in

Mitos Pulung Gantung di Gunung Kidul, Begini Kata Para Pakar dan Peneliti

Kamu pasti sudah sangat paham kalau tinggal di Indonesia, itu artinya kamu harus siap dengan segala mitos serta banyak misteri yang konon tak bisa dipecahkan dengan sains. Padahal, kalau kita bertanya kepada orang-orang luar, jarang sekali mereka percaya dengan yang namanya hantu, makhluk gaib, serta berbagai macam hal yang tidak bisa terbukti secara real berdasarkan ilmu pengetahuan.

Namun, itulah uniknya Indonesia. Dari banyak mitos yang bertebaran, kita akan membahas Pulung Gantung, makhluk yang katanya bisa membuat seseorang bunuh diri dan meregang nyawa. Daripada berlama-lama, yuk langsung saja cuss ke pembahasan ya!

Apa itu Pulung Gantung?

Pulung Gantung [sumber gambar]
Nah, Pulung Gantung ini dipercaya merupakan makhluk gaib yang ada di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Pulung Gantung ini dilukiskan sebagai bola api yang berpijar, memiliki buntut, dan berwarna kekuningan. Konon kalau si bola api ini terlihat melayang di atas rumah seseorang, maka tak butuh waktu yang lama, penghuni rumah tersebut pasti ada yang meninggal dengan cara gantung diri. Ngeri juga ya?

Lalu, dari mana bola api ini berasal?

Ilustrasi bunuh diri [sumber gambar]
Nah, selama berpuluh tahun warga diresahkan dengan Pulung Gantung. Selama itu pula warga percaya akan ada hal yang tak baik terjadi kalau mereka melihat bola api misterius ini. Lalu, sebenarnya dari mana sih asal bola api ini? Salah seorang peneliti dari Universitas Gadjah Mada pernah mengungkapkan fakta ilmiah, bahwa sebenarnya adalah suatu fenomena alam yang biasa terjadi. Pijaran tersebut berasal dari perpaduan zat fosfor dan zat kapur yang memang banyak ditemui di sana. Seperti kita ketahui, kabupaten tersebut memang terletak di atas pegunungan kapur, seperti dilansir dari Hipwee.com.

Kaitannya dengan fenomena bunuh diri

Kasus Bunuh Diri [sumber gambar]
Selama kurun waktu tahun 2003-2012 lalu, ada puluhan kasus bunuh diri –dengan cara gantung diri—yang terjadi di Gunung Kidul. Ternyata, menurut para akademisi tak ada kaitannya dengan pijaran bola api. Mereka berpendapat bahwa kematian yang terjadi itu tak lain dan tak bukan karena kemiskinan, keterbelakangan, dan kebodohan. Karena, daerah yang kerap terjadi kasus bunuh diri ini belum sepenuhnya maju dan belum 100% tersentuh teknologi. Sehingga, saat mereka merasa susah dan depresi, bunuh diri dinilai sebagai jalan terbaik.

Upaya penanggulangan yang sudah dilakukan oleh pemerintah

Upaya pemerintah [sumber gambar]
Nah, oleh karena itu, pemerintah melakukan berbagai cara untuk mengurangi populasi mereka yang depresi dan merasa ingin mengakhiri hidupnya. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan sosialisasi langsung ke masyarakat. Karena hanya dengan memberikan pemahaman seperti inilah mereka akan paham dan mengerti. Semoga saja ke depan tak ada lagi kasus bunuh diri yang dikaitkan dengan Pulung Gantung ya!

BACA JUGA: Pulung Gantung, Makhluk Gaib yang Dipercaya Bisa Membuat Manusia Bunuh Diri

Pulung Gantung ini menjadi mitos yang banyak dipercaya. Bahkan, saat dibuatkan filmnya, sang sineas juga menyentil sedikit kepercayaan yang sudah mendarah daging ini. Semoga ke depan tak ada lagi kejadian menyedihkan yang melibatkan Pulung Gantung sebagai penyebabnya.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

Mengenal Triga Mark II, Reaktor Nuklir Pertama Indonesia Sejak Era Presiden Sukarno

Mengenal Syekh Subakir, Ulama Besar Penyebar Islam Periode Pertama di Tanah Jawa