in

Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit!

3. Ranah Udara Kita Mengangkangi Malaysia

Jika di ranah alutsista darat kita sangat unggul, bagaimana dengan udara? Ternyata tak ada bedanya. Malaysia sukses kita ungguli jumlah armada udaranya. Kalau ditotal, Indonesia memiliki lebih dari 400 buah alutsista udara, sedangkan Malaysia hanya sekitar 220an buah saja.

Kekuatan udara Indonesia lebih sangar [Image Source]
Kekuatan udara Indonesia lebih sangar [Image Source]
Kalau dirinci, kita unggul jumlah pesawat tempur dengan total 58 buah sedangkan Malaysia hanya 55 biji saja. Kemudian kita juga menang jumlah pesawat pengangkut dengan total 170 buah, sedangkan Malaysia hanya punya 96 buah saja. Pun begitu dengan helikopter, Indonesia punya 152 buah sedangkan Malaysia hanya 79 saja.

4. Di Laut Kita pun Tak Mungkin Mereka Kalahkan

Kalau di darat dan udara saja kita tak tersaingi, apalagi laut sebagai poros utama kekuatan Indonesia. Jelas Malaysia makin tak punya taji. Kalau kita kutip lagi dari data Global Fire Power, kekuatan Indonesia dan Malaysia di ranah kelautan memang begitu jauh perbedaannya.

Alutsista laut Indonesia jemawa [Image Source]
Alutsista laut Indonesia jemawa [Image Source]
Jika dibedah secara rinci alutsistanya, kita jelas unggul telak. Misalnya saja Frigates, kita memiliki kapal perang ini sebanyak 6 buah sedangkan mereka hanya punya dua saja. Lalu jumlah Corvette kita juga unggul dengan memiliki 10 buah sedangkan mereka hanya 6 saja. Yang paling telak adalah jumlah kapal penjaga pesisir di mana kita punya 66 mereka hanya 41 saja.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

bayi kembar

Lucunya Bayi Kembar Bikin Orangtuanya Kewalahan, Gemes Pengen Cubit!

Inilah Ilmu Hitam Paling Ganas yang Konon Masih Dipakai Masyarakat Indonesia