6 Penjelasan Tentang Misteri Segitiga Bermuda

oleh Alfry
07:30 AM on Apr 26, 2015

Sejak lama kawasan Segitiga Bermuda menjadi misteri atas hilangnya ratusan kapal dan pesawat yang melintas di atasnya. Daerah ini meliputi kawasan yang diantara tiga pulau yakni Bermuda, Miami, dan San Juan. Hingga kini misteri hilangnya kapal saat melintas di atas wilayah Segitiga Bermuda ini belum juga bisa dijelaskan secara pasti.

Banyak teori yang telah berkembang di masyarakat akan penyebab dari hilangnya kapal-kapal tersebut yang semuanya berhubungan dengan kisah gaib. Namun beberapa ilmuwan ada yang menjelaskan secara logis kemungkinan penyebab hilangnya kapal-kapal tersebut. Berikut kami rangkum 6 penjelasan tentang misteri Segitiga Bermuda.

Baca Juga
10 Potret Kelakuan Nyeleneh DPR Rusia Saat Rapat, Ternyata Gak Kalah Koplak dengan Indonesia
Pengendali Cuaca Hingga Waktu, Inilah 4 Kesaktian Kim Jong Un yang Dipercaya Warga Korut

1. Pulau Atlantis yang Tenggelam

Teori ini dikembangkan oleh Plato di mana ia mengatakan jika di bawah Segitiga Bermuda terdapat pulau legendari yang hilang dari muka bumi yaitu Atlantis. Peradaban Atlantis telah berkembang sejak 9.600 tahun sebelum masehi dan dianggap sebagai peradaban paling maju di bumi dalam segala bidang termasuk teknologi dan arsitektur.

Foto via Listverse
Pulau Atlantis yang Tenggelam via Listverse

Pulau ini diduga tenggelam setelah terkena bencana dahsyat namun berkat kemajuan teknologinya diyakini bahwa penduduk pulau Atlantis tetap hidup di dasar laut. Teori ini mengatakan jika dengan kemajuan teknologinya, penduduk atlantis mampu membuat pulaunya tidak hancur dan karamsehingga mereka dan keturunannya diyakini masih hidup di dasar samudra di kawasan Segitiga Bermuda. Teori ini juga meyakini bahwa hilangnya kapal-kapal saat melintas di atas Segitiga Bermuda juga akibat dari teknologi penduduk Atlantis.

2. Adanya Lubang Cacing

Ini berhubungan dengan teori relativitas Einstein yang mengatakan bahwa ruang dan waktu bergabung membentuk suatu kesatuan dan segala sesuatu di alam semesta bergabung membentu satu kesatuan tersebut. Dengan kata lain ada semacam lubang cacing di kawasan Segitiga Bermuda yang membuat apa saja yang berada di sana tertarik oleh lubang cacing yang bertindak sebagai teleporter menuju dimensi lain.

Foto via Listverse
Teori adanya Lubang Cacing via Listverse

Ada lagi cerita mengejutkan dari seorang pilot untuk pesawat wisata yang menceritakan kisahnya. Ia sedang disewa untuk liburan menuju Grand Turk melewati Segitiga Bermuda. Grand Turk merupakan daerah yang padat penduduk namun ia bingung setelah sampai di pulau tersebut, dia tidak menemukan tanda-tanda kehidupan yang ada hanya hutan dan pantai. Ini membuktikan bahwa ia telah melewati lubang cacing menuju masa lalu. Tapi kebenaran tersebut masih terus diselidiki hingga kini.

3. Rumah Alien

Teori paling populer yang juga paling dipercaya hingga saat ini adalah adanya alien di pusat Segitiga Bermuda. Teori ini sangat mudah berkembang karena bantuan dari berbagai film yang menggambarkan betapa canggihnya dan pintarnya makhluk ini sehingga mempengaruhi pendangan orang terhadap tokoh fiksi ilmiah ini.

Foto via Listverse
Dugaan Keberadaan Alien via Listverse

Secara umum, teori mengenai keberadaan alien di Segitiga Bermuda berhubungan dengan tujuan para alien yang ingin mempelajari manusia. Mereka menculik apa saja yang lewat di atas kawasan ini dan menjadikannya bahan penelitian. Dengan teknologinya yang jauh lebih maju dari manusia hal ini sangat mudah bagi alien untuk menangkap kapal-kapal serta pesawat yang melintas tanpa meninggalkan jejak apapun.

4. Penyimpangan Medan Elektromagnet

Secara sederhana teori ini dapat dijelaskan bahwa ada beberapa tempat di bumi di mana kompas tidak akan menunjuk arah utara. Hal ini disebabkan karena adanya penyimpangan medan elektromagnet yang terjadi di daerah tersebut. Penyimpangan ini pada akhirnya membuat kompas tidak dapat bekerja dengan baik.

Foto via Listverse
Penyimpangan Medan Elektromagnet via Listverse

Teori inilah yang coba diangkat sebagai penyebab dari hilangnya kapal maupun pesawat yang melintas di atas wilayah Segitiga Bermuda. Mereka kehilangan arah karena alat navigasi mereka yang tidak berfungsi sehingga ada kemungkinan pesawat maupun kapal-kapal yang hilang tersebut mengalami kecelakaan.

5. Pusat Terjadinya Badai

Ada yang mengatakan jika Segitiga Bermuda adalah pusat dari munculnya badai yang sangat besar dan tak terprediksi. Di zaman modern seperti ini badai akan mudah diprediksi beberapa hari bahkan minggu sebelumnya. Namun kondisi ini tidak berlaku di Segitiga Bermuda di mana badai bisa saja terjadi tanpa bisa diperkirakan.

Foto via Listverse
Pusat Terjadinya Badai via Listverse

Badai di dalam kawasan Segitiga Bermuda diperkirakan bisa mencapai kecepatan lebih dari 250 kilometer per jam. Dengan kecepatan angin seperti itu maka kapal besar dan pesawat terbang akan dengan mudah disedot ke dalamnya dan menghilang tanpa jejak

6. Gelombang Super Besar

Sebelumnya ini hanyalah teori semata hingga akhirnya teori ini benar-benar terbukti tahun 1995. Teori ini menyatakan jika saat badai terjadi di tengah laut dan gelombang bergabung menjadi satu maka akan tercipta gelombang laut super besar. Dan ini terbukti pada tahun 1995 sebuah kapal pengebor minyak milik Norwegia tenggelam akibat gelombang setinggi 30 meter menerjangnya.

Foto via Listverse
Adanya Gelombang Super Besar via Listverse

Kemudian teori ini dibawa untuk menjelaskan berbagai misteri hilangnya kapal dan pesawat di Segitiga Bermuda yang nota bene dipercaya sebagai pusat terjadinya badai. Dari situ dipercaya jika di kawasan bermuda ini sering terjadi gelombang besar yang mengakibatkan kapal-kapal tenggelam. Bahkan diperkirakan di kawasan ini bisa menciptakan gelombang setinggi 50 meter yang cukup untuk menenggelamkan pesawat yang terbang rendah.

Berbagai teori silih berganti mencoba menjelaskan misteri hilangnya kapal dan juga pesawat yang melintas di kawasan Segitiga Bermuda. Namun hingga kini belum ada satu teori pun yang benar-benar dipercaya menjadi penyebab hilangnya kapal tersebut. Kini Segitiga Bermuda tetap menjadi misteri yang tak terpecahkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA