Ibarat sebuah rumah, negara juga membutuhkan penjagaan agar aman dari gangguan yang berasal baik dari dalam maupun luar. Yang bertugas menjaga keamanan sebuah negara tentu saja adalah militernya. Selama ini militer Indonesia dapat menjaga dengan baik keamanan negara ini. Tak hanya itu saja, kita juga patut berbangga pada militer Indonesia yang sanggup memberi uluran tangan pada negara-negara konflik seperti Palestina.

Palestina mengalami konflik perebutan wilayah oleh Israel hingga saat ini. Wilayah negara Palestina semakin mengecil karena gempuran dari Israel. Perebutan wilayah oleh militer Israel tersebut sangat merugikan bagi penduduk palestina. Banyak orang-orang yang tak bersalah menjadi korban atas aksi Israel ini.

Karena itulah, militer Indonesia tak segan-segan mengirim armadanya untuk membantu rakyat Palestina. Pasukan perdamaian Indonesia turut menjaga kedamaian di Palestina. Melihat hal tersebut ada kemungkinan Israel menganggap Indonesia terlalu ikut campur dalam konflik mereka dan ikut juga menyerang Indonesia. Marilah kita berharap hal tersebut tak terjadi. Namun, nggak ada salahnya kan kita membandingkan kekuatan militer Israel dan Indonesia?

Militer Indonesia Dua Tingkat Lebih Unggul Ketimbang Israel

Tentara Indonesia [image source]
Tentara Indonesia [image source]
Situs Global Fire Power mencatat peringkat militer 126 negara termasuk Indonesia dan Israel. Dalam situs tersebut, kekuatan militer Indonesia berada pada urutan ke-14. Dari segi ranking, militer Indonesia patutlah berbangga, karena Israel berada dua tingkat di bawah Indonesia, yaitu urutan 16. Militer Indonesia mengalami peningkatan rangking tahun ini. Sebelumnya, Indonesia berada di bawah Israel.

Koleksi Tank Israel Ribuan Jumlahnya

Tank Israel [image source]
Tank Israel [image source]
Soal peringkat militer Indonesia yang lebih baik tentu kita boleh berbangga, tapi jangan menyombongkan diri dulu. Pasalnya, di sisi lain Israel unggul dari dari kita. Ya, kendaraan tempur mereka berupa tank lebih banyak ketimbang milik Indonesia. Israel memiliki tank sebanyak 4.170. Jumlah tersebut membawa Israel naik ke peringkat 8 di bidang kendaraan tempur berupa tank. Indonesia harus berjuang sekuat tenaga melawan tank Israel. Militer Indonesia berada di tingkat 36 dengan 470 tank saja.

Israel Berjaya di Udara

Pesawat Israel [image source]
Pesawat Israel [image source]
Setelah keok dengan jumlah tank yang sedikit, Indonesia juga perlu mewaspadai kekuatan udara Israel. Total pesawat yang dimiliki Israel adalah 681. Terpaut jauh dengan Israel, total pesawat yang dimiliki Indonesia hanya 420 saja. Dengan jumlah tersebut jika Indonesia ingin lebih unggul dari Israel, kita harus berjuang mati-matian naik di atas posisi Israel di ranking 17.

Seperti Kekayaan Alamnya, Tentara Indonesia Melimpah Ruah

Tentara Indonesia [image source]
Tentara Indonesia [image source]
Soal alutsista darat dan udara Indonesia mungkin kalah, tapi kalau urusannya tentara lain lagi. Jumlah tentara Indonesia mengungguli dengan telak serdadu yang dimiliki Israel. Tercatat, sebanyak 476 ribu tentara aktif di Indonesia. Jumlah tersebut cukup wah, sehingga membuat Indonesia masuk dalam jajaran 10 besar dengan menempati ranking 10 dari 126 negara dilihat dari anggota aktif tentaranya. Sedangkan Israel? Jauh di bawah Indonesia pada posisi ke-35 dengan 160 ribu orang tentara aktif.

Kalau dilihat ranking secara global, militer kita memang berada di atas Israel. Namun, itu semua dilihat dari angka, pada prakteknya bisa berubah. Karena itu militer Indonesia jangan sampai mengangkat dagu terlalu tinggi. Meningkatkan prestasi dan kekuatan adalah langkah yang tepat, agar keutuhan negara semakin terjaga.