in

Inilah Alasan Kenapa Dunia Harus Mulai Takut dengan Militer India

Memang nggak bisa dimungkiri kalau India di masa lalu itu benar-benar luar biasa. Dinasti Mughal contohnya, kerajaan India satu ini benar-benar perkasa dan jadi salah satu pilar tak tergoyahkan di Asia tengah dan selatan selama ratusan tahun. Tapi, sayangnya masa ini pada akhirnya berangsur-angsur hilang, apalagi ketika Inggris menjajah si negeri Hindustan. India yang dulunya jemawa kemudian tak lebih dari negara biasa yang ecek-ecek.

Tapi, india bukanlah negara kacangan yang gampang menyerah dengan keadaan. Pernah terpuruk dalam sekali, kini mereka perlahan mulai mengubah dirinya menjadi negara kuat. Sampai akhirnya pada saat ini mereka jadi salah satu negara militer terhebat di muka Bumi. Mungkin kamu nggak percaya, tapi India adalah negara dengan kekuatan militer terhebat nomor 4 dunia. Nomor 4 lho! Jelas bukan main-main!

Tidak seperti dulu yang dianggap remeh, kini si negeri Hindustan jadi salah satu negara yang begitu diwaspadai oleh siapa pun, bahkan termasuk Amerika. Lalu, sehebat apa sih sebenarnya negara satu ini soal militer? Simak ulasannya berikut.

Diam-Diam India Mengungguli Negara Hebat Dunia

Beberapa dekade lalu, India bisa dikatakan sebagai negara yang benar-benar tak punya taring. Mungkin mereka bukan negara dengan peringkat militer terbawah, tapi kalau dibandingkan dengan negara-negara besar India masihlah cupu. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu, India mulai sedikit demi sedikit berbenah dan akhirnya menjadi sangat luar biasa.

India jadi negara kuat [Image Source]
India jadi negara kuat [Image Source]
Tanpa banyak yang sadar, kekuatan militer India makin naik tiap tahunnya. Dan hari ini mereka pun benar-benar menggila dengan berada di peringkat 4 dunia dan mengalahkan banyak negara-negara hebat, termasuk Inggris sang mantan penjajah. India sendiri mengatakan takkan berhenti melakukan gebrakan hebat soal militer. Alhasil, sangat mungkin bagi mereka untuk makin menggila lagi di tahun-tahun berikutnya.

Angkatan Darat India yang Edan

Berbicara soal kekuatan darat India, kita bisa katakan kalau negara ini luar biasa edan. Mereka adalah salah satu pemilik angkatan darat terhebat se-Asia setelah Tiongkok. Hal ini bisa dipastikan karena jumlah alutsista mereka yang benar-benar membludak serta kuantitas tentara mereka yang sangat banyak.

Kekuatan darat India [Image Source]
Kekuatan darat India [Image Source]
Soal alutsista darat, India punya berbagai senjata perang yang komplit dan dalam jumlah besar. Tank misalnya, negara satu ini memiliki sekitar 6.464 buah tank dan jadi negara nomor empat dunia yang memiliki senjata ini dalam jumlah banyak. Belum lagi kendaraan tempur taktis mereka yang berjumlah 6.704 buah. Ini belum termasuk juga kendaraan peluncur roket mereka yang jumlahnya hampir 300 buah. Oh iya, soal tentara jangan lupa mereka punya pasukan elit bernama Marcos yang jadi salah satu kesatuan paling mematikan di dunia.

Kekuatan Laut India yang Juga Tak Bisa Diremehkan

India mungkin bukanlah pemilik kekuatan laut paling mematikan di dunia. Tapi, mereka tetaplah salah satu yang paling mematikan. Kalau lawan Indonesia mah, kita mungkin bakal ampun-ampunan. Bukan tidak percaya diri, tapi dilihat dari statistik kita memang kalah jauh dengan mereka.

Kapal induk India [Image Source]
Kapal induk India [Image Source]
Di ranah kelautan India rupanya juga cukup jor-joran membeli alutsista. Hal ini bisa kita lihat dari jumlah kapal pertahanan pesisir mereka yang berjumlah 135 buah, lalu 14 Frigates full dengan meriam, ditambah lagi 10 Destroyer dan 26 Corvette. Mereka juga punya 14 kapal selam kelas berat yang bisa menghancurkan siapa pun yang mengganggu. Satu lagi, India juga memiliki dua buah kapal induk yang beroperasi aktif. Di Asia, hanya India, Tiongkok, Jepang dan Thailand saja yang punya kendaraan massal ini. Dan hanya India yang punya dua buah.

Kekuatan Udara India Adalah Mimpi Buruk

Selain darat, udara juga jadi pilar kekuatan militer terkuat India. Alasannya apalagi kalau bukan karena begitu banyaknya alutsista kekuatan udara yang mereka miliki. Kalau kita pecah, mereka memiliki 679 buah pesawat Fighter, lalu 809 pesawat penyerang, dan juga 19 helikopter tempur. Ini masih belum termasuk pesawat-pesawat pengangkut mereka yang kalau ditotal mungkin lebih dari seribu.

Kekuatan udara India [Image Source]
Kekuatan udara India [Image Source]
Hal yang menakutkan soal alutsista udara India adalah rata-rata pesawat mereka bukanlah tipe uzur alias model-model terbaru. Mereka sudah lama menyimpan yang tua-tua dan melakukan peremajaan ekstrem di sektor udara. Kabarnya lagi, mereka saat ini tengah bekerja sama dengan Rusia dalam proyek Sukhoi T-50. Pesawat satu itu katanya bakal jauh lebih sangar daripada F-35-nya Amerika yang saat ini jadi idola banyak negara.

Ketika sedang terpuruk, India pernah diramalkan bakal bangkit dan mendominasi, rupanya hal tersebut benar terjadi sekarang. Hari ini, mereka benar-benar tak terkalahkan bahkan jika harus berhadapan dengan negara-negara besar macam Inggris dan Perancis. Indonesia sendiri juga sering tuh diramalkan bakal bangkit dan jadi macam Asia. Kita tunggu saja apakah hal ini benar-benar terjadi atau hanya perkataan tanpa arti. Kalau India yang dulunya ecek-ecek saja bisa, kenapa tidak dengan Indonesia?

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Altaeros BAT, Penghasil Listrik Tanpa Batas yang Bisa Jadi Harapan Baru Umat Manusia

Nih Bukti Ekspansi Laut Nusantara Tidak Kalah Hebat dari Bangsa Eropa dan Tiongkok