in

8 Misteri di Indonesia yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

8. Masalembo, segitiga bermuda asli Indonesia

Jika Anda mengira bahwa daerah yang dikenal dengan istilah segitiga setan hanya ada 2 di dunia, yaitu Segitiga Bermuda dan Segitiga Formusa saja, maka Anda salah, karena di Indonesia sendiri juga ada tempat seperti itu yang dinamakan Segitiga Masalembo. Daerah satu ini terletak di antara Pulau Bawean, Kota Majene dan Kepulauan Tengah.
Disebut sebagai segitiga setannya Indonesia atau Segitiga Bermuda lokal karena tragedi mengerikan yang terjadi pada tahun 1981, yaitu tenggelamnya kapal KM Tampomas II. Selain Tampomas II, banyak kapal laut yang juga karam atau pesawat udara lainnya yang jatuh ketika melintasi daerah ini.

Masalembo, segitiga bermuda asli Indonesia [ image source ]
Masalembo, segitiga bermuda asli Indonesia [ image source ]

Walaupun banyak orang awam yang menyebutkan bahwa daerah yang dikenal dengan Segitiga Masalembo ini memiliki aura mistis atau sebagai tempat tinggal jin sampai dengan mampu membuat kendaraan baikmlaut atau udara yang melewatinya celaka, namun para pakar justru mengemukakan bahwa faktor alamlah yang menyebabkan banyaknya keanehan tersebut, seperti arus bertipe monsoonal stream yang bertemu dengan arus bertipe thermiklin di tempat ini.

Selain itu, arus kencang yang dapat mencapai 15 juta meterkubik per detik sampai dengan perbuahan tekanan udara secara tiba-tiba yang sering terjadi membuat kapal atau pesawat sering mengalami gangguan dan akhirnya celaka. Bahkan, para pakar menampik bahwa di daerah Segitiga Masalembo memiliki medan magnet kuat karena pada dasarnya Indonesia memiliki total intensitas deklinasi dan iklinasi yang sangat rendah.

Baca Juga : 5 Pasukan Asing yang Pernah Berhadapan dengan TNI

Selain 8 sisi misterius yang dimiliki Indonesia di atas, masih ada banyak lagi lainnya yang sampai sekarang belum terkungkap, salah satunya adalah beberapa piramida yang tersebar di beberapa tempat di Tanah Air.

Written by Diah

Leave a Reply

Ini 5 Fakta Peristiwa Bersejarah di Bulan Maret yang Harus Kamu Ketahui

Waspada! Selain Mentawai, 7 Daerah Indonesia Ini Juga Rawan Gempa