in

Dianggap Benar, 4 Hal Terkait dengan Cacar Air Ini Ternyata Hanyalah Mitos Belaka

Seluruh penyakit di dunia ini pasti mempunyai mitos masing-masing. Entah dari cara pengobatannya atau penyebab munculnya penyakit tersebut. Salah satunya adalah penyakit cacar air yang pasti pernah diderita oleh semua orang.

Pasti kalian sering mendengar tentang suatu hal yang berkaitan dengan cacar air ini. Akan tetapi, kalian tidak pernah tahu apakah itu hanyalah sekedar mitos atau benar-benar fakta. Biasanya kita hanya mendengar hal-hal tersebut dari orangtua, kerabat ataupun saudara tanpa tahu kebenarannya. Oke, supaya kalian tidak gundah apakah hal yang biasa diucapkan untuk cacar air itu benar atau salah, silahkan simak ulasan berikut ini.

Cacar air hanya terjadi sekali seumur hidup

Cacar air biasanya dikaitkan dengan pernyataan kalau penyakit tersebut hanya bisa terjadi sekali dalam seumur hidup. Alasannya karena setiap orang akan memiliki kekebalan tubuh yang kuat setelah mengalami penyakit tersebut. Namun usut punya usut ternyata itu hanyalah mitos lho Saboom (Sahabat Boombastis).

Hanya terjadi sekali seumur hidup [Sumber Gambar]
Penyebabnya banyak orang yang mengalami cacar air lebih dari sekali dalam hidupnya. Itu bisa terjadi lantaran kekebalan tubuhnya kurang untuk melawan virus cacar air. Sehingga supaya kalian terhindar dari cacar air untuk kesekian kalinya, bisa dengan cara menjaga kebersihan tubuh. Kemudian tutup mulut dan hidung ketika sedang bersin.

Pengidap cacar air tidak boleh mandi

Kalau sakit cacar air tidak boleh mandi sampai bentol-bentol di tubuhnya kering. Hal itu yang biasanya diucapkan oleh ibu ketika kita sedang terkena cacar air. Hal itu dimaksudkan karena kalau kita mandi, bisa jadi cacar air akan menjadi semakin lama untuk sembuh.

Tidak boleh mandi [Sumber Gambar]
Akan tetapi, hal tersebut ternyata tidak benar lantaran menurut beberapa penelitian mengungkapkan kalau pengidap cacar air harus mandi. Dengan mandi, kuman yang ada di dalam tubuh akan cepat hilang dan alhasil cacar air bisa cepat untuk sembuh. Namun untuk penderita cacar air wajib sekali untuk memperhatikan beberapa hal saat mandi. Adalah tidak menggosok tubuh terlalu kuat karena ditakutkan bisa menyebabkan timbulnya bekas luka. Kemudian harus menggunakan sabun antiseptik guna menghilangkan bakteri yang ada di tubuh.

Penyakit cacar air mudah menular

Banyak orang bilang kalau cacar air itu bisa menular kepada siapa saja yang ada di dekat penderitanya. Terkecuali orang yang sudah pernah mengidap cacar air sebelumnya. Hal ini sampai sekarang masih dipercaya, karena ada beberapa kasus kalau cacar air cepat sekali menularkan virusnya ke orang terdekatnya.

Cacar air menular [Sumber Gambar]
Tetapi, hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Memang cacar air bisa menular kepada siapa saja, namun itu berlaku kalau orang tersebut daya tahan tubuhnya sedang mengalami penurunan. Sehingga jangan pernah takut lagi untuk menjenguk orang yang mengidap cacar air.

Cacar air akan bertambah parah jika terkena angin

Mengidap penyakit cacar air memang sangat tersiksa. Bukan hanya karena gatal-gatal yang tak ada habisnya, tapi lantaran tidak bisa ke mana-mana sampai cacarnya sembuh. Hal tersebut dilakukan karena ditakutkan akan semakin parah cacar airnya apabila terkena angin.

Penderita cacar air tidak boleh kena angin [Sumber Gambar]
Padahal sebenarnya, orang yang terkena cacar air itu tidak boleh ke luar ruangan bukan karana penyakitnya akan tambah parah. Tapi lebih kepada cacar airnya bisa menular kepada siapa saja yang daya tahan tubuhnya kurang bagus.

Hal yang kita anggap benar seputar cacar air, ternyata hanyalah mitos belaka. Pernyataan yang kita dengar bukan berarti salah, tapi alasannya saja kurang tepat. Jadi mulai saat ini kalian tidak perlu bingung lagi dengan semua hal yang berkaitan dengan cacar air. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa sebarkan ke semua kerabat kalian.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

Mengungkap Keberadaan Teknologi Canggih Alien yang Ternyata Ada Di dalam Al-Qur’an

Jangan Harap Bisa Bebas, Inilah Penjara ISIS yang Dianggap Paling Brutal dalam Sejarah