Turunnya hujan dikaitkan dengan banyak kejadian, mulai dari yang mellow karena ingat kenangan masa lalu, menjadi inspirasi hingga mitos yang ditimbulkan darinya –terlebih kalau hujan di tengah terik matahari.

Hujan panas atau sunshower ini kalau di Indonesia ini merupakan kejadian mengandung mitos yang banyak dipercaya. Ya, walaupun sebenarnya fenomena ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Kalau anak generasi 90-an yang sering main hujan pasti tau nih apa saja yang terjadi saat hujan panas, iya kan?

Tandanya ada orang meninggal mendadak

Kecelakaan mobil [Sumber gambar]
Mitos yang pertama adalah hujan panas menandakan ada orang yang meninggal dengan cara mengerikan, entah itu kecelakaan tragis, meninggal mendadak tanpa sebab, serta sederet hal yang lain yang membuat kematian dengan cara yang tidak wajar. Konon juga, orang-orang yang meninggal tersebut matanya tidak bisa menutup. Sedangkan sebagian lain percaya, bahwa yang meninggal adalah orang penting atau tokoh masyarakat. Kalau kamu percaya yang mana nih?

Kuntilanak yang akan segera melahirkan

Kuntilanak [Sumber gambar]
Nah, mitos yang kedua ini banyak dipercaya oleh anak-anak yang tinggal di daerah Pulau Jawa. Mereka percaya bahwa saat hujan sedangkan matahari bersinar terang tandanya ada Kuntilanak atau Wewe Gombel melahirkan. Hal ini membuat anak-anak menjadi takut keluar rumah, alasannya ya takut diculik dan dibawa ke dunia mereka. Adakah yang sepakat dengan mitos ini?

Harimau sedang mengasah taringnya

Harimau sedang mengasah taring [Sumber gambar]
Lain Jawa, lain pula Sumatera. di Sumatera, banyak yang percaya bahwa hujan panas adalah pertanda bahwa Harimau jadi-jadian sedang mengasah taringnya. Ia siap menculik anak kecil yang bermain di hutan ketika itu. Makanya, saat hujan di terik matahari ini banyak anak kecil yang hanya berdiam diri di dalam rumah dan enggak berani keluar rumah. Ya, apalagi kalau bukan takut diculik oleh si harimau jadi-jadian.

Mitos yang ada di luar negeri

Ilustrasi Gumiho [Sumber gambar]
Tak hanya di Indonesia saja ternyata, di luar negeri pun mitos ini berlaku. Jika kalian pernah menyaksikan drama Korea ‘My Girlfriend Is Gumiho’ maka di sini mitos tersebut dibahas. Ternyata, berdasarkan legenda di Korea, China dan juga Jepang, hujan panas adalah pertanda bahwa siluman rubah berekor 9 (Gumiho) sedang sedih dan menangis, dan hujan adalah air matanya. Di sana sunshower ini dinamakan sebagai Fox Rain atau Hujan Rubah.

BACA JUGA: Mitos Tentang Hujan Saat Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Itulah tadi empat mitos yang dipercaya saat turun hujan di terik matahari. Kamu percaya yang mana nih, Sahabat Boombastis? Padahal pada dasarnya, orangtua sering melarang anak mereka keluar saat hujan panas kadang khawatir bisa membuat mereka sakit. Debu yang beterbangan kan bisa saja terhirup dan menimbulkan gangguan pernapasan, alergi dan lain sebagainya.