Era digital merupakan zaman yang menguntungkan bagi mereka yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Berbisnis online contohnya yang tengah digemari oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Namun, namanya juga berbisnis, omset pasti ada pasang surutnya.

Maka dari itu, agar tak terjerumus dalam jurang kegagalan, mari miliki 5 mindset di bawah ini yang bisa membantumu mencegah hal tersebut terjadi. Agar tidak menyerah dan gulung tikar dengan visi misi berbisnis online yang kamu sudah tanamkan selama ini. Yuk, simak tips di bawah ini.

Memiliki tujuan yang jelas

Tujuan berbisnis online [sumber gambar]
Sebelum memulai berbisnis, pikirkan kamu akan merambah produk apa. Siapa target yang akan disasar serta bagaimana strategi kalian untuk mengembangkan bisnis tersebut. Hal ini merupakan langkah awal tetapi cukup penting, sehingga haram jika dilewatkan. Jika tujuan sudah ter-set dari awal, maka perjalanan berbisnis online-mu akan lancar sesuai dengan apa yang telah kalian pikirkan.

Berani belajar hal baru

Belajar hal baru [sumber gambar]
Setelah memiliki tujuan yang jelas dan bisnis berjalan lancar, otomatis harus ada beberapa hal yang perlu dikembangkan. Demi dapat diterima oleh banyak orang dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini termasuk internet marketing yang jadi landasan berbisnis online. Mengikuti kursus adalah satu cara jitu untuk terus berkembang dalam bisnis ini. Sudah banyak juga kursus online yang dibuka sehingga tak harus duduk di kelas dan mendengarkan ceramah lagi.

Disiplin dan pantang menyerah

Mindset disiplin dan pantang menyerah [sumber gambar]
Tak hanya bisnis online, tetapi semua pebisnis harus memiliki mindset disiplin. Mulai dari membedakan mana urusan pribadi dan bisnis, hingga hal-hal kecil lainnya. Jika dari awal kita menyepelekan hal tersebut, maka selanjutnya keuntungan akan sulit diraih. Satu lagi, pantang menyerah. Jika hambatan menyerangmu sekali dan membuat kalian frustasi lantas berhenti maka kalian tak cocok berbisnis. Jiwa yang kuat adalah keperluan mendasar bagi pebisnis, loh~

Bedakan keuangan pribadi dan bisnis

Bedakan uang bisnis dan pribadi [sumber gambar]
Seperti yang telah disinggung di atas, pengaturan keuangan juga ada hubungannya dengan kedisiplinan. Jika kalian tak disiplin dan asal comot keuangan bisnis untuk kepentingan pribadi, ya, kapan untungnya? Sebab penghasilan dari bisnis kalian harus diputar untuk modal, perbaikan, hingga hal-hal kecil lainnya. Jika kalian lalai dalam pengaturan keuangan, bisa-bisa uang jatah jajan terpakai untuk menutup kekurangan dalam bisnismu.

Membuka diri untuk bergaul dengan siapa saja

Menjalin pertemanan [sumber gambar]
Enggak kalah penting dari urusan penghitungan keuangan, bergaul dengan banyak orang juga menguntungkan dalam berbisnis online. Selama ini publik pasti mengira berbisnis online hanya berdiam diri di rumah dan duduk di depan computer. Padahal, jika kita banyak bergaul dengan macam-macam orang, koneksi secara tak langsung datang. Siapa tahu bisa saling promosi online shop satu sama lain kan. Tukar ide juga tentang strategi marketing, jadi enggak perlu keluar uang untuk kursus, deh.

Nah, jika kamu masih bingung bagaimana sih menjalin pertemanan di dunia nyata pada era digital ini, Boombastis bekerja sama dengan Akademi UKM Indonesia bakal mengadakan seminar kece. Acara ini bakal diisi oleh para narasumber yang punya kisah sukses dengan memanfaatkan dunia maya. Ada juga Sahroni yang dulunya sopir biasa kini jadi miliarder bahkan menduduki salah satu kursi di DPR RI. Lalu bagaimana caranya? Tinggal daftar lewat link berikut ini dan isi semua ketentuannya. Slot-nya terbatas lho, jadi jangan buang-buang waktu guys!